Comscore Tracker

8 Wisata Pantai Menarik di Bantul, Pernah Main ke Sini?   

Pemandangan di pantai ini sangat cantik!

Bantul, IDN Times - Kabupaten Bantul yang terletak di sebelah selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki sejumlah tempat wisata pantai yang terkenal dengan keindahannya. 

Pantai Parangtritis, Depok, Kwaru menjadi destinasi wisata pantai yang tak luput dari persinggahan para traveller di masa liburan. Pantai ini memiliki pesona tersendiri. Mulai dari tempat yang bagus untuk melihat sunset atau sunrise, memiliki mercusuar atau memiliki ikan dengan keindahan warna-warninya. Nah, berikut delapan pantai di Bantul yang harus kamu kunjungi.

1. Pantai Parangtritis

8 Wisata Pantai Menarik di Bantul, Pernah Main ke Sini?   bob.kemenpar.go.id

Pantai yang satu ini seolah menjadi ikon tempat wisata di Bantul. Keindahannya sudah terkenal sampai mancanegara, namanya Pantai Parangtritis. Lokasinya terletak sekitar 27 km dari Kota Yogyakarta tepatnya di Jl. Parangtritis KM 28, Bantul. Saat suasana normal sebelum masa pandemik, pantai ini buka setiap hari selama 24 jam.
 
Tiket masuk pantai ini Rp10 ribu per orang, aktivitas yang bisa kamu lakukan disini cukup banyak seperti bermain air, berfoto, bermain layang-layang, bermain ATV, dan menaiki kereta kuda. Waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini saat matahari terbit dan terbenam karena kamu bisa menikmati keindahannya sambil berfoto.

Pantai ini memiliki mitos yang diyakini oleh penduduk setempat bahwa dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau. Konon hal ini dapat menarik perhatian Ratu Laut Selatan.

2. Pantai Depok

8 Wisata Pantai Menarik di Bantul, Pernah Main ke Sini?   tempatasik

Baca Juga: Warga Bantul Meninggal Terseret Ombak di Pantai Seminyak Bali

Pantai Depok merupakan pantai yang berada di kawasan Pantai Parangtritis. Letaknya sekitar 40 km dari pusat Kota Yogyakarta tepatnya di Jl. Pantai Depok, Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. 
 
Fasilitasnya sudah cukup memadai, terdapat toilet, musala, warung makan, area parkir yang luas, berbagai hiburan dan yang unik adalah TPI atau Tempat Pelelangan Ikan. Kamu bisa melihat kehidupan nelayan di pantai ini yang nanti =nya hasil tangkapan ikan tersebut akan dijual di Pasar Ikan Depok.

3. Pantai Pandansari

8 Wisata Pantai Menarik di Bantul, Pernah Main ke Sini?   pantainesia

Selanjutnya adalah Pantai Pandansari yang berlokasi di Sanden, Gadingsari, Bantul, Yogyakarta. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu terdapat mercusuar yang berada di pinggir pantai.
 
Pantai ini memang belum terkenal sehingga keindahannya masih alami dan kebersihannya sangat terjaga. Masuk ke Pantai Pandansari harus membeli tiket masuk pantai ini Rp3 ribu per orang.
 
Spot yang dimiliki juga banyak seperti memancing, bermain di pantai, mercusuar, dan camping. Buat kamu yang suka camping wajib banget untuk datang ke sini karena area untuk camping yang disediakan sangat recommended.

4. Pantai Goa Cemara Bantul

8 Wisata Pantai Menarik di Bantul, Pernah Main ke Sini?   eksotisjogja

Pantai ini cukup unik sesuai dengan namanya yaitu Pantai Goa Cemara Bantul yang memiliki tumpukan pohon cemara sekitar 6 ribu pohon yang terbentuk seperti goa. Tempat ini bisa dijadikan spot foto agar tampilan sosial mediamu lebih keren.
 
Lokasi pantai ini di barat Pantai Pandansari yang sejajar dengan Pantai Samas dan Pantai Kwaru. Pantai Goa beroperasi setiap hari dari jam 06.00 sampai 17.00 WIB. fasilitas yang didapat meliputi toilet, mushala, warung makan, tempat parkir, hiburan, camping ground dan penyewaan kuda. Untuk tiket masuknya Rp4 ribu per orang.

5. Pantai Samas Bantul

8 Wisata Pantai Menarik di Bantul, Pernah Main ke Sini?   visitingjogja

Pantai samas merupakan pantai yang berlokasi di Sogo Sanden, Srigading, Sanden, Bantu, Yogyakarta. Pantai ini terkenal memiliki ombak besar dan angin yang kencang. Lokasinya terletak sekitar 35 km dari Kota Yogyakarta.
 
Harga tiket masuknya Rp4 ribu perorang. Harga ini berbeda dengan tiket masuk wisata Taman Bunga Matahari dan Jembatan Bambu yang akan dikenakan Rp5 ribu. Daya tarik pantai samas yaitu memberikan wisata yang mengedukasi yaitu terdapat konservasi penyu.
 
Aktivitas yang dapat dilakukan yaitu wisata kuliner terapung dimana kamu bisa menikmati kuliner hasil laut, berfoto di taman bunga matahari yang letakya tidak jauh dari Pantai Samas dan berfoto di jembatan bambu yang menjadi ikonik dari pantai ini.

6. Pantai Kuwaru

8 Wisata Pantai Menarik di Bantul, Pernah Main ke Sini?   eksotisjogja

Pantai selanjutnya adalah Pantai Kuwaru yang berada di Kawaru, Poncosari, Srandakan, Bantul. Pantai ini hampir sama dengan pantai Goa Cemara yang terdapat pohon cemara di sekelilingnya. Pantai ini terkenal tempat untuk bersantai yang teduh. Harga tiket masuknya Rp5 ribu per orang.
 
Kamu bisa memilih seafood di sentra pasar ikan dan menikmati hidangan tersebut, harganya pun cukup murah. Buat kamu yang ingin menikmati hidangan seafood ini bisa langsung mengunjungi warung yang berada dekat dengan Pantai Kuwaru.

7. Pantai Pandansimo Bantul

8 Wisata Pantai Menarik di Bantul, Pernah Main ke Sini?   eksotisjogja

Pantai Pandansimo terletak di Desa Poncosari, Srandakan, Kab. Bantul, Yogyakarta letaknya sekitar 30 km dari Kota Yogyakarta. Sebelum menjadi pantai, lokasi ini merupakan hamparan lahan pasir yang dijadikan tempat pelelangan ikan tetapi setelah dkembangkan oleh masyarakat sekitar dengan ditanami pepohonan makan pantai ini dijadikan sebagai tempat wisata.
 
Pantai ini sangat eksotis karena memiliki ciri khas yaitu kincir angin. Aktivitas yang dapat dilakukan adalah bermain ATV, menikmati pemandangan, foto dengan latar belakang mercusuar dan masih banyak. 

8. Pantai Baru

8 Wisata Pantai Menarik di Bantul, Pernah Main ke Sini?   visitingjogja

Pantai baru merupakan pantai yang masih sangat baru sehingga masih sangat bersih, terjaga dan alami. Pantai baru terletak di sebelah timur Pantai Pandansimo. Saat memasuki pantai ini kamu akan disambut dengan beberapa patung yaitu patung harimau, hiu tutul dan ikon pantai baru.
 
Pantai baru buka setiap hari dari jam 06.00 sampai dengan jam 17.00, harga tiket masuknya Rp4 ribu. Buat kamu yang membawa kendaraan pribadi pastinya harus bayar tiket parkir juga.
 
Fasilitas yang tersedia meliputi toilet, musala warung makan, tempat parkir, hiburan, kolam renang mini dan ATV.

Itulah deretan pantai di Bantul yang wajib kamu singgahi saat PPKM sudah usai. Walaupun sedang berwisata jangan lupa untuk terus lakukan prokes ya.  

Penulis: Syarifah Vivi Alayda Djindan

Baca Juga: 5 Alasan Pantai Pok Tunggal di Jogja Layak Disebut The Hidden Paradise

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya