Comscore Tracker

Pantai Porok Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga, dan Tips Liburan

Di pantai ini kamu juga bisa menemukan perkebunan melon

Pantai Porok menjadi salah satu pantai indah yang berada di kawasan Gunungkidul.  Lokasinya berada di sebelah barat Pantai Sepanjang dan Lolang, sedangkan di sebelah timur terdapat Pantai Kukup.

Pantai ini berada di balik perbukitan yang membuatnya tampak tersembunyi, sehingga masih sedikit orang yang mengetahui keberadaanya.

Pantai Porok tidak terlalu luas namun memiliki pasir putih yang bersih dan terdapat sisa-sisa pecahan cangkang kerang yang tersebar di seluruh bibir pantai. Ada banyak keindahan tersembunyi dari pantai ini yang cocok untuk di explorer lebih jauh. Berikut informasi terkait Pantai Porok beserta keindahan yang ditawarkannya, yuk simak. 

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Pantai Porok Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga, dan Tips LiburanPantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/inigunungkidul_id)

Pantai Porok berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Jam operasional: pantai buka setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB

Harga tiket: Rp10 ribu

2. Rute menuju lokasi

Pantai Porok Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga, dan Tips LiburanPantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/pantai_porok)

Menuju Pantai Porok, ada beberapa rute yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Berikut rute yang dapat dipilih:

  • Rute pertama, dari Kota Yogyakarta kamu bisa melewati Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Gading atau lapangan terbang belok kanan – Playen – Paliyan – Trowono – Pantai Baron – Pantai Kukup – Pantai Porok.
  • Rute kedua, dari Kota Yogyakarta menuju Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk – Gading atau lapangan terbang – Kota Wonosari – Jalan Baron – Tepus – Indrayanti – Sundak – Pantai Sepanjang – Pantai Porok.
  • Rute ketiga, dari Yogyakarta melewati Piyungan – Patuk – Sambipitu – Gading atau lapangan terbang – Siono – Kota Wonosari – Jalan Baron – Pantai Baron – Pantai Kukup – Pantai Porok.

Menuju Pantai Porok, pengunjung tidak bisa memarkir kendaraan pribadi di dekat Pantai Porok, lantaran akses jalan menuju pantai masih sulit dan hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki. Biasanya pengunjung akan parkir di sekitar Pantai Sepanjang dan Pantai Kukup.

Baca Juga: 5 Daya Tarik Pantai Peyuyon, Hidden Gem Eksotis di Gunungkidul

Baca Juga: 10 Wisata Gunungkidul Selain Pantai, Suguhkan Panorama Asri 

3. Fasilitas yang tersedia

Pantai Porok Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga, dan Tips LiburanPantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/marselina_lika)

Pantai Porok di Tanjungsari, Gunungkidul memiliki beberapa fasilitas penunjang yang bisa digunakanoleh para pengunjung, di antaranya:

  • Area parkir kendaraan
  • Warung makan
  • Kamar mandi
  • Tempat berkemah
  • Spot foto
  • Tempat istirahat

4. Pesona dan hal menarik di Pantai Porok

Pantai Porok Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga, dan Tips LiburanPantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/gunungkidulbanget)

Pantai Porok di Gunungkidul merupakan salah satu tempat wisata baru yang masih perawan dengan pesona alam yang memukau. Untuk sampai di Pantai Porok, kamu harus berjalan menaiki bukit yang cukup tinggi. Saat menyusuri bukit, kamu akan disuguhi dengan keindahan pantai yang masih asri. 

Pantai Porok memiliki keindahan yang menawarkan sensasi mengagumkan. Pantai ini dikelilingi tebing hijau, di sekelilingnya terdapat banyak pepohonan yang membuat kawasan tempat piknik ini sejuk dan rindang. Keindahan alam yang masih terjaga akan mudah ditemui di pantai ini.

Pantai Porok juga memiliki air yang tenang dan ombak yang tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk berbagai kegiatan air seperti berenang. Kamu juga dapat melihat aneka biota laut yang terperangkap di hamparan batu karang yang tersebar. Keren kan?  

Selain itu, terdapat fakta menarik di Pantai Porok, menurut warga setempat pantai ini dijadikan kawasan karst sebagai daerah penghasil melon oleh salah satu universitas di Yogyakarta. Kamu bisa menikmati pemandangan pantai plus kebun Melon yang indah. Jika kamu ingin berkemah, terdapat area terbuka dengan pohon cemara udang di sekitarnya yang biasanya digunakan untuk kemah.

5. Tips liburan seru dan menyenangkan

Pantai Porok Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga, dan Tips LiburanPantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/michimomo)

Sebelum berlibur di Pantai Porok, berikut beberapa tips agar liburanmu lebih seru dan menyenagkan:

  • Pastikan tubuh dalam kondisi prima karena akses menuju Pantai Porok hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki menyusuri bukit
  • Pakailah lotion pelindung agar kulitmu aman  dari paparan sinar matahari
  • Jangan lupa membawa persediaan makanan, P3K, maupun peralatan pribadi yang dibutuhkan dari rumah
  • Bawa pakaian ganti jika kamu ingin bermain air ataupun berkemah di Pantai Porok
  • Gunakan pakaian yang nyaman karena medan di pantai ini cukup sulit
  • Jangan lupa untuk membawa kamera agar bisa mengabadikan momen berharga di Pantai Porok

 

Letak Pantai Porok yang berdekatan dengan Pantai Sepanjang dan Pantai Kukup membuat tempat ini ini masih cukup sepi pengunjung. Hal ini justru menjadi kesempatan untukmu agar bisa menjelajahi keindahan tersembunyi yang belum diketahui banyak orang. Cobalah untuk mampir ke Pantai Porok untuk mendapatkan suasana tenang dan nyaman. Selamat berlibur!

Baca Juga: Heboh, Fenomena Air Menyembur dari Dalam Tanah di Gunungkidul

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya