Comscore Tracker

Tankaman Natural Park: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips Berkunjung

Spot baru melihat Gunung Merapi sekalian healing

Tankaman Natural Park adalah salah satu tempat wisata terbaru di Jogja yang menyajikan lanskap Gunung Merapi yang gagah. Tak cuma itu, tempatnya yang masih rimbun membuat tempat satu ini begitu sejuk dan menenangkan sehingga cocok buat kabur sejenak dari segala rutinitas kerja. 

Banyak hal bisa dilakukan di Tankaman Natural Park yang berlokasi di kawasan Kaliurang tersebut, mulai dari berkemah sampai bersepeda. Sebelum berangkat langsung ke lokasi, yuk, simak informasi lokasi, harga tiket, dan tips berkunjungnya lebih dulu di bawah ini! 

1. Lokasi Tankaman Natural Park

Tankaman Natural Park: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips Berkunjungtankaman natural park (instagram.com/heytiyok_)

Berlokasi 26 kilometer dari pusat kota, Tankaman Natural Park bisa dituju dengan kendaraan bermotor baik roda dua atau roda empat. Perjalanannya pun tak lama, hanya berkisar 46 menit sampai 1 jam tergantung dari kepadatan jalanan. 

Meski termasuk hidden gems karena berada di kawasan Hutan Rakyat Kaliurang, tapi tempatnya mudah ditemukan kok. Kira-kira hanya 800 meter dari ikon Kaliurang, yaitu Tugu Udang. 

Alamat: Kaliurang, Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Rute Tankaman Natural Park

Saat berkunjung ke Jogja, pastikan kamu mengunjungi taman yang satu ini. Terlebih rute menuju Tankaman Natural Park juga mudah diingat dan jalanannya pun telah diaspal sehingga nyaman buat dilewati. 

Jika kamu berada di sekitaran Malioboro, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Mayor Suryotomo. Lalu, belok kanan menuju Jalan Mataram dan saat melewati bundaran pilih jalan keluar pertama supaya tetap di Jalan Mataram. 

Kemudian, setelah melewati Gardu PLN Lama, belok kanan sedikit ke Jalan Abu Bakar Ali dan terus ikuti di jalan yang sama. Di pertigaan kawasan Kridosono, kemudian belok kiri ke Jalan Yos Sudarso, belok sedikit ke kanan menuju Jalan Faridan Muridan Noto, lalu belok kiri ke Jalan Suroto. 

Lanjutkan perjalanan sampai ke bundaran UGM, ambil jalan keluar pertama menuju Jalan Terban dan diikuti dengan belok kanan setelah KFC UGM ke Jalan Persatuan. Lurus terus sejauh 2,5 km mengikuti Jalan Kaliurang sampai melewati Rumah Sakit Panti Nugroho belok kanan supaya tetap di Jalan Kaliurang. 

Setelah lurus sejauh 7,6 km, belok kanan masuk Gang Gareng dan belok kanan sejauh 160 meter, belok kiri 40 meter, belok kiri lagi 70 meter, lurus 80 meter, kemudian belok kanan 400 meter dan sampai lah di Tankaman Kaliurang. 

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Jogja dengan View Terbaik Gunung Merapi

3. Harga tiket dan jam operasional Tankaman Natural Park

Tankaman Natural Park: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips Berkunjungtankaman kaliurang (instagram.com/tankaman.kaliurang)

Tak mahal buat masuk ke Tankaman Natural Park. Kamu hanya perlu membayar biaya retribusi seikhlasnya di bagian pintu masuk. Meskipun mengusung konsep pay as you wish, tentu sebagai pengunjung baiknya memberi dalam jumlah yang layak sebagai bentuk dukungan pada tempat wisata ini supaya bisa terus lestari, ya. 

Berbeda jika kamu ingin mencoba wahana-wahana di sini seperti camping atau trekking. Biaya berkemah di Tankaman Kaliurang yaitu mulai dari Rp25 ribu per pax, trekking Rp160 ribu per pax, sewa pendopo Rp450 ribu, atau kalau mau sekadar bersantai sambil nyemil makanan dan minuman ala ndeso cukup dibanderol dengan harga Rp15 ribu per pax. 

Perlu diingat, Tankaman Natural Park libur setiap hari Selasa, ya. Selain itu mereka tak buka 24 jam, tapi hanya dari pukul 08.00-16.00 WIB. 

4. Fasilitas di Tankaman Natural Park

Tankaman Natural Park: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips Berkunjungtankaman natural park (instagram.com/agnes.nv_)

Tankaman Natural Park bisa menjadi lokasi terbaik buat minggir sejenak dari kota yang ramai juga tumpukan pekerjaan yang bikin pusing setiap hari. Mau sekadar bersantai atau mencoba bersepeda juga trekking, dijamin bisa bikin lebih tenang dan segar. 

Saat pagi kamu bisa memandang Gunung Merapi yang diapit dua perbukitan yaitu Bukit Kendil dan Bukit Plawangan. Di sisi lain, kamu juga bisa menikmati Jembatan Plunyon juga dari sini. Saat malam juga kamu akan disajikan guguran lava pijar dari Merapi yang menawan. 

Tenang, meski pun masih terbilang baru dan menyatu dengan alam, fasilitas di Tankaman Kaliurang sudah lengkap. Mulai dari tempat parkir yang luas, toilet bersih, dan makanan sederhana seperti pisang goreng, mendoan, sampai kacang rebus yang lezat. 

5. Tips berkunjung ke Tankaman Kaliurang

Tankaman Natural Park: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips Berkunjungtankaman kaliurang (instagram.com/bekti.andari)

Yuk, lekas sempatkan waktu buat merasakan pengalaman berwisata di Tankaman Natural Park ini. Jika kamu tak ingin datang saat ramai, coba pilih saat weekdays atau di luar hari libur nasional. Datang pagi-pagi juga akan lebih menyenangkan karena udara lebih segar dan bersih. 

Jangan lupa buat membawa jas hujan atau payung untuk berjaga-jaga saat berkunjung di musim hujan. Alih-alih pakai pakaian yang menawan, pertimbangkan buat memakai yang nyaman, longgar supaya mudah buat bergerak, serta sepatu anti slip supaya aman saat berjalan.

Pun jika ingin berkemah, pastikan juga buat membawa semua peralatan secara lengkap karena di sekitar sini belum tersedia penyewaan. Yang pasti, jangan buang sampah sembarangan dan hindari terlalu berisik karena pastinya akan mengganggu pengunjung lain.

Baca Juga: Bungker Kaliadem Merapi: Info Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya