Comscore Tracker

5 Film Animasi dengan Naga yang Baik dan Menggemaskan

Tontonan yang pas buat anak-anak, nih!

Naga adalah salah satu makhluk mitologi yang keberadaannya kerap dimasukkan dalam cerita fiksi. Naga digambarkan berbentuk seperti ular atau kadal bersayap yang memiliki fisik sangat besar yang juga dapat menyemburkan napas api. Mendapat citra tokoh antagonis, naga disebut-sebut mempunyai kekuatan dahsyat yang dapat menghancurkan peradaban dunia.

Tapi meskipun begitu, tidak semua cerita fiksi menggambarkan naga demikian. Dalam lima film animasi ini, naga digambarkan memiliki hati yang baik dan menggunakan kekuatannya untuk bersahabat dan menolong manusia. 

1. Mulan (1998)

https://www.youtube.com/embed/HKH7_n425Ss

Salah satu princess dari Disney, film animasi ini menceritakan tentang wanita pemberani yang berusaha menjaga dan melindungi martabat keluarganya yang bernama Fa Mulan. Merasa gagal karena perjodohan yang tidak kunjung berhasil untuknya, Mulan bertekad menjaga kehormatan keluarganya dengan cara lain. 

Suatu ketika desa mereka sedang diteror segerombolan penjahat, maka Kaisar China memerintahkan setiap lelaki di dalam satu keluarga untuk ikut membantu melawan dan menjaga desa. Karena kesehatan Ayahnya yang juga sudah menua, Mulan merasa tidak tega jika Ayahnya menjadi relawan dalam peperangan itu. Maka Mulan dengan nekat memotong rambutnya dan menyamar sebagai anak lelaki dalam keluarga itu untuk memenuhi panggilan dari Kaisar China. 

Namun tidak sendiri, Mulan dibantu seorang naga berbadan mini yang bernama Mushu. Kekocakan serta kehangatan Mushu membuat petualangan mereka menyenangkan dan penuh makna. 

2. How to Train Your Dragon (2010)

https://www.youtube.com/embed/oKiYuIsPxYk

How to Train Your Dragon menceritakan seorang pemuda dari bangsa Viking yang bernama Hiccup. Meskipun Hiccup adalah anak dari ketua kelompok, namun tidak membuat dia mudah bersosialisi di lingkungannya. Jika teman-teman seumurannya sudah diizinkan untuk melawan naga, Hiccup malah sibuk mengasah alat perang untuk melawan naga. Diremehkan oleh ayah dan orang-orang, membuat Hiccup ingin membuktikan bahwa dia juga mampu untuk mengalahkan naga, hewan yang memburu sumber makanan dari bangsa mereka. 

Tidak tanggung-tanggung, Hiccup mengincar naga yang sulit ditaklukan, Night Fury. Alih-alih ingin membunuh naga berwarna hitam itu, Hiccup malah menyelamatkan naga dari jebakan buatannya sendiri. Dari sanalah persahabatan mereka tercipta. 

Tidak seperti yang dibicarakan, naga bukanlah hewan yang berbahaya. Meskipun mereka terlihat buas, namun ternyata bangsa Vikings telah lama salah paham pada makhluk tersebut.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Romantis Netflix, Bikin Gemas!

3. Ne Zha (2019)

https://www.youtube.com/embed/xdOgym7MLAU

Berasal dari mitologi Tiongkok, menceritakan Mutiara Aura Surga yang dibuat oleh Yuanshi Tianzun (Dewa Surga), di dalamnya terdapat Pil Spirit dan Pil Iblis. Pil Spirit akan menjelma menjadi seorang lelaki yang ditakdirkan untuk membawa dinasti Zhou baru. Sedangkan Pil Iblis akan melahirkan seorang iblis yang dapat menghancurkan dunia.

Maka lahirlah Nezha, seorang anak lelaki sebagai jelmaan dari Pil Iblis dari sepasang suami istri yang tinggal di perbatasan. Sedangkan Ao Bing, adalah jelmaan Pil Spirit yang tinggal di kedalaman air dan bisa berubah bentuk menjadi naga air. Meskipun memiliki kulit tebal, muncul dari air dan menakutkan, namun Ao Bing adalah pribadi yang baik dan suka menolong. 

Seperti yin yang, Nezha memiliki temperamen yang buruk dan agresif, sedangkan Ao Bing adalah anak baik dan penurut. Salah satu permintaan untuk Ao Bing ialah dia diminta untuk membunuh Nezha. Hal ini juga diyakini Ao Bing, agar Nezha tidak menghancurkan dunia seperti takdir yang sudah tertulis.

Namun siapa sangka? Nezha dan Ao Bing menjadi teman dan saling membantu melawan takdir mereka.

4. Wish Dragon (2021)

https://www.youtube.com/embed/uWIRyU5fuzU

Tayang di Netflix, Wish Dragon adalah film animasi yang menceritakan seorang lelaki bernama Din yang tidak sengaja menemukan sebuah teko ajaib. Teko ajaib itu berisi naga berwarna pink yang bernama Long. 

Long menawarkan tiga permintaan yang akan ia kabulkan, namun tidak seperti bayangannya, Din tidak meminta kekayaan seperti dugaannya. Melainkan hanya menginginkan dapat bertemu kembali dengan sahabat masa kecilnya bernama Li Na. 

Selain menghibur, film ini menyampaikan pesan moral tentang kehidupan. Bagaimana persahabatan dan kasih sayang keluarga lebih penting dari materi berlimpah.

5. Raya and The Last Dragon (2021)

https://www.youtube.com/embed/1VIZ89FEjYI

Di sebuah negara bernama Kumandra, hiduplah dimana naga dan manusia dapat hidup dengan harmonis. Namun kekuatan jahat mengubah manusia dan naga menjadi batu. Keadaan ini membuat Kumandra terpecah belah. 

Setelah ayahnya berubaha menjadi batu, seorang perempuan bernama Raya, bertekad mencari naga terakhir untuk dapat mengakhiri kutukan ini. Melewati tahun demi tahun untuk mencari sungai tempat naga terakhir tertidur, Raya akhirnya menemukan seekor naga imut berwarna biru muda. Meskipun terlihat humoris, namun Sisu adalah naga yang bijaksana dan memiliki hati yang besar. Tidak hanya membantu Raya untuk dapat membebaskan Ayahnya, Sisu juga mengajarkan keberanian dan arti hidup kepada Raya. 

Itulah beberapa film animasi yang menceritakan bahwa naga bukanlah makhluk menyeramkan. Yang mana nih film favorit kamu?

Baca Juga: 7 Film Korea Bertema Keluarga, Asyik Ditonton Bareng Saudara  

Davrean Dita Photo Community Writer Davrean Dita

Be kind, its free.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya