Comscore Tracker

Musim Hujan Tiba, Cek 5 Hal Ini di Mobil Kamu Agar Aman Berkendara

Mulai dari karet penahan air sampai rem tangan

Saat musim hujan tiba, kamu jadi sering berkendara dengan mobil agar tidak kehujanan. Nah, agar mobil selalu dapat melindungi diri kamu dengan baik, ternyata ada beberapa pengecekan ringan yang harus kamu lakukan selama berkendara di musim hujan. Karena mobil juga harus dalam kondisi yang prima untuk melibas hujan setiap saat, bukan? Berikut hal yang harus kamu cek.

Baca Juga: 5 Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Ketika Musim Penghujan

1. Cek setiap karet-karet yang ada di mobil

Musim Hujan Tiba, Cek 5 Hal Ini di Mobil Kamu Agar Aman BerkendaraPixabay/Free-Photos

Di setiap sudut mobil ada bahan karet yang berfungsi untuk membuat mobil kedap dari air. Bahan-bahan yang terbuat dari karet ini perlu kamu cek secara berkala karena karet yang sudah termakan waktu bisa getas dan rapuh sehingga berkurang kemampuannya menahan air dari luar. 

Karet-karet yang harus diperiksa adalah di setiap bagian pintu, kap mesin, dan bagasi. Jika karet-karet ini sudah getas, air akan mudah masuk ke dalam mobil dan akan sangat mengganggu kenyamanan berkendara sekaligus bisa mengundang karat dari sela-sela bodi karena air yang terperangkap. Selain itu karet tempat mengalirnya air hujan di bagian atap mobil juga perlu diperiksa agar air hujan dapat mengalir dengan baik ke luar mobil.

2. Cek sela-sela lampu

Musim Hujan Tiba, Cek 5 Hal Ini di Mobil Kamu Agar Aman BerkendaraUnsplash/Alfred

Sela-sela lampu baik depan maupun belakang direkatkan menggunakan seal karet yang jika sudah lama juga bisa getas. Selain itu jika pernah mengganti lampu terkadang seal yang digunakan juga tidak sekuat seal bawaan pabrik. Seal yang bocor bisa menyebabkan air masuk ke sela-sela lampu sehingga menghasilkan embun dan jamur yang jika tidak segera dibersihkan akan mengganggu cahaya lampu mobil kamu.

3. Cek kebersihan kondensor

Musim Hujan Tiba, Cek 5 Hal Ini di Mobil Kamu Agar Aman BerkendaraFlickr/Grant.C

Kondensor yang fungsinya untuk menukar panas dalam sistem AC mobil juga harus dijaga saat musim hujan. Kondensor biasanya terletak di bagian depan mobil sehingga sangat rawan terkena kotoran dan lumpur saat musim hujan.

Penumpukan kotoran pada kondensor mengakibatkan sistem AC mobil terganggu dan bisa membuat AC terasa kurang dinging bahkan jebol karena tergerus kotoran yang menempel. Cara paling mudah adalah membersihkannya dengan menyemprotkan air bertekanan ke bagian depan kondensor mobil saat mencuci mobil.

4. Cek kondisi rem saat mobil akan diparkir lama

Musim Hujan Tiba, Cek 5 Hal Ini di Mobil Kamu Agar Aman BerkendaraPixabay/coltsfan

Rem cakram maupun tromol yang ada di roda mobil jika basah akibat air hujan bisa mengakibatkan rem tangan lengket lho. Bahan rem dapat menyerap air hujan sehingga saat masih basah dan rem tangan diaktifkan, rem yang menyerap air akan mengembang lalu mengering dan menjadi lengket dengan komponen pengunci rem tangan.

Solusinya adalah jangan tinggalkan terlalu lama mobil kamu yang rem tangannya aktif setelah kehujanan. Buka rem tangan secara berkala saat cuaca cerah agar rem kering terlebih dahulu baru kembali aktifkan rem tangan.

Jika tepat parkirnya tergolong datar, kamu bisa mengganjal mobilmu dengan balok kayu atau batu sebagai pengganti rem tangan. Rem tangan lengket hanya terjadi jika mobil dibiarkan berhari-hari dengan rem tangan aktif, namun jika mobil kamu sering digunakan setiap hari, maka tidak masalah mengaktifkan rem tangan setelah dipakai berhujan-hujanan.

5. Cek kondisi ban mobil

Musim Hujan Tiba, Cek 5 Hal Ini di Mobil Kamu Agar Aman BerkendaraPexels/Leo Cardelli

Ban sangat penting dicek karena merupakan bagian mobil yang bersentuhan langsung dengan jalanan yang basah. Banyak genangan air yang bisa membahayakan jika kondisi ban tidak maksimal.

Selalu cek bagaimana kondisi ban, apakah sudah mulai gundul atau terjadi pengikisan yang tidak merata? Selain itu periksa juga tekanan ban secara berkala selama musim hujan.

Tekanan yang paling baik digunakan saat musim hujan adalah tekanan sesuai anjuran pabrik yang biasanya tertera di balik pintu mobil tanpa perlu mengurangi tekanan ban dari standar pabrik saat musim hujan agar daya cengkeram mobil sesuai dengan anjuran pabrik.

Itulah hal mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kondisi mobil saat musim hujan. Semoga bisa selalu menjaga mobil kamu dalam kondisi prima untuk digunakan menerabas musim hujan, ya.

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Mobil Terkena Abu Vulkanik

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya