Comscore Tracker

Bingung Cari Mobil, 5 Medium Hatchback Ini bisa Jadi Pilihanmu

Gak kalah keren dengan fitur melimpah

Honda Civic Hatchback RS baru saja diluncurkan sekaligus sebagai pengganti dua kategori Civic Hatchback sebelumnya yaitu varian S dan E. Sayangnya Civic Hatchback RS ini hanya memberikan ubahan untuk keperluan kosmetiknya saja. Seperti desain bumper, spoiler, penambahan material kulit untuk kemudi dan tuas transmisi, hingga pipa knalpot ganda yang bagi pencinta otomotif ubahan tersebut tidak signifikan bagi performa yang ditawarkan.

Civic Hatchback RS ini ditawarkan dengan harga mulai Rp499 jutaan. Pasar medium hatchback di tanah air saat ini hanya sedikit pesaing, namun kamu tetap bisa menemukan hatchback lain yang bisa dijadikan pilihan selain Civic Hatchback RS. Berikut 5 pilihannya!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Mobil Hatchback Akan Meruntuhkan Dominasi SUV

1. Mazda 3 Hatchback

Bingung Cari Mobil, 5 Medium Hatchback Ini bisa Jadi PilihanmuMazda.co.id

Salah satu pesaing terberat Civic Hatchback RS di Indonesia adalah Mazda 3 Hatchback yang dikenalkan pada 2019 lalu. Mazda 3 Hatchback memiliki desain eksterior yang agresif dilengkapi dengan headlamp LED. Mobil ini semakin tampil gahar dengan velg 18 inci dan desain bagian belakang yang tak kalah agresif penampilannya. 

Mazda 3 Hatchback menggunakan mesin 2.000 cc 4 silinder menghasilkan 153 hp dengan torsi 200 Nm penggerak roda depan.

Interiornya pun tak kalah menarik, dengan desain interior yang sporty dan bahan yang berkesan mahal cocok untuk menjadi pilihan. Instrument cluster pun sudah digital dan modern. Fitur cruize control juga akan membantu saat berkendara karena bisa menyesuaikan kecepatan mobil dan menjaga jarak dengan mobil di depannya. 

Mazda 3 Hatchback dihargai mulai Rp479 jutaan, sedikit lebih murah dari Civic Hatchback RS.

2. Audi A3 Sportback

Bingung Cari Mobil, 5 Medium Hatchback Ini bisa Jadi PilihanmuAudi.co.id

Audi memiliki lini Sportback dengan desain yang sporty namun juga elegan. Dengan gril khas Audi yang disandingkan dengan headlamp LED proyektor menjadikan tampilannya semakin menarik.

Velg ukuran 17 inci semakin menambah kesan elegan disamping konsep sporty yang diusung. Bagian belakang mobil ini juga sudah menggunakan lampu full LED baik pada lampu mundur, rem, hingga sein.

Sedangkan dapur pacunya dibekali dengan mesin 1.197 cc 4 silinder berturbo yang menghasilkan tenaga 110 hp dan torsi 175 Nm dengan berpenggerak roda depan. 

Interiornya pun didesain sporty dengan desain kisi-kisi AC membulat, setir yang berukuran agak kecil dengan cukup banyak bahan dari interior yang menggunakan soft touch. Sedangkan untuk kursi belakang juga disajikan ruangan yang cukup lega jika dibandingkan dengan Mazda 3 Hatchback. Harga Audi A3 Sportback ini dibanderol Rp628 jutaan.

3. Mini Countryman

Bingung Cari Mobil, 5 Medium Hatchback Ini bisa Jadi PilihanmuMini.co.id

Mini Countryman yang saat ini sudah diproduksi di Indonesia, jadi semakin mudah untuk dibeli. Jika kamu pencinta mobil Mini Cooper dengan bentuk yang lebih besar, maka Countryman bisa dijadikan pilihan.

Countryman ini masih berdesain retro ala mobil Mini lainnya, namun dengan beberapa aksen yang memberikan sedikit kesan sporty

Interior yang diberikan pun terbilang menyenangkan dan canggih, seperti head up display, fitur multimedia yang lebih atraktif dengan beragam lampu ambience-nya, hingga bahan interior yang digunakan adalah bahan-bahan premium.

Sedangkan untuk dapur pacu, Mini Countryman memberikan dua pilihan, yaitu 1.500 cc 3 silinder bertenaga 136 hp dan torsi 220 Nm, dan 2.000 cc 4 silinder bertenaga 192 hp dengan torsi 280 Nm berpenggerak roda depan.

Meskipun bentuknya lebih bongsor daripada hatchback, namun Countryman dibanderol dengan harga yang bersaing dengan hatchback lain yaitu mulai Rp735 jutaan.

4. Mercedes-Benz A200

Bingung Cari Mobil, 5 Medium Hatchback Ini bisa Jadi PilihanmuMercedes-benz.co.id

Mobil selanjutnya yang bisa menjadi pilihan adalah Mercedes-Benz A200. Dengan bahasa desain Sensual Purity dari Mercedes-Benz, mobil ini dilengkapi dengan desain gril elegan dengan lampu LED berperforma tinggi. Ditambah velg 18 inci membuat mobil terkesan tegas dan elegan.

Sedangkan untuk dapur pacu, mobil ini dibekali mesin 1.332 cc 4 silinder berturbo dengan tenaga 163 hp bertorsi 250 Nm berpenggerak roda depan.

Untuk interior, Mercedes-Benz sudah menyematkan teknologi Mercedes-Benz User Experience dengan layar ganda yang memudahkan untuk mengatur berbagai pengaturan mobil.

Jok depan dan belakang diberi keleluasaan bagi setiap penumpang, termasuk dengan cukup banyaknya ruang penyimpanan. Mobil ini dijual dengan harga mulai Rp675 jutaan.

5. Volkswagen Golf

Bingung Cari Mobil, 5 Medium Hatchback Ini bisa Jadi PilihanmuVw.co.id

Mobil selanjutnya yang bisa menjadi pilihan adalah Volkswagen Golf yang menyandang gelar hot hatch karena sejarahnya sebagai hatchback yang sudah diproduksi sejak tahun 70-an.

Desain eksteriornya terbilang dinamis dan elegan dilengkapi dengan headlamp LED hingga gril yang makin menambah kesan elegan.

Interior yang ditawarkan pun menarik, dengan ruang yang lega bagi kaki dan bahan interior yang berkualitas menjadikan berkendara menjadi lebih nyaman, ditambah desain multimedia dan panel-panel yang menjorok ke pengemudi menjadikan pengemudi mudah melakukan pengaturan pada mobil.

Dapur pacunya dibekali dengan mesin 1.395 cc bertenaga 140 hp dengan teknologi TSI  yang berkinerja tinggi. Mobil ini dihargai mulai dari Rp402 jutaan.

Itulah 5 mobil hatchback selain Civic Hatchback RS yang baru saja diluncurkan. Semoga bisa menambah pilihan kamu jika saat ini sedang mencari medium hatchback yang cocok untuk kamu. 

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Mobil Hatchback Jadi Pilihan Millennials 

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya