Comscore Tracker

Tak hanya Malas Sikat Gigi, Faktor Bawaan Ini Akibatkan Bau Mulut 

Apa yang harus kita lakukan? 

Sleman, IDN Times - Sering bingung dengan aroma mulut kita? Padahal sudah menyikat gigi dan kumur dengan berbagai merek gigi. Mungkin salah satu penyebabnya adalah faktor bawaan dari tubuh kita sendiri.

1. Produksi ludah mempengaruhi bau mulut

Tak hanya Malas Sikat Gigi, Faktor Bawaan Ini Akibatkan Bau Mulut ilustrasi bau mulut (freepik.com/karlyukav)

Dokter gigi sekaligus dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Gadjah Mada (UGM), Bambang Priyono mengatakan orang dengan jumlah produksi air ludah yang sedikit mempunyai kemungkinan untuk bisa bau mulut

Jadi, walaupun gigi sudah disikat secara rutin dan sudah kelihatan bersih, bau mulut masih bisa muncul karena faktor produksi air ludah yang sedikit. Nah, apa yang harus dilakukan?

Baca Juga: Inovasi Big Data dan Cloud untuk Mitigasi COVID-19 dari Peneliti UGM

2. Sikat di bagian lidah

Tak hanya Malas Sikat Gigi, Faktor Bawaan Ini Akibatkan Bau Mulut ilustrasi pemeriksaan mulut (pexels.com/Pixabay)

Bambang Priyono memaparkan beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan bau mulut tak bisa hilang. 

“Karena ludah sedikit, mulut kemudian sering kering, dan terjadilah bau mulut. Untuk menguranginya kita sebaiknya juga menyikat lidah,” ujar Bambang Priyono, Selasa (22/3/2022). 

3. Langkah menghilangkan bau mulut secara umum

Tak hanya Malas Sikat Gigi, Faktor Bawaan Ini Akibatkan Bau Mulut ilustrasi menyikat gigi (pixabay.com/slavoljubovski)

Selain produksi air ludah yang sedikit, terdapat berbagai macam penyebab bau mulut, yaitu disebabkan oleh penumpukan sisa makanan di permukaan gigi yang tidak dibersihkan, kerusakan pada gigi atau karies gigi), dan lain sebagainya.  

Untuk menghilangkannya, dokter gigi sekaligus dosen FKG UGM, Fania Chairunisa, mengatakan langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebab bau mulut itu sendiri. Jika terjadi penumpukan makanan di permukaan gigi, maka menyikat gigi dapat menjadi solusinya.  

Akan tetapi, jika setelah menggosok gigi mulut masih bau, maka tindakan selanjutnya adalah memeriksakan gigi ke dokter. Hal ini untuk mengidentifikasi adanya kerusakan gigi.

“Kalau gigi kita itu sehat, tidak ada yang rusak, nanti bau mulut itu akan hilang juga,” terang Fania. 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya