Comscore Tracker

Pantai Sarangan Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket dan Tips

Berasa lagi liburan di pantai milik sendiri nih!

Kabupaten Gunungkidul memang masih menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Sarangan. Pantai ini masih tergolong sepi dan belum sepopuler pantai lain seperti Pantai Krakal. Namun, hal ini justru menjadikan daya tarik tersendiri dari pantai ini karena akan terasa seperti pantai pribadi.

Pantai Sarangan hanya berjarak beberapa langkah di sebelah barat Pantai Krakal. Makanya, terkadang pantai ini dianggap menjadi satu bagian dengan Pantai Krakal.

Pantai Sarangan memiliki bentuk garis pantai yang cenderung agak melengkung dengan kedua sisinya yang diapit oleh tebing. Agar kamu tidak semakin penasaran, berikut ini beberapa informasi terkait Pantai Sarangan yang bisa kamu jadikan sebagai rekomendasi tempat liburanmu nanti!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Pantai Sarangan Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket dan TipsPantai Sarangan Gunungkidul (Instagram.com/cavitasanti)

Lokasi: Kalurahan Ngestirejo, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul

Jam operasional: Buka setiap hari selama 24 jam

Harga tiket: Rp10 ribu

  • Parkir motor Rp3 ribu
  • Parkir mobil Rp10 ribu
  • Parkir bus Rp20 ribu

2. Rute menuju lokasi

Untuk menuju Pantai Sarangan kamu bisa menempuhnya dengan melalui dua rute. Pertama, melalui rute dari Kota Yogyakarta menuju ke Piyungan, lalu arahkan kendaraan menuju ke Bukit Bintang. Kemudian, jalan kembali menuju ke Patuk-Sambipitu-Gading-Wonosari. Setelah itu, kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju ke Jalan Baron. Lalu pergi ke arah Mulo, kemudian belok kiri ke arah Bintaos hingga ke Tepus. Belok ke kanan menuju Pantai Indrayanti, Sundak, Krakal, hingga akhirnya sampai di Pantai Sarangan yang letaknya bersebelahan dengan Pantai Krakal.

Rute lain yang juga bisa kamu tempuh yaitu melalui Jalan Wonosari-Sampaan-Piyungan-Bukit Bintang. Selanjutnya, kamu bisa berkendara untuk menuju ke Pathuk-Sambipitu-Hutan Bunder-Gading-Wonosari, Lalu, kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju ke Jalan Baron-Mulo-Kemadang. Terakhir, kamu bisa masuk melalui Jalan Pantai Krakal, Kukup, Sepanjang, lalu kamu akan tiba di Pantai Sarangan.

Baca Juga: Pantai Peyuyon Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

3. Fasilitas di tempat wisata

Pantai Sarangan Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket dan TipsPantai Sarangan Gunungkidul (Instagram.com/dailygunkid)

Pantai Sarangan sudah memiliki berbagai fasilitas yang disediakan pengelola. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, di antaranya:

  • Tempat parkir kendaraan
  • Kamar mandi
  • Musala
  • Gazebo dan pendopo untuk berkumpul
  • Warung makan
  • Spot foto menarik
  • Homestay

4. Pesona Pantai Sarangan

Pantai Sarangan Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket dan TipsPantai Sarangan Gunungkidul (Instagram.com/annisacapung)

Pantai Sarangan memiliki karakteristik garis pantainya yang cenderung pendek yang tidak mencapai 200 meter dan bentuknya melengkung. Selain garis lengkung pantai, Pantai Sarangan mempunyai daya tarik utama dari adanya tebing yang mengapit di sisi kanan dan kiri pantai. Pantai Sarangan juga menjadi pantai yang masih relatif sepi pengunjung, sehingga membuat pantai ini menarik dikunjungi karena akan berasa seperti di pantai pribadi.

Pantai Sarangan memiliki ombak yang tidak terlalu tinggi, sehingga memungkinkan pengunjung untuk bermain air di tepi pantai. Saat surut pantai ini juga memiliki struktur batu karang yang berbatu besar pada bagian barat pantai. Kamu bisa melihat aneka biota laut seperti ikan kecil, buku babi, kepiting, dan masih banyak lagi. Namun, kamu perlu berhati-hati karena terkadang ada bagian karang yang tajam yang bisa membahayakan kaki.

Untuk kamu yang mempunyai hobi memancing, kamu bisa menemukan banyak spot memancing di pinggir pantai maupun di tebing kanan dan kiri pantai. Selain itu, terdapat juga tebing di sebelah timur pantai yang memiliki anak tangga dari bambu yang bisa dilewati. Disi kamu bisa menikmati pemandangan alam pantai dari atas tebing yang indah.

5. Tips liburan seru

Pantai Sarangan Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket dan TipsPantai Sarangan Gunungkidul (Instagram.com/jogjacorner.id)

Buat kamu yang tertarik ingin berlibur di Pantai Sarangan Gunungkidul. Berikut ini ada beberapa tips agar liburanmu lebih seru dan menyenangkan!

  • Kamu bisa berkunjung ke Pantai Sarangan setiap saat, namun jika kamu ingin merasakan private beach disini, maka disarankan untuk datang di saat weekdays. Sedangkan jika kamu menginginkan suasana pantai ramai maka kamu bisa datang pada weekend.
  • Selalu menggunakan sunscreen saat berada di luar ruangan agar kulit terlindung dari paparan sinar matahari.
  • Untuk mendapatkan pemandangan yang indah, datanglah di pagi maupun sore hari. Hindari saat mendung dan musim hujan.
  • Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti jika ingin bermain pasir dan air.
  • Bawalah kamera untuk mengabadikan momen berharga di Pantai Sarangan.
  • Agar liburanmu lebih seru, ajaklah teman, sahabat, maupun keluargamu untuk menikmati keindahan Pantai Sarangan ini!

Di Pantai Sarangan Gunungkidul ini kamu bisa menikmati suasana tenang serasa pantai pribadi. Untuk itu, pantai ini sangat cocok untuk tempat healing dan menyegarkan pikiran lho!

Baca Juga: Pantai Srakung Gunungkidul: Info Rute, Harga Tiket, dan Tips

Alicianoo Photo Community Writer Alicianoo

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya