Comscore Tracker

10 Fakta Menarik Kondom, Tersedia Rasa Bawang hingga Rendang 

Kondom sudah dibuat sejak tahun 1855

Selama ini kondom dikenal sebagai alat kontrasepsi yang paling murah dan mudah untuk ditemukan. Walau saat ini tak sulit untuk menemukan, alat pengaman ini ternyata sudah digunakan sejak tahun 1855. Bahkan sudah terdapat variasi bentuk dan rasa kondom sejak saman dulu. Inilah 10 fakta menarik kondom untuk diketahui. 

1. Sebagai alat pencegah PMS

10 Fakta Menarik Kondom, Tersedia Rasa Bawang hingga Rendang ilustrasi kondom (pexels.com/@cottonbro)

Selama ini kondom dikenal sebagai alat kontrasepsi atau alat penunda kehamilan. Padahal kondom punya peran penting bagi kesehatan, yaitu mencegah terjadinya penyakit menular seksual. Meski tetap ada kemungkinan bocor, namun mencegah lebih baik daripada tidak berhati-hati sama sekali.  

2. Penemuan kondom plastik sejak 1855

10 Fakta Menarik Kondom, Tersedia Rasa Bawang hingga Rendang ilustrasi kondom (pexels.com/@deon-black-3867281)

Kondom berbahan plastik pertama kali dibuat pada tahun 1855. Di tahun 1860, kondom bahan karet diproduksi secara massal. Pada saat itu harga kondom karet cenderung mahal, orang-orang lebih menyukai kondom berbahan kulit. Di tahun 1920 barulah kondom bahan lateks ditemukan. 

Baca Juga: 5 Tipe Orgasme pada Perempuan, yang Manakah Versimu?

3. Fungsi perasa kondom untuk menambah kenikmatan

10 Fakta Menarik Kondom, Tersedia Rasa Bawang hingga Rendang ilustrasi kondom (pexels.com/@pixabay)

Penasaran gak sih kenapa kondom dibuat dengan aneka rasa seperti buah-buahan? Ini ternyata demi menambah kenikmatan saat melakukan oral seks. Lapisan perasa akan membantu menutupi rasa dan aroma lateks sehingga oral lebih menyenangkan. 

4. Kondom tak hanya untuk laki-laki, tapi ada juga kondom perempuan

10 Fakta Menarik Kondom, Tersedia Rasa Bawang hingga Rendang ilustrasi kondom perempuan (amp.flo.health)

Kita mengenal kondom biasanya hanya dipakai untuk penis. Jangan salah, tersedia pula kondom untuk perempuan yang didesain khusus mengikuti bentuk vagina. Dulunya kondom perempuan terbuat dari nitril, tapi kini ada juga yang berbahan lateks. 

5. Ada kondom khusus untuk fingering

10 Fakta Menarik Kondom, Tersedia Rasa Bawang hingga Rendang ilustrasi kondom perempuan (verywellhealth.com)

Fingering atau main jari, adalah teknik foreplay sekaligus cara paling ampuh untuk membuat wanita orgasme. Demi menjaga kebersihan dan mengurangi risiko terkena infeksi menular seksual, diciptakannya kondom khusus jari atau yang disebut dengan finger cots. 

Baca Juga: 7 Manfaat Rutin Berhubungan Seks dengan Pasangan, Full Senyum

6. Kondom dengan rasa paling aneh

10 Fakta Menarik Kondom, Tersedia Rasa Bawang hingga Rendang ilustrasi kondom perempuan (pexels.com/@cottonbro)

Kondom rasa stroberi, pisang, atau buah-buahan lain mungkin sudah biasa ditemui. Namun ada beberapa rasa yang gak biasa, salah satu yang terkenal di Indonesia adalah rasa rendang. Ternyata ada juga kondom rasa terung, rasa daging panggang hingga bawang. 

7. Kondom bisa rusak jika disimpan lama di dompet

10 Fakta Menarik Kondom, Tersedia Rasa Bawang hingga Rendang ilustrasi kondom (pexels.com/@cottonbro)

Banyak yang menyimpan kondom di dompet sebagai bentuk aksi 'jaga-jaga' jika membutuhkan di waktu yang tak terduga. Sayangnya, menyimpan kondom di dompet bisa membuatnya rusak karena terkena gesekan dan suhu panas.

8. Kondom bahan kulit domba

10 Fakta Menarik Kondom, Tersedia Rasa Bawang hingga Rendang ilustrasi kondom perempuan (unsplash.com/@dainisgraveris)

Mengutip laman verywellhealth.com, 4 persen manusia di muka bumi memiliki alergi dengan lateks, jadi akan kesulitan apabila menggunakan kondom berbahan sama. Nah terdapat alternatif bahan kondom lainnya, salah satunya adalah dari kulit domba yang juga efektif untuk mencegah kehamilan. 

9. Menggunakan kondom ganda justru gak efektif

10 Fakta Menarik Kondom, Tersedia Rasa Bawang hingga Rendang ilustrasi kondom perempuan (unsplash.com/@dainisgraveris)

Mungkin banyak yang berpikir jika menggunakan dua kondom akan lebih aman maupun lebih efisien buat kesehatan dan penunda kehamilan. Namun faktanya, menggunakan dua atau lebih kondom justru gak efektif karena saat terjadi gesekan, risiko sobek keduanya akan lebih besar. 

10. Di Virginia terdapat kondom khusus vegan

10 Fakta Menarik Kondom, Tersedia Rasa Bawang hingga Rendang ilustrasi kondom perempuan (unsplash.com/@feliciamontenegro)

Di Virginia, terdapat kondom yang dibuat untuk vegetarian. Para vegan sangat ketat terhadap apa yang mereka pakai dan makan, untuk menghindari menggunakan kondom lateks yang terbuat dari protein susu atau yang menggunakan kulit, saat ini tersedia kondom yang dibuat dari lateks karet alami. 

Menarik kan membicarakan Inilah 10 fakta menarik kondom di atas? Walau variasi rasa dan bentuknya bermacam-macam, jangan lupa tetap cek tanggal kedaluwarsa kondom. Tak hanya makanan, penggunaan alat pengaman ini juga tak akan maksimal jika melewati batas waktunya. Stay safe ya!  

 

Baca Juga: 6 Fakta Tentang Rambut Kemaluan, Bolehkan Dicukur? 

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya