Comscore Tracker

Puncak Segoro, Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Kafe pinggir tebing dengan pemandangan eksotis

Tertarik merasakan sensasi nongkrong di pinggir tebing sambil menikmati deburan ombak? Di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kamu dapat merasakannya di Puncak Segoro yang lagi naik daun. 

Gak cuma memberikan pemandangan indah, tapi juga terdapat banyak spot foto yang instagenic sampai kafe dengan beragam makanan yang enak-enak. Penasaran dengan lokasi, rute, harga tiket, dan tips berkunjung ke Puncak Segoro ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

1. Lokasi Puncak Segoro

Puncak Segoro, Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipslokasi puncak segoro (instagram.com/onimtours)

Berlokasi di Wiloso, Girikarto, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tempatnya memang terbilang jauh dari pusat kota. Jika diukur dari pusat kota, jaraknya kurang lebih 45 kilometer atau bisa ditempuh kurang lebih 1 jam 30 menit dengan kendaraan bermotor. 

Tempatnya tak jauh dari Pantai Nguluran, Gunungkidul, sehingga mudah ditemukan. Kafe yang berada di Puncak Segoro dikenal dengan nama Cliff Bar Puncak Segoro. 

2. Rute menuju Puncak Segoro

Tenang, meskipun bukan orang Gunungkidul atau Jogja, kamu tetap bisa memahami rute menuju Puncak Segoro dengan mudah, kok. Alurnya tak jauh berbeda seperti menuju pantai atau tempat wisata lain di Gunungkidul. 

Dari Jalan Malioboro, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju arah Jalan Raya Panggang Wonosari. Lalu, lurus terus sejauh 3 kilometer, lalu belok kanan sejauh 6,3 kilometer. Dari sana belok kanan menuju arah Heha Ocean View kemudian belok kanan sejauh 4,0 kilometer. Lurus sejauh 900 meter dan kamu akan menjumpai Puncak Segoro tak jauh dari situ. 

Baca Juga: Pantai Sarangan Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket dan Tips

3. Jam operasional dan harga tiket masuk Puncak Segoro

Puncak Segoro, Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsharfa tiket puncak segoro (instagram.com/bhilleyaaa)

Tertarik buat berkunjung ke Puncak Segoro? Tenang, tempat wisata satu ini buka setiap hari mulai pukul 08.00--18.00 WIB. Jadi kapan pun kamu mau, bisa langsung datang tanpa harus menunggu weekend

Siapkan juga budget membayar tiket untuk masuk ke Puncak Segoro, ya. Yang pertama yaitu jika mau berkunjung ke Cliff Bar Puncak Segoro, pengunjung wajib membeli makanan atau minuman senilai minimal Rp25 ribu. Harga makanan dan minumannya gak pakai mahal, kok, yaitu mulai dari Rp5 ribu sampai Rp25 ribuan.

Sementara untuk spot foto biaya yang dikenakan yaitu Rp50 ribu per orang sudah bisa digunakan untuk memasuki tiap spot. Misalnya seperti kuda terbang, ayunan kayu, dan kursi kayu. Dijamin, foto di Instagram jadi lebih estetik!

4. Fasilitas di Puncak Segoro

Puncak Segoro, Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsfasilitas puncak segoro (instagram.com/risma.setyaningsih)

Sebagai salah satu tempat wisata baru di Jogja, fasilitas di Puncak Segoro terbilang lengkap. Mulai dari tempat parkir yang luas, musala, dan toilet bersih dan bisa digunakan oleh siapa saja. 

Meskipun kafenya berlokasi di pinggir jurang, keamanannya pun jelas terjaga sehingga pengunjung tak perlu cemas buat datang langsung ke sini. Eits, tak sampai di situ saja, loh. Kamu bisa menginap di vila estetik dengan harga per malam mulai dari Rp400 ribuan saja. 

5. Tips berkunjung ke Puncak Segoro

Puncak Segoro, Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipspuncak segoro (instagram.com/destianafitri_28)

Biar pengalaman liburanmu ke Puncak Segoro makin nyaman, aman, dan seru, pastikan buat menerapkan tips berikut ini, ya: 

  • Pantau prakiraan cuaca. Hindari datang saat mendung atau saat hujan karena selain jalanan licin, kamu jadi kurang bebas buat berfoto.
  • Pakai pakaian dan sandal yang nyaman karena kamu harus melewati tangga untuk akses ke Cliff Bar Puncak Segoro.
  • Datang dengan kondisi sehat dan bugar. Hal ini karena jalanan menuju Puncak Segoro lumayan berkelok. Akan bahaya kalau kamu berkunjung dalam keadaan sakit atau mengantuk.
  • Jangan datang terlalu sore jika mengincar sunset supaya mendapatkan spot terbaik.
  • Jangan lupa pakai tabir surya!

Di mana lagi 'kan menikmati segelas kopi dan sepiring nasi goreng dengan pemandangan laut lepas nan eksotis kalau bukan di Puncak Segoro? Ada banyak spot foto, tentu sangat disayangkan kalau tak mampir bersama si kesayangan. Jadi, kamu kapan liburan?

Baca Juga: Catat, Ini Waktu Terbaik untuk Bermain ke Wisata Alam Jogja! 

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya