Comscore Tracker

Keren, Situs Ini Bisa Ciptakan Panduan Cuci Tangan Pakai Lirik Lagu

Bisa memasukkan lirik lagu favorit kamu lho

Demi mencegah penyebaran virus corona, para pakar maupun organisasi kesehatan menganjurkan kita untuk mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer selama 20-40 detik. Tak asal mencuci tangan, namun ada langkah-langkah yang harus dilakukan agar semua bagian tangan bisa terbebas dari virus. Mencucinya pun harus dipastikan tak kurang dari 20 detik agar tangan benar-benar bersih.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memastikan tangan sudah dicuci selama minimal 20 detik, seperti menyanyikan lagu Happy Birthday sebanyak dua kali yang dipercaya akan memakan waktu sekitar 20 detik.

Namun agar tidak bosan dan tetap menyenangkan saat mencuci tangan, ada seoramg remaja yang menciptakan sebuah situs web yang bisa membuat poster panduan mencuci tangan namun tidak menggunakan lagu Happy Birthday, melainkan menggunakan lirik dari lagu yang kita sukai. Penasaran seperti apa web kreatif ini?

1. Dibuat oleh William Gibson, seorang remaja berusia 17 tahun

Keren, Situs Ini Bisa Ciptakan Panduan Cuci Tangan Pakai Lirik LaguBbc.com

Siapa sangka web yang viral ini diciptakan oleh seorang remaja yang masih berusia 17 tahun bernama William Gibson yang tinggal di Northamptonshire, Inggris. Motivasinya menciptakan web ini karena dia merasa sedih saat harus menyanyikan lagu Happy Birthday selama mencuci tangan yang menjadi kegiatan penting selama pandemi corona.

Dari situ dia berpikir untuk membuat agar lagu-lagu lain yang lebih luas bisa digunakan sebagai pengganti Happy Birthday saat mencuci tangan. Akhirnya dia menciptakan sebuah web dengan nama washyourlyrics.com, dan webnya pun viral karena juga digunakan oleh beberapa publik figur dunia. Kamu bisa mencoba webnya dengan cara di bawah ini.

2. Tampilan web yang sederhana memudahkan orang untuk menggunakannya

Keren, Situs Ini Bisa Ciptakan Panduan Cuci Tangan Pakai Lirik LaguWashyourlyrics.com

Saat masuk ke web tersebut, kamu akan disajikan kolom berupa Song Title untuk memasukkan judul lagu dan kolom Song Artist untuk memasukkan nama penyanyi dari lagu yang kamu inginkan. Lalu di bawah kolomnya ada pilihan Soap dan Gel, yang bisa kamu pilih salah satu sesuai metode mencuci tangan yang ingin kamu lakukan apakah menggunakan sabun atau gel hand sanitizer.

Selajutnya kamu tinggal klik tombol Generate, maka poster panduan mencuci tangan dengan lirik sesuai dengan lagu yang kamu suka akan muncul. Kamu bisa klik tombol Download Poster untuk mengunduh poster panduan mencuci tangan dengan lirik ini untuk selanjutnya dicetak dan ditempelkan di dekat wastafel atau Share Poster untuk membagikan poster tersebut melalui sosial media atau aplikasi chat di ponsel kamu.

Baca Juga: Cuci Tangan dengan Hand Sanitizer atau Air dan Sabun? Ini Faktanya!

3. Lagu berbahasa Indonesia juga bisa digunakan sebagai panduan mencuci tangan

Keren, Situs Ini Bisa Ciptakan Panduan Cuci Tangan Pakai Lirik LaguWashyourlyrics.com

Meskipun dibuat oleh orang Inggris, namun web ini memiliki basis data lirik lagu yang terbilang komplet. Kamu bisa menggunakan lagu dari band atau penyanyi Indonesia untuk ditampilkan di poster panduan mencuci tangannya.

Seperti saat kami mencoba mengetikkan judul lagu Hampa dari Ari Lasso, maka web berhasil menampilkan lirik lagu pada poster panduan mencuci tangannya.

Agar lirik lagu Indonesianya berhasil muncul, kamu harus pastikan menuliskan judul lagu dan nama penyanyi atau band-nya dengan tepat agar webnya tidak bingung mencari lirik yang kamu maksud.

4. Bisa juga dengan menuliskan lirik lagu kamu sendiri

Keren, Situs Ini Bisa Ciptakan Panduan Cuci Tangan Pakai Lirik LaguWashyourlyrics.com

Jika kamu ingin membuat poster panduan mencuci tangan ini dengan lirik lagu yang kamu ciptakan atau bahkan puisi kamu sendiri, maka kamu bisa menggunakan menu Custom yang ada di kolom Content Type. Di menu tersebut akan disajikan kolom besar tempat kamu menulis kalimat apa pun untuk ditampilkan di poster panduan mencuci tangannya nanti.

Syaratnya, kamu harus menuliskan lirik atau kalimatnya minimal 10 baris jika ingin membuat panduan mencuci tangan menggunakan gel hand sanitizer, dan 13 baris jika ingin membuat panduan mencuci tangan menggunakan sabun. Setelah selesai menulis kalimatnya, kamu bisa klik tombol Generate untuk membuat posternya. 

5. Publik figur dunia turut membuat web ini populer

Web ini tak langsung viral begitu saja, namun ada beberapa publik figur dunia yang menggunakan web ini untuk membuat panduan mencuci tangannya dan membagikannya di sosial media mereka. 

"Pergilah Covid-19! Hennies, penting untuk mencuci tangan kalian dan bait pertama dari lagu saya Love Yourself adalah durasi yang tepat untuk membersihkan diri dari kuman-kuman jahat itu. Jadi, biasakan untuk peduli terhadap diri anda sendiri dan cintailah diri anda di saat yang sama! #washyourlyrics," ungkap aktor Billy Porter melalui akun Twitter-nya.

"Cuci tanganmu. #WashYourLyrics," cuit Miley Cyrus dengan singkat sambil menunjukkan poster panduan mencuci tangan dengan lagunya yang berjudul The Climb.

William sendiri merasa aneh dan kaget saat mengetahui beberapa selebriti yang sudah dia ikuti bertahun-tahun mengunggah poster hasil dari web yang dia bangun.

Bermanfaat bukan, web yang dibangun William ini? Yuk, coba buat poster panduan mencuci tangan ini dengan lirik lagu yang kamu suka agar kamu semakin rajin mencuci tangan.

Baca Juga: Kreatif, Pria Ini Ubah Lagu Bohemian Rhapsody Jadi Versi Corona

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya