Comscore Tracker

Saatnya Work From Home, Ini 5 Tip Menata Ruang Kerja di Rumah

Ciptakan suasana kerja yang kondusif meski berada di rumah

Instruksi work from home dari Presiden Joko 'Jokowi' Widodo untuk mencegah penyebaran corona disambut baik pemilik instansi dan perusahaan. Selain untuk meminimalkan tertularnya corona, juga memberikan keleluasaan bagi bekerja karyawannya di rumah, Namun yang harus kamu ingat saat work from home adalah, ruang kerja rumah yang tidak sama dengan di kantor.

Di kantor, ruang kerja sudah disusun agar menunjang fokus pekerjaan, namun di rumah berbagai hal bisa terjadi sehingga dapat memengaruhi fokus pekerjaanmu.

Nah, agar kamu tetap baik saat bekerja di rumah, penataan ruang kerja perlu kamu lakukan. Berikut 5 tip menata ruang kerja di rumah.

1. Singkirkan barang yang tidak perlu dari meja kerja

Saatnya Work From Home, Ini 5 Tip Menata Ruang Kerja di RumahUnsplash/Daan Stevens

Meja kerja di rumah menjadi tempat yang akan kamu pakai selama work from home. Meskipun tidak ada atasan yang mengawasimu, namun kamu tetap harus bekerja full time agar pekerjaan tidak terbengkalai. 

Kondisikan meja kerjamu di rumah senyaman mungkin, agar bisa tercipta suasana kerja seperti di kantor.

Ambil inspirasi meja kerja dari aliran penataan ruang minimalism, yaitu dengan menyingkirkan semua barang di meja kerja kecuali barang-barang yang hanya kamu perlukan saja.

Buat daftar barang apa saja yang kamu perlukan untuk bekerja. Misal hanya laptop dan kacamata saja, pastikan hanya ada dua barang itu di meja. Tambahkan sedikit dekorasi agar tidak bosan, seperti tanaman kecil atau jam untuk mengingat waktu. 

Meja kerja yang rapi dan tidak banyak benda, bisa meningkatkan produktivitas dalam bekerja lho, karena membuat kamu semakin fokus.

Baca Juga: Tak Hanya Hindari Corona, Work From Home Bermanfaat Atur Keuanganmu  

2. Jauhkan meja kerja dari kasur dan televisi

Saatnya Work From Home, Ini 5 Tip Menata Ruang Kerja di RumahUnsplash/Andrew Neel

Bekerja di rumah akan lebih banyak gangguannya daripada bekerja di kantor. Sewaktu-waktu kamu bisa ingin tiduran,  dan tergoda untuk bersantai sambil menonton TV. Oleh karena itu usahakan ruang kerjamu jauh dari tempat tidur, TV, maupun benda-benda lain yang bisa mengalihkan perhatianmu. 

Jangan biasakan bekerja di atas kasur, karena suasana kasur membuat kamu cepat mengantuk dan lebih memilih bersantai daripada bekerja. Ingat kamu harus mengerjakan pekerjaan yang seharusnya kamu kerjakan di kantor, agar saat masa work from home selesai, kamu tak lagi membawa sisa pekerjaan ke kantor.

3. Gunakan sticky note sebagai pengingat pekerjaan

Saatnya Work From Home, Ini 5 Tip Menata Ruang Kerja di RumahUnsplash/Paper Textures

Saat bekerja di rumah, kini tak ada lagi rekan kerja atau atasan yang mengingatkanmu secara langsung dengan pekerjaanmu. Kamu butuh pengingat agar pekerjaan kamu tak lepas dari deadline. Gunakan sticky note untuk selalu mengingat setiap deadline pekerjaan yang harus kamu selesaikan.

Letakkan sticky note di tempat yang mudah terlihat seperti di samping layar laptop atau di tembok dekat meja kerjamu. Jangan lupa membuang sticky note jika pekerjaannya sudah selesai agar meja kerjamu tetap terjaga kerapiannya.

Baca Juga: 11 Presenter Ini Punya Suara Khas dan selalu Dirindukan 

4. Siapkan makanan dan minuman secukupnya sebelum memulai pekerjaan

Saatnya Work From Home, Ini 5 Tip Menata Ruang Kerja di RumahUnsplash/Adeolu Eletu

Bekerja di depan laptop tak lepas dari rasa kantuk dan bosan. Agar tidak mengantuk dan bosan, biasanya orang akan makan camilan atau minum minuman favoritnya. Saat bekerja di rumah, kamu tetap bisa makan camilan dan minum sembari bekerja.

Namun sebaiknya kamu siapkan terlebih dahulu camilan dan minuman yang ingin kamu konsumsi sebelum bekerja. Karena jika kamu baru menyiapkan makanan di tengah-tengah pekerjaan, maka fokus kamu akan teralihkan dan membuang cukup banyak waktu untuk menyiapkan makanan dan minuman di rumah.

Selain itu di rumah tidak ada atasan atau rekan kerja yang mengawasimu seperti di kantor, sehingga kamu bisa lupa waktu karena keasyikan menyiapkan makanan dan minuman.

5. Lakukan pengarsipan dokumen fisik dengan baik

Saatnya Work From Home, Ini 5 Tip Menata Ruang Kerja di RumahPexels/Sam Johnson

Dokumen fisik terkadang masih diperlukan saat bekerja meskipun saat ini kantor sudah beralih ke file digital yang lebih ringkas. Saat bekerja di rumah, pengarsipan dokumen fisik yang digunakan juga harus baik.

Beri tempat khusus untuk menyimpan dokumen-dokumen kamu selama work from home, agar saat kembali ke kantor kamu bisa membawa dokumen-dokumen itu dengan mudah.

Setiap beberapa hari sekali, cek kembali dokumen-dokumen fisik kamu. Jangan ragu untuk menyingkirkan dokumen yang sudah tidak terpakai agar tidak memenuhi ruang kerja dan mengganggu fokusmu, karena terlalu banyak tumpukan kertas yang sudah tidak digunakan.

Tak sulit bukan, untuk menata ruang kerja agar membuatmu lebih fokus saat bekerja di rumah? Hal yang paling penting dijaga saat work from home adalah, tingkat fokus dalam bekerja, karena lingkungan rumah sangat berbeda dengan lingkungan kantor. Dengan 5 tip menata ruang kerja di rumah ini, kamu bisa lebih fokus dalam bekerja. Tetap semangat ya!

Baca Juga: 7 Kekuatan Cewek yang Tak Dimiliki Cowok, Bikin Iri 

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya