Comscore Tracker

6 Kawasan Pusat Oleh-oleh Khas Jogja, Dijamin Murah!

Jangan lupa bawa buah tangan untuk orang tersayang

Yogyakarta dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit pelancong. Makanya, gak heran jika pusat oleh-oleh pun menjamur di Kota Gudeg ini.

Tiap kawasan memiliki oleh-oleh khasnya masing-masing yang wajib dibawa pulang sebagai buah tangan. Ini dia x daerah pusat oleh-oleh di Jogja yang gak boleh kamu lewatkan!

1. Oleh-oleh batik di Pasar Beringharjo

6 Kawasan Pusat Oleh-oleh Khas Jogja, Dijamin Murah!Pasar Beringharjo (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Kalau mau belanja batik, pasti pikiran langsung tertuju ke Pasar Beringharjo. Pasar ini adalah surga belanja aneka batik.

Berlokasi di kawasan Jalan Malioboro, pasar ini menjual banyak produk batik mulai dari kain, kemeja, daster, mukena, hingga tas batik. Mulai dari yang harganya murah hingga yang premium.

Tidak hanya wisatawan yang mencari oleh-oleh tapi juga para penjual yang kulakan karena belanja grosir tentunya harganya lebih murah. Jangan lupa untuk melakukan strategi tawar menawar, biar belanja semakin puas karena dapat harga yang lebih murah.

2. Bakpia di Desa Pathuk

6 Kawasan Pusat Oleh-oleh Khas Jogja, Dijamin Murah!IDN Times/Nindias Khalika

Desa Pathuk sudah dikenal luas sebagai sentra pembuatan bakpia yang legendaris di Jogja. Dinamakan kampung bakpia karena hampir semua rumah tangga di desa ini adalah produsen bakpia. 

Dari merekalah bakpia yang dijual di outlet berasal. Dengan berkunjung ke kampung ini, kmau akan mendapatkan pengalaman melihat langsung proses pembuatan bakpia secara tradisional. Selain itu puas belanja dan memilih aneka varian dan merek serta harga yang lebih murah. 

3. Gudeg di Jalan Wijilan

6 Kawasan Pusat Oleh-oleh Khas Jogja, Dijamin Murah!IDN Times/Nindias Khalika

Sepanjang jalan Wijilan adalah surganya gudeg di Jogja. Di sini, berjajar warung-warung yang menjual gudeg dan aneka lauk pauknya. 

Selain bisa makan di tempat sepuasnya, kamu juga bisa membawa pulang gudeg sebagai oleh-oleh. Sejumlah warung sudah mengemas gudeg di kaleng agar lebih awet dan mudah dibawa.

Baca Juga: 5 Vila di Bantul dengan Nuansa Desa yang Natural

4. Kerajinan kulit di Manding, Bantul

6 Kawasan Pusat Oleh-oleh Khas Jogja, Dijamin Murah!instagram.com/jengdiajeng

Buat kamu yang mencari oleh-oleh produk kerajinan dari kulit, datang saja ke Desa Wisata Manding di Bantul. Ada berbagai produk fashion yang bisa kamu pilih, mulai dari ikat pinggang, sepatu, dompet, tas, jaket, hingga pigura. Harganya berkisar antara Rp70 ribu-Rp1 juta.

Selain berwisata belanja, kamu pun bisa melihat proses pengolahan dan pembuatan kerajinan kulit yang dilakukan oleh perajin di daerah ini. Menarik, kan?

5. Gerabah di Kasongan Bantul

6 Kawasan Pusat Oleh-oleh Khas Jogja, Dijamin Murah!Salah satu perajin gerabah Kasongan Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Kalau kamu termasuk penghobi tanaman yang membutuhkan banyak pot untuk menambah koleksi, wajib hukumnya datang ke sentra pembuatan gerabah di Bantul. Hampir semua rumah tangga di sini memiliki keahlian membuat gerabah. Keahlian ini merupakan warisan turun temurun lho.

Berkunjung ke desa ini, kamu akan diajak melihat galeri dan toko gerabah di setiap rumah warga. Aneka gerabah seperti pot tanaman, guci, alat masak, bahkan alat rumah tangga yang kekinian bisa ditemukan. Harganya sangat terjangkau dan pas banget untuk dijadikan oleh-oleh yang unik. Tidak hanya menjual gerabah, mereka juga membuka studio untuk belajar membuat gerabah.  

6. Belalang goreng di Gunungkidul

6 Kawasan Pusat Oleh-oleh Khas Jogja, Dijamin Murah!Walang goreng Gunungkidul (instagram.com/Margaretha.darlinanto)

Bagi kamu pencinta makanan ekstrem pasti tertarik mencoba camilan dan oleh-oleh yang satu ini. Oleh-oleh khas Gunungkidul ini tidak akan ditemukan di tempat lain, karena daerah ini memang dikenal sebagai produsen belalang goreng yang renyah.

Camilan dengan rasa gurih serta bernutrisi tinggi ini dapat dibeli di sepanjang jalan di kawasan Gunung Kidul. Harganya terjangkau dan pasti mengagetkan orang yang kamu beri oleh-oleh. 

Sudah tahu kan sekarang kalau mau mencari oleh-oleh di Jogja dengan harga yang lebih murah? Selain mendapatkan pengalaman yang berbeda, membeli berarti berpartisipasi dalam mendorong perajin lokal agar tetap eksis.

Baca Juga: Unik, 5 Fakta Kampung Pitu di Nglanggeran Gunungkidul

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya