Comscore Tracker

Jenis Buah Makin Banyak, Tiket Kebun Buah Mangunan Naik Rp2 Ribu  

Jalan aspal diperbaiki, parkir gratis

Bantul, IDN Times - ‎Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul resmi menaikkan tarif masuk objek wisata Kebun Buah Mangunan di Kapanewon Dlingo. Kenaikan tarif sebesar Rp2 ribu lantaran saat ini akses jalan sudah bagus dan terdapat penambahan jenis buah-buahan yang cukup banyak.

1. Kenaikan tarif retribusi masuk Kebun Buah Mangunan diputuskan oleh Bupati Bantul‎

Jenis Buah Makin Banyak, Tiket Kebun Buah Mangunan Naik Rp2 Ribu  Bupati Bantul Abdul Halim Muslih.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala DKPP Bantul, Joko Waluyo mengatakan kenaikan tarif retribusi masuk objek wisata Kebun Buah Mangunan sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbub) No.74 Tahun 2022 tentang penyesuaian tarif retribusi tempat rekreasi dan olahraga dan tarif retribusi penjualan hasil produksi usaha pertanian pada tarif retribusi penjualan produk usaha daerah tertanggal 27 September 2022.

"Jadi kalau hari biasa tiket retribusi masuk objek wisata Kebun Buah Mangunan Rp4.750 per orang. Jika ada event wisata dikenakan tiket Rp5.750 per orang. Maka saat ini hari biasa dikenakan tarif Rp6.750 per orang, jika ada event Rp7.750 per orang," katanya, Jumat (30/9/2022). 

2. Tiket hanya naik Rp2 ribu, parkir gratis

Jenis Buah Makin Banyak, Tiket Kebun Buah Mangunan Naik Rp2 Ribu  Kepala DKPP Bantul, Joko Waluyo.(IDN Times/Daruwaskita)

Menurutnya kenaikan tiket tarif retribusi objek wisata milik Pemkab Bantul hanya di Kebun Buah Mangunan, sedangkan di kawasan pantai selatan, Gua Cermer dan Selarong masih tetap sama.

"Meski naik Rp2 ribu, dibandingkan tarif objek wisata yang dikelalo Pemkab Bantul masih rendah. Masih sangat terjangkau," katanya.

Joko Waluyo menyatakan saat ini akses jalan menuju Kebun Buah Mangunan sudah cukup bagus, beraspal sehingga memudahkan wisatawan menuju Kebun Buah Mangunan. Jalan yang menikung dan turunan tajam telah direkayasa sehingga tidak membahayakan wisatawan.

"Parkir juga tidak bayar, wisatawan yang datang pakai motor, mobil pribadi dan bus merasa nyaman saat berkunjung," katanya.

Baca Juga: Puncak Kebun Buah Mangunan: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Wisata

3. Sejumlah tanaman buah sudah berbuah, kecuali durian‎

Jenis Buah Makin Banyak, Tiket Kebun Buah Mangunan Naik Rp2 Ribu  Ilustrasi pohon buah jeruk.(IDN Times/Daruwaskita)

Tak hanya menyajikan tanaman buah yang bermacam-macam, tempat wisata ini Kebun juga mempunyai pemandangan alam yang indah terutama saat sunrise hingga sunset.

"Ya kalau untuk buah memang ada beberapa yang sudah siap panen. Untuk buah durian baru akan berbuah pada awal tahun di bulan Februari atau April," ungkapnya.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Hutan Pinus Mangunan, Bikin Gak Mau Pulang!

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya