Comscore Tracker

7 Pantai di Jogja Cocok untuk Camping, Tidur di Bawah Bintang   

Yakin gak mau mencoba camping di pantai?

Wisata yang ada di daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memang paket lengkap! Ada paket wisata ekstrem hingga santai atau hanya sekedar nambah koleksi foto. Paket wisata komplet tersebut bisa kamu temukan di pantai, di pantai kamu juga bisa camping. 

Yuk, langsung siapkan tenda dan pakaian ternyamanmu, Jangan lupa ajak orang tersayang untuk menjajal tidur di bawah bintang dan mendengarkan musik alam deburan ombak di tujuh pantai berikut ini!

1. Pantai Greweng

7 Pantai di Jogja Cocok untuk Camping, Tidur di Bawah Bintang   camping pantai greweng (instagram.com/yucha.kusumaningrum)

Pantai Greweng diapit oleh dua buah bukit yang seolah bagai gerbang menuju pantai. Pasir pantai di sini bersih dan putih, bisa jadi 'alas tidur' yang nyaman saat camping bareng sahabat. 

Saat kamping, kamu juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya seperti memancing atau melihat sunset. Tenang, tempatnya luas bisa digunakan bersama rombongan. 

Alamat: Jalan Pendowo, Pendowo, Jepitu, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Pantai Krokoh

7 Pantai di Jogja Cocok untuk Camping, Tidur di Bawah Bintang   camping pantai krokoh (instagram.com/jefri_elbhitrinx)

Pantai Krokoh berada paling timur di Kabupaten Gunungkidul, yang letaknya di perbatasan dengan Kabupaten Imogiri, Jawa Tengah. Pantainya terbilang masih perawan karena belum banyak dikunjungi wisatawan. 

Meski membutuhkan waktu sekitar dua jam dari pusat kota, tempat ini sangat layak buat sesekali tempat berkemah. Apalagi fasilitas seperti toilet dan warung sudah ada, pasti bikin betah!

Alamat: Area Hutan, Songbanyu, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 

Baca Juga: 6 Daya Tarik Pantai Gesing, Surga Tersembunyi di Gunungkidul

3. Pantai Wohudu

7 Pantai di Jogja Cocok untuk Camping, Tidur di Bawah Bintang   camping pantai wohkudu (instagram.com/ericvirgiawan)

Pantai Wohudu mungkin sudah gak sepi beberapa tahun lalu, tapi tetap jadi pantai terbaik untuk camping di Jogja. Apalagi kini sudah semakin banyak penjual makanan ringan dan berat, termasuk menjajakan minuman dingin sampai hangat. 

Lahan untuk kemah di Pantai Wohudu memang gak terlalu besar, tapi relatif datar yang memudahkan untuk memasang tenda. Tapi kamu harus mencari waktu yang tepat,  karena saat pasang air laut, tendamu bisa terseret ombak. 

Alamat: Wiloso, Girikarto, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Pantai Sanglen

7 Pantai di Jogja Cocok untuk Camping, Tidur di Bawah Bintang   camping pantai sanglen (instagram.com/catatanflashpacker)

Pantai di Jogja yang cocok untuk camping selanjutnya adalah Pantai Sanglen. Pantai satu ini sudah terkenal sebagai camping ground. 

Selain itu, di sekitar Pantai Sanglen terdapat tempat yang menyewakan tenda dan hammock. Jadi kalau gak bawa tenda, kamu bisa menyewa dengan kisaran harga Rp70 ribuan per malam. 

Alamat: Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: 11 Pura Hindu di Gunungkidul, Ada yang Berada di Tepi Pantai

5. Pantai Tanjung Kesirat

7 Pantai di Jogja Cocok untuk Camping, Tidur di Bawah Bintang   pantai tanjung kesirat (instagram.com/dhaniprasetyoo)

Di Pantai Tanjung Kesirat. mungkin kamu gak akan menemukan pantai dengan pasir putih sebagai alas berkemah. Sebagai gantinya, kamu bisa mendirikan tenda di atas bukit yang lumayan landai. Saat membuka mata, maka lautan luas akan jadi pemandangannya. 

Di Pantai Tanjung Kesirat kamu memang diizinkan buat menyalakan api unggun, namun tetap harus berhati-hati agar tidak terjadi kebakaran. 

Alamat: Karang, Girikarto, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Pantai Siung

7 Pantai di Jogja Cocok untuk Camping, Tidur di Bawah Bintang   camping pantai siung (instagram.com/lalangbayyu)

Ada banyak hal seru yang bisa dilakukan di Pantai Siung, misalnya panjat tebing, kulineran seafood di warung pinggir pantai, dan tentu saja berkemah. Fasilitas Pantai Siung terbilang lengkap mulai dari kamar mandi sampai musala, tentunya bikin tambah nyaman siapa pun yang mau camping di sini. 

Jika kamu terlalu khawatir membangun tenda langsung di alam terbuka, kamu bisa menyewa rumah panggung yang tak terlalu jauh dari pantai. Jangan lupa bawa serta hammock yang diikatkan di antara dua pohon supaya bisa bersantai.

Alamat: Duwet, Purwodadi, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

7. Pantai Sedahan

7 Pantai di Jogja Cocok untuk Camping, Tidur di Bawah Bintang   camping pantai sedahan (instagram.com/jejakbayuubay)

Pantai Sedahan kini makin terkenal sebagai pantai untuk camping terbaik di Jogja. Camping ground di sini luas dengan pasir putih yang datar. Biasanya pengunjung yang datang buat camping mengincar pemandangan matahari terbit atau tenggelam.

Masyarakat yang tinggal di sekitar Pantai Sedahan dikenal ramah. Selain berjualan makanan dan minuman, warga juga yang menyediakan peralatan berkemah sampai api unggun. 

Alamat: Pendowo, Jepitu, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Berkemah di pantai akan memberimu pengalaman yang berbeda dan seru. Memang membutuhkan persiapan yang agak ribet. Dijamin kamu akan merasakan pengalaman yang tak terlupakan. 

Baca Juga: 10 Potret Eksotis Pantai Ngitun, Surga Tersembunyi di Gunungkidul

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya