Comscore Tracker

Ngabuburit Gratis di Museum Yogyakarta, Asyik Dicoba!

Bisa berbuka puasa sekaligus belajar sejarah

Yogyakarta, IDN Times - Sore nanti, sudah ada acara berbuka di mana nih? Sekarang sih gak perlu bingung lagi kalau mau menghabiskan waktu jelang berbuka, sebab banyak restoran dan promo hotel di Yogyakarta yang bisa dimanfaatkan. Namun, Ngabuburit di Museum juga gak kalah seru buat dicoba, lho!

Acara ini diselenggarakan oleh Wajib Kunjung Museum Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai dari 9 April sampai 23 April 2022. Yuk, simak bagaimana syarat, proses dan agenda ngabuburitnya berikut ini!

Baca Juga: 9 Promo Buka Puasa All You Can Eat di Hotel Jogja, Dijamin Puas!

1. Ada 15 pilihan museum untuk ngabuburit

Ngabuburit Gratis di Museum Yogyakarta, Asyik Dicoba!jadwal ngabuburit di museum (instagram.com/humasjogja)

Ada 15 pilihan museum di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi, nih. Misalnya seperti Museum Suharto yang sudah diadakan pada 9 April lalu, kemudian Museum Gunungapi Merapi, Museum Tembi Rumah Budaya yang dilanjutkan ke Museum Pleret, Museum Gumuk Pasir, sampai yang menarik banyak minat adalah Museum dr. YAP. Setiap museum memiliki jadwalnya sendiri-sendiri.

Namun untuk jam mulainya, yaitu pada pukul 15.00 WIB sampai 18.00 WIB. Ara, narahubung Ngabuburit di Museum Gunungapi Merapi yang dihubungi pada Senin (11/04/2022) mengatakan, “beda-beda tergantung keputusan PIC-nya, kalau dari dinas sendiri maksimal 54 orang.”

Cara mendaftar mengikuti Ngabuburit di Museum ternyata gak sulit kok. Kamu hanya perlu mengisi form melalui bit.ly/FormPendaftaranWKMNgabuburit2022 atau tap pada tautan yang terdapat pada profil akun Instagram @wajibkunjungmuseum

2. Antusiasme tinggi, sebagian besar jadwal kunjungan sudah full dipesan

Ngabuburit Gratis di Museum Yogyakarta, Asyik Dicoba!wajib kunjungan museum (instagram.com/wajibkunjungmuseum)

Antusiasme terhadap acara Ngabuburit di Museum ternyata sangat tinggi, lho! Ini bisa dilihat dari form bahwa sebagian besar jadwal sudah full dipesan. Kuota 54 orang di setiap museum bahkan langsung sold beberapa jam setelah media sosial Wajib Kunjung Museum dan Humas Yogyakarta mengunggah pengumumannya. 

Ara juga mengatakan bahwa antusiasme ini datang dari masyarakat umum yang mendaftar. Bisa dilihat ‘kan bahwa ternyata pesona museum sebagai salah satu tempat wisata di Yogyakarta belum pudar, apalagi jika dipadukan dengan event menarik seperti ngabuburit, laris manis pengunjung!

3. Free takjil, tapi ada syarat buat pengunjungnya

Ngabuburit Gratis di Museum Yogyakarta, Asyik Dicoba!wajib kunjungan museum (instagram.com/wajibkunjungmuseum)

Diwawancarai secara terpisah, Kuni selaku narahubung Ngabuburi di Museum Sandi dan Museum TNI AD menjelaskan, “Untuk ikut wajib kunjung museum minimal berusia 16 tahun. Juga berdomisili Yogyakarta dan mengisi link pendaftaran.” Kuni juga menjelaskan jika setelah kunjungan, pengunjung akan diminta mengisi link dengan feedback selama kunjungan museum. 

Gak sekadar jalan-jalan mengelilingi museum, kamu nanti juga akan disuguh dengan minuman dan makanan untuk berbuka puasa. Soal tiket museum juga gratis, loh! Asyik banget buat mengisi sore sambil menunggu buka puasa. 

Melihat antusiasme Ngabuburit di Museum yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta yang besar, yuk, kita doakan semoga event ini gak hanya ada di tahun 2022 saja, ya. Apalagi banyak anak muda yang berminat, wisata sejarah kian banyak diminati! Nah, kalau kamu berniat hadir, pastikan untuk gak asal menyentuh benda-benda yang ada di museum dan jangan buang sampah sembarangan, ya! 

Baca Juga: 5 Tempat Berburu Takjil di Jogja, Pilihan Jajannya Lengkap

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya