Comscore Tracker

Pantai Ngandong Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips

Tempat yang cocok untuk snorkeling dan diving, nih

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang terkenal dengan pantai-pantai pasir putih dengan air yang jernih. Salah satunya yaitu Pantai Ngandong.

Pantai Ngandong memiliki banyak keunikan dan daya tarik yang memikat para pengunjung yang datang. Kamu bisa melakukan snorkeling dan diving di pantai ini.

Jika kamu tertarik untuk berlibur ke Pantai Ngandong, berikut ada beberapa informasi terkait tempat wisata tersebut yang nantinya dapat kamu jadikan sebagai panduan liburanmu lho. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: 6 Daya Tarik Pantai Ngandong Gunungkidul, Cantik Pol!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Pantai Ngandong Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tipspotret Pantai Ngandong (Instagram.com/paualarco)

Lokasi: di Jalan Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam operasional: Buka 24 jam setiap hari.

Harga tiket: Rp10 ribu

2. Rute perjalanan menuju Pantai Ngandong 

Pantai Ngandong Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tipspotret Pantai Ngandong (Instagram.com/paualarco)

Rute dari Alun-alun Gunungkidul

Rute terbaik yang dapat kamu tempuh yaitu dengan berangkat dari Alun-alun Gunungkidul. Mulai dari Alun-alun Gunungkidul, kamu bisa mengambil jalan menuju Pasar Hargosari. Nantinya akan ada pertigaan kedua setelah pasar tersebut lalu kamu bisa mengambil arah kanan menuju ke Jalan Baron-Karangrejek-Mulo.

Saat bertemu pertigaan, ambil jalan lurus hingga sampai ke Polsek Tanjungsari. Lalu ambil jalan menuju ke Kemadang sampai bertemu pertigaan, belok ke kiri. Dari sana sudah terlihat Pantai Sundak. Dari Pantai Sundak jaraknya hanya sekitar 100 meter ke arah barat.

Rute dari Stasiun Tugu Yogyakarta

Pantai Ngandong berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika, kamu berasal dari luar kota, kamu bisa menggunakan kereta api sebagai alternatifnya. Kamu bisa turun di Stasiun Tugu Yogyakarta. Dari sini perjalanan menuju ke Objek wisata ini berjarak sekitar 68 km atau membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.

Setelah keluar dari stasiun kamu bisa menuju ke Jl. Gandekan kemudian, ke kiri ke Jl. Jlagaran. Selanjutnya kamu menuju ke Jalan Letjen Pringgokusuman hingga Letjen Suprapto sejauh 1,1 km. Kamu bisa mengambil arah ke Wahid Hasyim sejauh 850 m, lalu ke kadipaten kidul.

Setelah itu kamu perlu melalui jalan Imogiri barat, masuk ke panggang sejauh 5 km. Lalu, belok sedikit ke kanan dan masuk di Jl. Pantai Selatan Jawa. Ikuti papan petunjuk arah yang tersedia di sana, hingga kamu sampai di Pantai Ngandong.

3. Daya tarik Pantai Ngandong

Pantai Ngandong Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tipspotret Pantai Ngandong (Instagram.com/mahfudwahyu)

Pantai Ngandong di Gunungkidul memiliki banyak keunikan yang menjadi daya tariknya, seperti garis pantai yang landai dan eksotis. Hal ini membuat Pantai Ngandong menjadi lokasi untuk spot foto estetik hingga prewedding.

Pantai Ngandong juga memiliki pasir putih dan air laut yang jernih yang menjadikan pantai ini sebagai tempat berlibur yang pas untuk menghilangkan penat. Selain itu, di pantai ini juga terdapat bukit karang dan karst yang ada di kedua sisi pantai yang merupakan salah satu spot foto favorit para pengunjung yang datang. 

Tak hanya itu, Pantai Ngandong juga memiliki berbagai daya tarik yang tak banyak dimiliki pantai lain di Gunungkidul, yaitu tempat untuk snorkeling dan diving. Kondisi perairan yang bersih dan jernih itulah yang menjadikan tempat ini cocok untuk menjadi lokasi yang ideal untuk kegiatan snorkeling dan diving

Baca Juga: 10 Pantai Pasir Putih di Gunungkidul, Pemandangannya Eksotis!

4. Fasilitas yang tersedia di Pantai Ngandong

Pantai Ngandong Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tipspotret Pantai Ngandong (Instagram.com/nnurika)

Seperti pantai-pantai lainnya di Gunungkidul, Pantai Ngandong juga memiliki beragam fasilitas yang cukup lengkap dan memadai yang bisa digunakan oleh para pengunjung yang datang, antara lain: 

  • Tempat penyewaan peralatan berenang, snorkeling, hingga diving.
  • Toilet dan kamar mandi umum
  • Musala
  • Gazebo
  • Lahan parkir luas
  • Terdapat banyak spot foto menarik
  • Warung dan tempat makan

Dengan fasilitas yang terbilang cukup lengkap di atas, Pantai Ngandong bisa menjadi tempat yang cocok untuk mengisi liburanmu agar lebih seru dan menyenangkan bukan?

5. Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Ngandong

Pantai Ngandong Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tipspotret snorkeling di Pantai Ngandong (Instagram.com/rositahasugian)

Saat berada di Pantai Ngandong, kamu bisa melakukan beragam kegiatan yang seru dan menyenangkan, mulai dari berenang, berfoto, bermain pasir pasir, maupun melakukan hal lain sepeti berikut ini:

  • Bermain snorkeling dan diving: selain berenang, kamu juga bisa melakukan aktivitas menantang namun seru seperti snorkeling hingga diving lho. Pantai Ngandong sangat cocok menjadi lokasi untuk snorkeling maupun diving karena memiliki air laut jernih sehingga kamu bisa melihat pemandangan bawah laut dengan leluasa.
  • Menaiki perahu pelayan: jika kamu ingin berkeliling ke tengah laut atau mengitari bukit karang, di sini kamu bisa menyewa perahu nelayan lho. Untuk menyewa perahu, kamu akan dikenai biaya sewa perahu berkisar Rp50 hingga Rp60 ribu. Dalam satu perahu bisa memuat 3-4 penumpang dewasa.

6. Tips liburan seru

Pantai Ngandong Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tipsaktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Ngandong (Instagram.com/nadya_syifa)

Bagi kamu yang tertarik dan ingin berlibur ke Pantai Ngandong di Gunungkidul, berikut terdapat beberapa tips liburan seru dan menyenangkan yang bisa kamu gunakan sebagai referensi liburanmu, lho! Berikut tipsnya:

  • Lebih baik datanglah di waktu pagi maupun menjelang sore supaya udaranya tidak terlalu panas.
  • Selalu gunakan sunscreen dan membawa topi untuk menghindari panas matahri yang bisa membakar kulitmu.
  • Pakailah pakaian yang nyaman untuk bermain air dan siapkan juga baju ganti jika kamu ingin berenang maupun snorkeling dan diving.
  • Bawalah kamera beserta perlengkapannya untuk berswafoto dan mengabadikan momen liburanmu.

Liburan di pantai menjadi salah satu pilihan favorit kebanyaakan orang. Di pantai, kamu bisa menghirup udara segar untuk menghilangkan stres dan penat. Bagaimana, kamu tertarik berlibur ke Pantai Ngandong di Gunungkidul?

Baca Juga: Pantai Sundak Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya