Comscore Tracker

5 Kegiatan Seru di Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul

Mulai dari trekking sampai makan enak!

Gunungkidul, IDN Times - Desa Wisata Nglanggeran baru-baru ini ditetapkan sebagai salah satu desa wisata terbaik di dunia tahun 2021 oleh United Nation World Tourism Organization (UNWTO) Madrid, Spanyol. Desa yang terletak di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tersebut terpilih bersamaan dengan 44 desa dari 32 negara di lima wilayah dunia lainnya.

Setidaknya ada sembilan kriteria yang penilaian terhadap desa wisata ini, yaitu sumber daya alam dan budaya, promosi dan konservasi sumber daya budaya, keberlanjutan ekonomi, keberlanjutan sosial, keberlanjutan lingkungan, potensi dan pengembangan pariwisata serta integrasi rantai nilai, tata kelola dan prioritas pariwisata, infrastruktur dan konektivitas, serta kesehatan, keselamatan dan keamanan.

Dan sebagai desa wisata, ada berbagai kegiatan seru dan menarik yang bisa dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke Desa Nglanggeran. Apa saja ya kira-kira? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Nglanggeran Gunungkidul Menjadi Desa Terbaik Dunia, Membanggakan! 

1. Bermain air di Air Terjun Kedung Kandang

5 Kegiatan Seru di Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidulair terjun kedung kandang (instagram.com/dedetisno)

Di Desa Nglanggeran, ada sebuah air terjun indah yang sayang dilewatkan, namanya Air Terjun Kedung Kandang. Berbentuk seperti tingkatan yang terdiri dari batu-batuan vulkanik, saat sedang musim hujan tentu airnya akan deras dan menyegarkan jika menyempatkan bermain air di sana. Namun sekalipun datang saat musim panas, suasana dingin akan tetap terasa karena lokasinya yang diapit sawah yang luas.

Kalau mampir ke Air Terjun Kedung Kandang, jangan lupa untuk berfoto, ya! Namun pastikan untuk memakai sepatu yang nyaman dan tidak licin. Dan gak kalah penting, jangan buang sampah sembarangan.

2. Trekking di Gunung Api Purba Nglanggeran

5 Kegiatan Seru di Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidultrekking di Gunung Api Purba Nglanggeran (instagram.com/gunungapipurba)

Ingin olahraga sekalian cuci mata? Jangan lewatkan untuk bisa trekking di Gunung Api Purba Nglanggeran. Berada di ketinggian 700 mdpl, bisa dibilang Gunung Api Purba ini adalah ikon dari sang desa wisata. Gunung Api Purba Nglanggeran sendiri sudah diakui oleh UNESCO melalui kawasan Geosite Gunung Sewu.

Banyak orang yang melakukan pendakian saat menjelang subuh untuk mendapatkan pemandangan matahari terbit yang indah. Jika kamu tertarik melakukan hal yang sama, persiapkan fisik dan kenakan pakaian nyaman supaya lebih aman.

Baca Juga: Watu Nene Destinasi Pantai di Gunungkidul yang Masih Perawan

3. Wisata edukasi kambing etawa

5 Kegiatan Seru di Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidulilustrasi peternakan kambing (instagram.com/78farmyogya)

Ada rekomendasi kegiatan yang tak kalah seru, tapi tidak menguras banyak tenaga. Salah satunya dengan mengikuti wisata edukasi kambing etawa. Wisata ini cukup seru dan ramah untuk anak-anak karena bisa dekat dengan alam sekaligus belajar hal baru yang mungkin tidak ada di sekitar tempat tinggal.

Tidak hanya melihat secara langsung, tapi belajar bagaimana cara memerah susu kambing dan mengolahnya jadi berbagai produk seperti susu bubuk dan susu cair yang siap konsumsi. Jangan lupa juga beli oleh-oleh susu kambing etawa yang berkhasiat ini untuk orang tersayang.

4. Foto-foto di Embung Nglanggeran

5 Kegiatan Seru di Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidulembung nglanggeran (instagram.com/gunungapipurba)

Gak jauh dari perumahan warga, ada Embung Nglanggeran yang merupakan sumber pengairan warga sekitar. Waduk yang berada di ketinggian 495 mdpl ini memang tidak besar, tapi menawarkan keindahan yang menyejukkan, terutama saat matahari terbit sehingga sinar matahari perlahan memantulkan dari embung.
Jangan lupa foto-foto di sini, ya!

Kamu akan mendapatkan pemandangan Gunung Api Purba sebagai latarnya. Menarik sekali ‘kan? Biasanya saat akhir pekan akan ada banyak pesepeda yang mampir untuk rehat sambil berswafoto.

5. Menikmati suasana pedesaan sambil kulineran di Pawon Purba

5 Kegiatan Seru di Desa Wisata Nglanggeran GunungkidulWisata kuliner di Pawon Purba (instagram.com/pawonpurba)

Tenang, jika perut lapar dan ingin santai sejenak setelah explore Desa Wisata Nglanggeran, kamu bisa datang ke salah satu rumah makan yang sedang hits, Pawon Purba namanya. Seperti rumah makan yang menjual suasanan pedesaan lainnya, Pawon Purba menawarkan aneka menu khas rumahan yang sederhana tapi ngangeni.

Aneka lauk seperti mendoan, telur ceplok, kerupuk, sampai beragam sayur bisa dijumpai di sini dan diambil dengan cara prasmanan. Soal minuman, jangan lupa cicipi es cokelat dan wedang empon-empon untuk menghangatkan badan. Soal harga tentu saja murah meriah, cocok banget ajak keluarga makan di sini bersama-sama.

Meskipun lokasinya cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, gak ada salahnya untuk menyempatkan waktu mengunjungi Desa Wisata Nglanggeran. Toh, kapan lagi bisa menikmati suasana desa yang keindahannya diakui secara internasional tanpa perlu pergi jauh ke luar negeri!

Baca Juga: Obelix Hills, Tempat Asyik Menikmati Sunset di Yogyakarta  

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya