Comscore Tracker

Cara Reservasi, Harga Tiket, dan Panduan ke Biennale Jogja 2021

Simak yuk, biar gak bingung dan enjoy di Biennale Jogja!

Pameran seni Biennale Jogja XVI Equator #6 2021 kembali diadakan pada 6 Oktober–14 November 2021. Tema yang diusung tahun ini adalah Roots <> Routes yang menceritakan pertemuan budaya antara Indonesia bagian timur dengan Oseania. Tema itu sendiri diambil dari hasil penelitian yang dilakukan oleh dua kurator Biennale Jogja XVI Equator #6, Ayos Purwoaji dan Elia Nurvista.

Penasaran dengan apa saja karya yang dipamerkan di sana? Namun, sebelum datang ke Jogja National Museum, Taman Budaya Yogyakarta, dan dua lokasi lainnya, simak dulu cara reservasi, harga tiket, dan panduan ke Biennale Jogja 2021. Biar gak bingung dan lebih enjoy!

1. Perlu reservasi lebih dahulu untuk masuk ke Biennale Jogja XVI Equator #6

Cara Reservasi, Harga Tiket, dan Panduan ke Biennale Jogja 2021Pengunjung Biennale Jogja (IDN Times/Dyar Ayu)

Jika tahun-tahun sebelumnya kamu bisa datang langsung ke tempat perhelatan Biennale, di 2021 ini ada sedikit perbedaan. Perlu ada reservasi lebih dulu untuk bisa jadi pengunjung. Walau begitu, gak sulit kok buat registrasinya.

Untuk mengunjungi Biennale Jogja XVI Equator #6 di Jogja National Museum dan Taman Budaya Yogyakarta dilakukan H-1 sebelum hari kunjungan. Setiap harinya, link pendaftaran akan dibuka pada pukul 13.00 dan ditutup 30 menit jelang durasi waktu kunjungan per sesi.

Silakan lakukan pendaftaran dengan mengunjungi website biennalejogja.org. Kemudian pilih lokasi Biennale dan jam yang akan dituju serta lengkapi formulir Google Form. Oh ya, perlu diingat bahwa form otomatis akan langsung ditutup saat sudah mencapai kuota pengunjung harian.

2. Biar puas nonton dan foto-foto, usahakan untuk datang tepat waktu

Cara Reservasi, Harga Tiket, dan Panduan ke Biennale Jogja 2021Pengunjung Biennale Jogja (IDN Times/Dyar Ayu)

Setiap harinya dibuka dua sesi kunjungan baik di Jogja National Museum dan di Taman Budaya Yogyakarta. Sesi 1 yaitu dari pukul 10.00 sampai 13.00 dan sesi 2 dari pukul 16.00 sampai 18.00.

Setelah berhasil kamu bisa langsung datang ke tempat pameran pilihanmu dan lakukan registrasi ulang. Jangan lupa minta ‘cap’ sebagai tanda bukti masuk, ya!

Ada banyak sekali hasil seni yang ditampilkan baik di Jogja National Museum dan Taman Budaya Yogyakarta, makanya jangan sampai datang di detik-detik akhir sesi supaya bisa lebih puas menikmati karya seni.

Baca Juga: Biennale Jogja XVI Equator #6, Soroti Relasi Indonesia dan Oseania

3. Tiket masuk Biennale Jogja XVI Equator #6 itu GRATIS!

Cara Reservasi, Harga Tiket, dan Panduan ke Biennale Jogja 2021Salah satu hasil seni di Biennale Jogja (IDN Times/Dyar Ayu)

Salah satu kendala jika ingin datang ke pameran seni kalau bukan karena waktu ya tiket masuknya yang lumayan mahal. Namun, kamu gak perlu khawatir, harga tiket Biennale Jogja XVI Equator #6 itu nol rupiah alias gratis!

Walau begitu, kamu tetap perlu jaga kebersihan dan jangan sampai lengah dengan protokol kesehatan selama jadi pengunjung. Pakai masker, sering-sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer yang juga banyak disediakan di sudut-sudut ruangan, dan menjauhi kerumunan.

4. Meski bebas mengambil gambar, usahakan selalu hati-hati dan jaga sikap

Cara Reservasi, Harga Tiket, dan Panduan ke Biennale Jogja 2021Salah satu hasil seni di Biennale Jogja (IDN Times/Dyar Ayu)

Sebagai pengunjung yang baik, ada beberapa etika yang wajib kamu jaga saat datang ke Biennale Jogja 2021, nih. Yang pertama adalah untuk gak mengambil gambar dengan flash dan yang kedua adalah gak sembarang memegang benda yang dipamerkan.

Selain itu, baiknya juga saat mengambil foto untuk jaga jarak dengan benda yang dipamerkan. Jangan sampai karena asyik selfie atau membuat konten, justru kamu gak sengaja merusak karya seni yang ada.

5. Rangkaian Biennale Jogja XVI Equator #6 juga diadakan di Museum dan Tanah Liat & Indieart House

Cara Reservasi, Harga Tiket, dan Panduan ke Biennale Jogja 2021Salah satu hasil seni di Biennale Jogja (IDN Times/Dyar Ayu)

Masih belum puas datang ke Jogja National Museum dan Taman Budaya Yogyakarta? Next, kamu bisa datang ke Museum dan Tanah Liat maupun Indieart House. Kedua tempat ini juga dijadikan bagian dari rangkaian acara Biennale Jogja XVI Equator #6.

Malah, untuk bisa datang ke Museum dan Tanah Liat atau Indieart House kamu gak perlu registrasi lebih dulu. Jam bukanya juga lebih longgar yaitu dari pukul 11.00 sampai 13.00 tanpa ada pembatasan sesi tertentu.

Untuk mendapatkan kesempatan masuk ke Biennale Jogja XVI Equator #6 ini cukup sulit, lho. Kamu harus berebut kuota dengan banyak orang, apalagi mengingat pameran seni ini digelar di tengah pandemi yang gak mengizinkan buat berkerumun. Jadi, tetap ingat untuk menjaga protokol kesehatan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga: Cuma Rp10 Ribu, Tempat Wisata di Bantul Ini Bisa Dikunjungi Sekaligus

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya