Comscore Tracker

Pantai Mbuluk Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Hiddem gem di Gunungkidul, eksotis!

Pantai Mbuluk yang berada di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan destinasi wisata alam yang masih tersembunyi dan memiliki panorama indah. Di sini, kamu akan merasa nyaman dan tenang menikmati suasana pantai yang tidak begitu ramai. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Baron, tepatnya berada di sisi timur.

Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata untuk liburan bersama keluarga maupun orang tersayang. Berikut ini beberapa informasi terkait Pantai Mbuluk yang bisa dijadikan panduan untuk berlibur nanti. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Pantai Mbuluk Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan TipsPantai Mbuluk Gunungkidul (Instagram.com/ciolato27)

Lokasi: Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul, DIY

Jam operasional: Buka 24 jam

Harga tiket: Rp5 ribu

Baca Juga: Pantai Watu Lumbung Gunungkidul: Lokasi, Rute dan Tips Berlibur 

2. Rute menuju Pantai Mbuluk

Pantai Mbuluk Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan TipsPantai Mbuluk Gunungkidul (Instagram.com/albertkend)

Akses untuk sampai di Pantai Mbuluk Gunungkidul relatif cukup mudah namun harus melalui jalan yang berkelok-kelok. Dari Tugu Yogyakarta, kamu perlu menempuh kurang lebih 1 jam 30 menit dengan jarak 60,9 Km.

Melalui pusat Kota Jogja

Dari pusat Kota Jogja ke arah selatan melewati Jl Mayor Suryotomo lurus terus menuju Jl. Brigjen Katamso. Sampai ke perempatan ke timur jalan terus menemui pertigaan ke selatan melewati Jl. Sisingamangaraja. Lurus terus menuju Jl. Imogiri Barat sampai ke pertigaan ke timur melewati Jl. Bakulan-Imogiri. Ikuti terus jalan tersebut sampai melewati Jl. Imogiri-Siluk. Jalan terus menuju Jl. Siluk-Panggang, lalu melewati Jl Raya Panggang-Wonosari jalan terus menuju Jl. Pantai Selatan Jawa. Ikuti jalan tersebut lalu kamu akan sampai ke Pantai Mbuluk.

Melalui Piyungan, Jogja

Patuk-Sambipitu-Hutan Bunder-Bundaran Tugu BPD, Jl.Lingkar Selatan-Jl. Girisubo-Wonosari- Jl. Saptosari-Tepus-Sisi timur Pantai Baron-Pantai Mbuluk

3. Fasilitas yang tersedia di tempat wisata

Pantai Mbuluk Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan TipsPantai Mbuluk Gunungkidul (Instagram.com/staycationjogja)

Walaupun Pantai Mbuluk merupakan pantai yang tersembunyi dan masih sepi pengunjung, pantai ini sudah memiliki berbagai fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas-fasilitas tersebut di antaranya adalah:

  • Tempat parkir pengunjung
  • Warung makan
  • Toilet
  • Gazebo
  • Spot foto menarik

Walaupun masih minim fasilitas, di Pantai Mbuluk kamu dapat melakukan berbagai macam fasilitas yang menyenangkan yang sayang untuk dilewatkan lho!

4. Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Mbuluk

Pantai Mbuluk Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan TipsPantai Mbuluk Gunungkidul (Instagram.com/gunungkidul.ig)

Pantai Mbuluk yang masih sepi pengunjung menjadikannya sebagai destinasi wisata yang cocok untuk liburan dengan nyaman dan tenang. Di sini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di antaranya:

1. Memandang dan menikmati suasana Pantai Mbuluk dengan tenang dan nyaman. Pantai ini memiliki pemandangan laut yang khas yaitu dua karang besar yang mengapit pantai. Di salah satu karangnya terdapat gua yang terdiri dari batuan keras dan tajam.

2. Aktivitas selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan saat berada di pantai yang ada di Gunungkidul adalah bermain pasir putih yang lembut. Pantai Mbuluk yang belum memiliki banyak pengunjung membuatnya masih bersih dan asri. Sehingga kamu bisa bermain dengan leluasa di sini.

3. Menikmati desiran ombak yang indah yang cukup tenang menjadi pemandangan yang menyejukkan di pantai Mbuluk Jogja. Ombak di sini relatif tenang karena terdapat dua karang besar, yang memecah ombak sehingga mampu menjaga dari deburan ombak besar.

4. Aktivitas selanjutnya yaitu melihat mercusuar. Hal ini merupakan aktivitas yang cukup menarik yang bisa kamu temukan ketika memutuskan untuk mengunjungi Pantai Mbuluk. Untuk bisa melihat mercusuar ini, kamu harus berjalan ke arah barat. Saat menaiki mercusuar kamu akan diperlihatkan panorama dari pantai yang jarang kamu temukan di pantai lain. Selain itu, kamu bisa berfoto di sini dengan menggunakan latar belakang pantai yang indah, lho!

5. Tips liburan seru

Pantai Mbuluk Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan TipsPantai Mbuluk Gunungkidul (Instagram.com/sidqikuncoro)

Jika kamu berencana untuk berlibur ke Pantai Mbuluk di Gunungkidul. Sebelum berlibur, berikut ini ada beberapa tips liburan supaya lebih seru dan menyenangkan yang bisa kamu jadikan pedoman saat berlibur!

  • Datanglah saat cuaca cerah untuk menikmati pemandangan pantai yang indah ini. Hindari saat cuaca mendung ataupun saat hujan.
  • Pakailah alas kaki yang nyaman serta selalu gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
  • Bawalah pakaian ganti dan peralatan pribadi yang diperlukan.
  • Jangan lupa bawalah kamera untuk berfoto. Kurang rasanya berlibur tanpa mengabadikan momen bukan?
  • Supaya lebih menyenangkan, datanglah bersama teman, sahabat, atau keluarga kamu ya!

Pantai Mbuluk di Gunungkidul ini masih sangat asri karena keberadaanya yang masih jarang diketahui orang. Oleh karena itu, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk tempat liburan yang cocok untuk menikmati quality time bersama orang tersayang kamu. Selamat berlibur!

Baca Juga: 10 Pesona Pantai Midodaren Gunungkidul, Cocok buat Healing

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya