Comscore Tracker

Puncak Kebun Buah Mangunan: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Wisata

Rasakan sensasi bagai tinggal di atas awan

Puncak Kebun Buah Mangunan merupakan salah satu objek wisata hits di kawasan pegunungan Bantul. Kawasan wisata ini menawarkan pemandangan eksotis yang hanya bisa ditemukan di ketinggian.

Spot di atas awan yang terasa sejuk dan memanjakan mata menjadi daya tarik tersendiri yang selalu menarik minat banyak orang. Nah, berikut adalah informasi seputar Puncak Kebun Buah Mangunan dari harga tiket hingga fasilitasnya.

1. Lokasi, jam buka dan harga tiket

Puncak Kebun Buah Mangunan: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips WisataKebun Buah Mangunan (instagram.com/roh_kyt)

Lokasi: Jalan Imogiri - Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: Senin sampai Minggu, buka pukul 05.00 s.d. 18.00 WIB

Harga tiket masuk: Rp5.000 untuk Senin s.d Jumat dan Rp6.000 untuk Sabtu dan Minggu

2. Rute menuju Puncak Kebun Buah Mangunan

Puncak Kebun Buah Mangunan: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Wisatavisitingjogja.com

Destinasi wisata satu ini dapat ditempuh selama sekitar satu jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta. Dari kawasan Malioboro, kamu bisa mengambil arah menuju selatan melalui Pasar Beringharjo dan Museum Benteng Vredeburg. 

Perjalanan dilanjutkan menuju Jalan Panembahan Senopati dan dilanjutkan ke arah kanan menuju Jalan Brigjen katamso. Ikuti saja jalur yang ada hingga sampai ke Jalan Kolonel Sugiyono, lalu ambil arah kiri diikuti belok kanan ke Jalan Sisingamangaraja I. 

Dari sini, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Imogiri Barat hingga di pertigaan Pasar Barongan, ambil kiri menuju Jalan Bakulan Imogiri hingga Menemui Jalan Makam raja. Dari titik ini, kamu perlu belok ke kanan di pertigaan kantor polisi Imogiri menuju Jalan Imogiri-Dlingo. 

Terus susuri jalanan hingga pertigaan Desa Wisata Kaki Langit, ambil arah kanan hingga sampai di kawasan Kebun Buah Mangunan. Jalanan di sepanjang rute ini sangatlah bagus dengan aspal yang memadai.

Baca Juga: Puncak Mandeh: Info Lokasi, Harga Tiket, dan Aktivitas Seru

3. Aktivitas seru di Puncak Kebun Buah Mangunan

Puncak Kebun Buah Mangunan: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips WisataKebun Buah Mangunan (instagram.com/khaby80)

Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Puncak Kebun Buah Mangunan mengincar keindahan pagi hari di atas puncak. Hal ini karena terdapat kabut yang melayang-layang mengikuti alur sungai di bawah.

Begitu sampai, kamu bakal disuguhi pepohonan hijau yang membentang sejauh mata memandang. Sebutan negeri di atas awan pun akan tampak menjadi nyata. 

Selain menikmati suasana negeri kabut, ada beberapa aktivitas asyik yang harus kamu coba saat menyambangi Puncak Kebun Buah Mangunan, yaitu:

  • Berburu sunrise. Kamu harus datang sebelum pukul 05.00 WIB, karena jika kesiangan sedikit, siap-siap tidak kebagian spot terbaik, deh!
  • Camping dengan mendirikan tenda sendiri
  • Sarapan atau menikmati gorengan dan minuman hangat di food area
  • Berswafoto ria untuk mempercantik feed Instagram
  • Berburu buah-buahan seperti durian dan rambutan saat sedang musim
  • Bersantai di gazebo seraya ditemani kicauan burung dan udara segar yang menyapa kulit
  • Menonton live music

4. Fasilitas yang tersedia

Puncak Kebun Buah Mangunan: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips WisataKebun Buah Mangunan (instagram.com/fiskamentari)

Meski spot utamanya berada di puncak, namun fasilitas umum untuk pengunjung terbilang lengkap. Mengingat kebun buah yang mulanya ditujukan untuk agrowisata.

Ada musala dan toilet dengan sumber air pegunungan yang super segar untuk berwudu atau cuci tangan. Kalau perut keroncongan, tinggal bertolak ke warung-warung kecil yang berjajar di sekitar lokasi, deh.

5. Tips berkunjung yang perlu diperhatikan

Puncak Kebun Buah Mangunan: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Wisatapotret Bukit Mangunan (instagram.com/anwar.rsd)

Perlu diketahui, setelah melewati pertigaan Desa Wisata Kaki Langit, jalan akan menyempit, namun masih bisa dilalui oleh kendaraan besar walau akan mepet. Namun, jangan khawatir, masih ada opsi lain, terdapat lokasi parkir yang berjarak 600 meter dari gerbang masuk. Dari sini kamu bisa menyewa jeep atau menaiki shuttle yang telah disediakan oleh pengelola.

Disarankan untuk memilih pakaian hangat karena udara yang dingin, serta angin yang cukup kencang. Lalu, daripada mengenakan sandal, kenakan sepatu mengingat jalan yang terjal sepanjang pintu masuk sampai spot utama.

Apabila memang mengincar kabut, maka berangkatlah sejak Subuh. Pastikan smartphone atau kamera digital dengan memori cukup tersimpan di tas, ya.

Bagi kamu yang tengah mencari destinasi wisata berkonsep back to nature, Puncak Kebung Buah Mangunan tidak boleh terlewatkan, deh! Yuk, segera buat jadwal keberangkatan weekend ini.

Baca Juga: Air Terjun Luweng Sampang: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Liburan

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya