Comscore Tracker

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!

Siap nonton Prambanan Jazz dan ARTJOG date bareng ayang?

Bulan Juli datang, tandanya kamu siap buat sambut waktu liburan, nih. Sudah punya agenda apa? Atau masih bingung mau ke mana? Yuk, simak dulu kalender event wisata Jogja di bulan Juli 2022!

Karena masa liburan, banyak agenda seru dan menyenangkan yang akan diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), nih. Tersebar di lima kabupaten, dijamin masa liburan kali ini akan banyak kesan. Ada apa saja ya kira-kira?

1. Pramban Jazz (1-3 Juli)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!Ilustrasi Prambanan Jazz (IDN Times/Holy Kartika)

Prambanan Jazz adalah event tahunan yang sudah berskala internasional dan digelar di Candi Prambanan. Tahun ini, musisi yang tampil cukup beragam, mulai dari Ardhito Pramono, Ndarboy Genk, sampai Tulus. 

2. Festival Paralayang (2 Juli)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!Ilustrasi paralayang (penginapan.net)

Pada 2 Juli nanti akan ada festival paralayang yang berlokasi di Kulon Progo. Festival ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan Komunitas Paralayang di DIY untuk meningkatkan ketertarikan wisatawan ke Kulon Progo.

3. Suran Mbah Demang (4 Juli)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!Ogoh-ogoh Sunan Mbah Demang (instagram.com/kademangan)

Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Sleman, tanggal 4 Juli akan diadakan Suran Mbah Demang di Pendhapa Kabupaten Sleman. selain sebagai perayaan HUT Sleman, upacara Suran Mbah Demang juga sebagai momen menyambut bulan Syawal. Ada banyak pertunjukan kesenian rakyat, lho!

4. Numplak Wajik (7 Juli)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!instagram.com/@bookpacker

7 Juli di Kraton Yogyakarta akan diadakan kegiatan Numplak Wajik. Numplak Wajik adalah rangkaian awal dari prosesi pembuatan gunungan yang merupakan simbol sedekah Sultan kepada rakyat. Biasanya kegiatan Numplak Wajik ini akan diadakan di kompleks Magangan. 

5. ARTJOG MMXXII (7Juli-4 September)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!IDNTimes/Holy Kartika

Salah satu event tahunan yang ditunggu banyak orang, nih, apalagi kalau bukan ARTJOG! ARTJOG tahun ini akan diadakan di Lapangan Kenari Yogyakarta. FYI, ARTJOG adalah pameran seni dari berbagai komunitas yang biasanya juga akan dimeriahkan oleh pertunjukan musik, teater, dan diskusi seni. 

Baca Juga: ARTJOG Bertekad Jadi Pilot Project Kebiasaan Baru di Ranah Event

6. Merti Code Cokrodiningratan (9-10 Juli)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!Instagram

Pada 9-10 Juli akan ada Merti Code Cokrodiningratan. Ini adalah upacara adat yang akan diselenggarakan di Kali Code dengan menampilkan Tari Lampor yang disusul dengan kirab. Upacara adat ini selalu menarik minat warga yang gak jarang bikin jalanan jadi kian padat merayap. 

7. Grebeg Besar (10 Juli)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!grebeg syawal salah satu tradisi setelah Lebaran di Yogyakarta (instagram.com/danu.ds)

Di Kraton Yogyakarta selalu rutin mengadakan Grebeg Besar. Grebeg Besar adalah ritual keagamaan dalam rangka menyambut hari besar Idul Adha. Akan ada iring-iringan pasukan dan gunungan yang nantinya akan jadi rebutan masyarakat yang menonton. 

8. Bathok Bolu (10 Juli)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!Kirab Bathok Bolu, Sleman (instagram.com/ini.sleman)

Sementara di Sleman, tanggal 10 Juli nanti akan ada upacara adat Bathok Bolu. Ini adalah upacara adat dalam rangka mengenang tokoh setempat yang bernama Eyang Guru dan Eyang Demang Ranupati yang umumnya akan diadakan di Keraton Bathok Bolu, Alas Ketonggo, Dusun Sambiroto, Kalasan, Yogyakarta. 

9. Lomba Seni Burun (10 Juli)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!lomba seni burung paku alam cup (instagram.com/visitingjogja)

Lomba seni burung adalah event tahunan yang pada tahun ini diadakan pada tanggal 10 Juli di Sleman. Lomba tersebut dalam rangka memperebutkan piala dari Paku Alam. Burung dengan suara paling merdu yang akan dinobatkan sebagai pemenangnya. 

Baca Juga: Seribu Batu Songgo Langit, Sensasi Piknik ke Negeri Dongeng

10. Jodhangan Goa Cerme (10 Juli)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!Goa Cerme (instagram.com/winarsih4336)

Juga jangan ketinggalan, tanggal 10 Juli di Terminal Srunggo, Selopamioro Imogiri, Bantul akan ada Jodhangan Goa Cerme yang merupakan upacara perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Masyarakat yang bergabung dalam upacara ini akan mengenakan pakaian tradisional dan mengadakan arak-arakan membawa gunungan.  

11. Jogja Volkswagen Festival (16-17 Juli)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!VW Split Screen atau VW Dakota dipamerkan di Jogja Volkswagen Festival 2019 (IDN Times/Holy Kartika)

Jogja Volkswagen Festival adalah agenda tahunan yang dibuat oleh komunitas pencinta mobil Volkswagen dari Yogyakarta. Dalam acara ini, mereka akan memajang mobil melalui pameran sehingga menarik minat pengunjung. 

12. HUT Kabupaten Bantul (22 Juli)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!Perayaan HUT Kabupaten Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Peringatan HUT Kabupaten Bantul tahun ini akan diadakan di Lapangan Trirenggo Bantul. Seperti pada perayaan HUT Bantul sebelumya, para hadirin yang datang akan mengenakan pakaian adat dan dimeriahkan oleh kirab. Tahun ini, Kabupaten Bantul akan berusia yang ke-191. 

13. Upacara Bekti Pertiwi Pisungsung Jaladri (23 Juli)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!Tradisi Bekti Pertiwi Pisungsung Jaladri di Pantai Parangtritis yang berlangsung meriah. (IDN Times/daruwaskita)

Pada 23 Juli di Pendapa Pantai Parangtritis akan ada Upacara Bekti Pertiwi dan Pisungsung Jaladri. Ini adalah upacara adat yang dilaksanakan untuk menyampaikan puji syukur kepada Tuhan dan permohonan supaya dijauhkan dari malapetaka. Agenda ini biasanya dilakukan oleh warga Mancingan Parangtritis. 

14. Keroncong Plesiran (23 Juli)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!keroncong Plesiran Festival (instagram.com/keroncongplesiran)

Di Candi Prambanan tanggal 23 Juli akan ada event tahunan Keroncong Plesiran, nih. Buat yang suka musik keroncong, harus banget nonton! Artis yang akan memeriahkan acara ini mulai dari Monita Tahalea, Kukuh Prasetya, sampai Ananda Badudu. 

Baca Juga: 10 Aktivitas Liburan di Jogja Disukai Bule, Seru untuk Dicoba

15. Parade Gamelan Nusantara (23 Juli)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!Parade Gamelan Nusantara (instagram.com/hardybreck)

Seperti tahun-tahun yang lalu, Parade Gamelan Nusantara akan kembali diadakan di Tebing Breksi, Sleman. Bukan sekadar menggelorakan musik gamelan, tapi akan dipadukan dengan keragaman musik nusantara lain. Acara ini dilakukan untuk terus mendongkrak sektor pariwisata di Yogyakarta. 

16. Upacara Jenang Suran (29 Juli)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!upacara jenang suran (budaya-indonesia.org)

Kalau mau ke Kotagede pada tanggal 29 Juli, jangan lupa mampir melihat upacara Jenang Suran yang merupakan tradisi menyambut 1 Muharam yang dilakukan oleh abdi dalem Kraton Yogyakarta. Para abdi dalem akan membuat jenang beserta lauknya yang masing-masing memiliki makna

17. Festival Permainan Tradisional (30 Juli)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!Ilustrasi permainan tradisional. ANTARA FOTO/Akbar Tado

Untuk mengenalkan serunya permainan tradisional pada anak-anak, akan diadakan Festival Permainan Tradisional di Gunungkidul. Festival ini juga diharapkan menjadi media bagi orang tua lebih mendekatkan diri dengan anak, lewat permainan yang lebih menyatu dengan alam. 

18. Labuhan Pantai Goa Cemara (30 Juli)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!ilustrasi upacara labuhan (instagram.com/alexander_dendy)

Seperti upacara labuhan pada umumnya, Labuhan Pantai Goa Cemara yang diadakan Lapangan Trirenggo Bantul, menjadi salah satu perwujudan rasa syukur atas berkah dari Tuhan. Selain itu, upacara ini juga bertujuan meminta perlindungan Tuhan dari marabahaya. Upacara ini biasanya menarik minat yang besar pada masyarakat. 

19. Cycling Festival (30 Juli)

19 Event Wisata Jogja Juli 2022, Ada Prambanan Jazz!Ilustrasi pesepeda. (unsplash.com/Munbaik Cycling Clothing)

Sebagai pungkasan, tanggal 30 Juli di Sleman, akan ada event Cycling Festival. Event ini nantinya akan dihadiri ileh para atlet sepeda dari Sleman dan seluruh Indonesia yang turut meramaikan acara ini. 

Seru-seru semua ‘kan event wisata bulan Juli di Yogyakarta? Mulai dari upacara adat sampai musik bertaraf internasional bakalan memeriahkan hari-hari kamu. Yuk, mulai menabung dan selamat liburan di Yogyakarta!

Baca Juga: 5 Jalur Bersepeda di Kulon Progo, View-nya Favorit Banget!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya