Comscore Tracker

5 Cara Menjaga Profesionalitas dengan Rekan Kerja Lawan Jenis

Harus berkomitmen untuk menjaga batasan

Memasuki dunia kerja berarti kamu juga harus siap untuk bekerja dengan siapa saja yang menjadi rekanmu, bahkan jika itu lawan jenis sekalipun. Yang mana sudah menjadi suatu hal yang lumrah untuk bekerja sama dengan lawan jenis. 

Tentunya, kamu harus tetap profesional ketika bekerja dengan mereka agar gak melibatkan perasaan ataupun urusan personal. Berikut ini beberapa cara menjaga profesionalitas dengan rekan kerja lawan jenis.

1. Berinteraksi 5 Penyebab Sulitnya Menjalani Bisnis dengan Sahabat Sendirisebatas formalitas

5 Cara Menjaga Profesionalitas dengan Rekan Kerja Lawan Jenisilustrasi kerja (pexels.com/Alena Darmel)

Kalau mau menjaga profesionalitas ketika bekerja dengan rekan lawan jenis maka pastikan interaksi kalian hanya sebatas urusan pekerjaan. Formalitas karena memang harus bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan saja. 

Memang kesannya membosankan, tapi menjaga interaksi seperti itu akan menjaga batasanmu dengan mereka. Jadinya gak ada keterlibatan hubungan lebih dari urusan kerja dan juga tidak memicu timbul perasaan yang bisa menjadi awal cinta lokasi. 

Baca Juga: 5 Penyebab Sulitnya Menjalani Bisnis dengan Sahabat Sendiri

2. Jangan gunakan sedikit pun perasaan pribadi selama di kantor

5 Cara Menjaga Profesionalitas dengan Rekan Kerja Lawan Jenisilustrasi kerja (pexels.com/Anna Shvets)

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga profesionalitas dengan rekan lawan jenis ialah pastikan bahwa dirimu tidak menggunakan sedikit pun perasaan pribadi selama di kantor. Jadi harus dimulai dengan memegang prinsip yang kuat seperti itu. 

Kalau kamu berprinsip untuk tidak membawa perasaan pribadi di kantor, semuanya jadi sebatas formalitas dan profesionalitas kerja saja. Bahkan, meskipun ada yang mencoba membuatmu baper pun, mereka gak bakal berhasil karena telah dibentengi dengan prinsipmu.

3. Bangun kerja sama yang solid sebagaimana rekan kerja pada umumnya

5 Cara Menjaga Profesionalitas dengan Rekan Kerja Lawan Jenisilustrasi kerja sama (pexels.com/Thirdman)

Caranya yang ketiga untuk menjaga profesionalitas kerja dengan lawan jenis ialah dengan membangun kerja sama sebagaimana rekan kerja pada umumnya. Gak perlu melebih-lebihkan dan melibatkan perasaan dan pemikiran apapun ketika bekerja sama. 

Bahkan kalau perlu cukup pandang rekan kerja lawan jenismu itu sebatas rekan saja dan bukan dari gendernya supaya tidak ada pandangan spesial terhadapnya. Jadi ketika harus bekerja sama kalian bisa sama-sama bersikap profesional pada satu sama lain. 

4. Batasi obrolan jangan sampai ke hal pribadi

5 Cara Menjaga Profesionalitas dengan Rekan Kerja Lawan Jenisilustrasi rekan kerja (pexels.com/Alena Darmel)

Caranya yang keempat untuk menjaga profesionalitas kerjamu dengan rekan lawan jenis ialah dengan membatasi obrolan kalian. Yang mana ketika mengobrol dan diskusi tentang pekerjaan atau hal apapun jangan sampai membahas hal pribadi. 

Selama bisa membedakan bahan obrolan antara yang umum dan privasi dengan rekan kerja rasanya profesionalitas bakal aman terjaga. Karena dengan tidak membahas kehidupan dan hal-hal pribadi jadi tidak ada keterikatan emosional dengan mereka, dan perasaan pun jadi lebih terjaga karenanya. 

5. Memberi batasan jelas bahwa kamu tidak ingin adanya kedekatan yang lebih dari rekan kerja

5 Cara Menjaga Profesionalitas dengan Rekan Kerja Lawan Jenisilustrasi rekan kerja (pexels.com/Mikhail Nilov)

Kelima, kalau mau profesionalitas kerjamu dengan rekan lawan jenis terjaga dengan baik maka pastikan untuk menetapkan batasan yang jelas. Batasan bahwa kamu tidak ingin adanya kedekatan melebihi rekan kerja di kantor. 

Jadi mereka pun paham untuk tidak melakukan pendekatan atau berusaha mendekatimu dengan niat hubungan yang lebih dari sekadar rekan kerja. Karena meskipun rasa suka itu tidak bisa diatur, tapi bagaimana setiap orang menyikapinya tetap bisa diatur dan ditahan, kan. 

Itulah tadi lima caranya menjaga profesionalitas kerja dengan rekan lawan jenis. Yang mana semuanya tergantung bagaimana kamu menjaga batasan dan perasaan saat berinteraksi. 

Baca Juga: 5 Tanda Karyawan yang Egois di Tempat Kerja, Jangan Ditiru

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya