Comscore Tracker

Pantai Dadapan Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Salah satu pantai yang masih perawan di Gunungkidul, nih!

Pantai Dadapan menjadi salah satu destinasi wisata yang berada di deretan pantai Gunungkidul, DI Yogyakarta. Pantai Dadapan bisa dikatakan pantai yang masih perawan karena pesonanya masih belum diketahui orang banyak.

Dengan pasir putih yang diapit tebing dan batuan karang indah, Pantai Dadapan sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur karena tenang dan jauh dari keramaian. Buat kamu yang penasaran, coba cek info wisata Pantai Dadapan berikut ini, mulai dari lokasi, harga tiket, hingga tips berkunjung!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Pantai Dadapan Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket, dan TipsPantai Girisubo Dadapan (Instagram.com/wonogiritalk)

Lokasi: di Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: buka setiap hari selama 24 jam

Harga tiket: Rp10 ribu

  • Parkir motor: Rp2 ribu
  • Parkir mobil: Rp5 ribu

2. Rute menuju lokasi

Rute melalui Wonogiri:

Jika kamu menempuh rute melalui arah Wonogiri, kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju Joho. Dari Joho kamu bisa menempuh perjalanan ke Jl Wonosari-Praci hingga ke Ngrancah. Selanjutnya dari Ngrancah, kamu akan menemukan Puskesmas di ujung jalan. Setelah sampai di Puskesman tersebut, maka ambil arah ke kanan hingga menemukan pertigaan Jepitu.

Dari pertigaan Jepitu kamu bisa mengambil arah kiri untuk menuju ke Wediombo. Lurus saja hingga kamu menemukan TPR. Dari TPR Wediombo ambillah jalan belok ke kiri  menuju pantai Sedahan. Saat sudah sampai Pantai Sedahan, kamu sudah bisa melihat Pantai Dadapan semakin dekat karena letaknya yang bersebelahan. Tempat ini juga merupakan pantai paling ujung dari kawasan Pantai Wedi Ombo, Gunungkidul.

Rute melalui Yogyakarta:

Jika kamu berangkat dari Kota Yogyakarta, kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju Jalan Raya Wonosari. Selanjutnya ambillah rute perjalanan ke Pantai Wediombo. Selanjutnya kamu akan menyusuri jalan ke arah timur hingga perbatasan Kabupaten Wonogiri. Kemudian kamu akan sampai di daerah perkebunan dan pemukiman warga. Dari sini kamu bisa bertanya arah menuju Pantai Girisubo Dadapan yang tidak jauh dari pemukiman warga.

Rute melalui Solo:

Rute perjalanan menuju Pantai Girisubo Dadapan juga bisa kamu tempuh dari Solo. Kamu bisa memulai dengan menyusuri perjalan ke Surakarta. Kemudian masuk ke daerah Grogol menuju ke Jalan Setya Darma-Cuplik Telukan-Cuplik Sukoharjo-Anggrek-Sutowijoyo-Manyaran-Pracimantoro-hingga Wonogiri.

Selanjutnya kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju ke daerah Joho. Kemudian menuju ke Jalan Praci-Jeruk Legi-Ngrancah. Nantinya kamu akan sampai di puskesmas, lalu belok ke kanan menuju ke Pertigaan Jepitu. Setelah itu belok ke kiri ke arah Pantai Wediombo dan kamu akan sampai di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR). Lalu belok ke kiri lagi untuk menuju ke arah Pantai Sedahan. Jalan sedikit lagi, maka kamu akan sampai di Pantai Girisubo Dadapan.

Baca Juga: Pantai Sarangan Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket dan Tips

3. Fasilitas yang tersedia 

Pantai Dadapan Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket, dan TipsPantai Girisubo Dadapan (Instagram.com/journey_traveling)

Destinasi wisata Pantai Dadapan di Girisubo Gunungkidul Yogyakarta ini bisa dikatakan masih minim fasilitas yang tersedia, di antaranya sebagai berikut :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Area memancing
  • Kamar mandi
  • Tempat Istirahat
  • Spot foto

Walaupun minim fasilitas, setidaknya beberapa fasilitas diatas sudah cukup memadai untuk keperluan wisatawan saat berlibur di sini. 

4. Daya tarik Pantai Dadapan

Pantai Dadapan Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket, dan TipsPantai Girisubo Dadapan (Instagram.com/wonogiriterpopuler)

Pantai Dadapan di Gunungkidul ini mempunyai berbagai pesona dan daya tarik yang menawan. Pantai ini menjadi salah satu hidden gem karena letaknya yang terpencil dan menyimpan banyak keindahan, di antaranya adalah:

Pasirnya yang putih dan lembut

Pantai Dadapan memiliki pasir putih yang indah dan lembut. Pasir putihnya yang lembut ini sangat cocok untuk berlari-larian dan bermain anak-anak. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menarik dengan bermain pasir di sini.

Memiliki tebing yang indah

Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah adanya tebing-tebing yang berada di sekitar kawasan pantai yang menjadikan tempat ini sangat cocok untuk spot foto. Keindahan tebing ini membuat pemandangan Pantai Dadapan sangat cantik dan eksotis. 

Spot memancing

Selain karena keindahan alamnya, Pantai Dadapan juga memiliki area memancing yang juga menjadi daya tarik tersendiri, terutama untuk yang memiliki hobi memancing. Kamu bisa mendirikan tenda di pinggir pantai dan mencoba memancing ikan. Hasil tangkapan ikannya bisa dibakar dan disantap untuk makan malam. 

Jalur trekking

Jika kamu menyukai petualangan dan tempat-tempat yang anti-mainstrem, Pantai Dadapan menjadi tempat yang tepat untuk kamu coba kunjungi. Letaknya yang terpencil membuat pantai ini memiliki jalur trekking yang cukup menantang. Untuk mencapai Pantai Dadapan kamu perlu melakukan trekking terlebih dahulu melalui Pantai Wediombo. Hal ini tentu menjadi hal yang menarik dan menantang yang akan membuat perjalananmu lebih berkesan.

5. Tips liburan seru

Pantai Dadapan Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket, dan TipsPantai Girisubo Dadapan (Instagram.com/journey_traveling)

Jika kamu tertarik untuk berwisata dan berlibur di Pantai Dadapan, berikut ini beberapa tips agar kegitan liburanmu bisa lebih seru dan menyenangkan!

  • Waktu terbaik untuk datang adalah di pagi dan sore hari. Karena jika kamu berkunjung di siang hari, cuaca sangat terik dan panas.
  • Selalu gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
  • Jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga kamu saat berada di Pantai Dadapan.
  • Siapkan perlengkapan pribadi untuk berjaga-jaga karena obyek wisata ini belum memiliki cukup fasilitas yang lengkap.
  • Agar liburanmu lebih berkesan ajaklah teman, sahabat maupun keluarga kamu untuk menjelajahi keindahan Pantai Dadapan.
  • Jika kamu berencara ingin berkemah, jangan lupa untuk menyiapkan alat dan logistik memadai.

Berlibur di tempat yang indah bersama dengan orang tercinta memang menjadi momen yang tak terlupakan. Untuk itu, Pantai Dadapan bisa menjadi rekomendasi tempat berlibur yang menyenangkan untuk quality time lho!

Baca Juga: Pantai Peyuyon Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Alicianoo Photo Community Writer Alicianoo

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya