Comscore Tracker

7 Aktivitas Seru di Waduk Sermo, Banyak Spot Menarik!

Bisa menikmati pemandangan dari Pegunungan Menoreh lho!

Waduk sermo adalah salah satu destinasi wisata sekaligus bendungan yang berada di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waduk ini memiliki fungsi sebagai sumber air PDAM dan juga menjadi destinasi wisata hits di Yogyakarta. Pemandangan asri yang indah dengan hamparan rumput hijau yang membentang Ini cocok untuk tempat healing.

Selain itu, Waduk Sermo juga berada di lokasi yang sangat strategis sehingga banyak dikunjungi oleh masyarakat dari dalam kota maupun luar kota. Nah, berikut ini beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Waduk Sermo!

1. Berkeliling waduk dengan perahu

7 Aktivitas Seru di Waduk Sermo, Banyak Spot Menarik!Waduk Sermo (Instagram.com/mohdnoval)

Aktivitas pertama yang bisa kamu coba saat berada di Waduk Sermo adalah berkeliling dan menjelajahi danau. Selain dengan berjalan kaki, kamu bisa menikmati keindahan Waduk Sermo dengan menaiki perahu motor. Harganya bersahabat, cukup Rp10 ribu per orang.

Ketika berada di tengah danau, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan memukau Pegunungan Menoreh. Untuk itu, pastikan jangan sampai melewatkan penjelajahan dengan menggunakan perahu motor ini.

2. Kayaking

7 Aktivitas Seru di Waduk Sermo, Banyak Spot Menarik!Ilustrasi kayaking. (Freepik.com/freepik)

Aktivitas seru lainnya adalah menaiki kayak untuk menjelajah waduk. Kayak dapat disewa dengan harga Rp150 ribu per jam, harga tersebut sudah termasuk biaya pelatih, pelampung, dan guide.

Selain itu, kamu juga bisa menaiki perahu motor yang bersauh di dermaga Waduk Sermo. Perahu motor memiliki tarif yang lebih murah hanya dengan seharga Rp50 ribu per perahu selama 30 menit. Tentu kamu bisa menyewa perahu itu sendiri, berdua ataupun bertiga dengan harga yang sama. Jadi sebaiknya datang bersama teman agar bisa berbagi harga dan mendapatkan harga yang murah pastinya.

3. Memancing

7 Aktivitas Seru di Waduk Sermo, Banyak Spot Menarik!Aktivitas memancing di Waduk Sermo (Instagram.com/waduk.sermo)

Bagi kamu yang memiliki hobi memancing, Waduk Sermo menjadi lokasi yang tepat untuk melakukan aktivitas yang satu ini. Di sini, kamu dapat menyaksikan banyak pemancing berkeliaran di berbagai spot.

Waduk Sermo dihuni ikan air tawar seperti ikan nila yang cocok bagi kamu yang gemar memancing. Namun, pihak pengelola wisata waduk Sermo belum menyediakan tempat penyewaan alat pancing dan umpan. Sehingga pengunjung harus menyiapkan perlengkapan memancing sendiri dari rumah.

Baca Juga: Informasi Wisata Waduk Sermo: Lokasi, Rute, Harga, dan Tipsnya

4. Berkemah

7 Aktivitas Seru di Waduk Sermo, Banyak Spot Menarik!Waduk Sermo (Instagram.com/hey_wafff)

Kamu bisa menikmati keindahan waduk ini di malam hari dengan mendirikan tenda di area bumi perkemahan Waduk Sermo. Untuk menikmati camping semalam di Waduk Sermo, pengunjung akan dikenai biaya camping dan sewa tenda jika tidak membawanya.

Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp15 ribu, kamu sudah dapat mendirikan tenda di area camping yang disediakan di Waduk Sermo. Selain areanya yang luas, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar, menyaksikan matahari terbit di balik Pegunungan Menoreh, dan melihat beberapa aktivitas masyarakat lebih dekat.

5. Menyaksikan matahari terbit dan terbenam

7 Aktivitas Seru di Waduk Sermo, Banyak Spot Menarik!Waduk Sermo (Instagram.com/jogjascenery)

Salah satu aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di Waduk Sermo adalah melihat indahnya matahari terbit dari Pegunungan Menoreh. Agar gak ketinggalan momen yang satu ini, kamu bisa mendirikan tenda dan bermalam di tepi waduk.

Kamu bisa melihat perlahan-lahan matahari muncul di balik Pegunungan Menoreh yang indah. Keindahan lainnya bisa kamu dapatkan dari danau yang jernih memantulkan sinarnya. Pemandangan ini bisa kamu dapatkan ketika menginap di homestay maupun berkemah. Aktivitas ini bisa menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan dengan menghabiskan waktu di sekitar waduk.

6. Piknik di tepi Waduk Sermo

7 Aktivitas Seru di Waduk Sermo, Banyak Spot Menarik!Aktivitas Piknik di Waduk Sermo (Instagram.com/waduk.sermo)

Aktivitas seru lain yang bisa kamu lakukan sembari menikmati pesona alam Waduk Sermo adalah mengadakan piknik di tepian waduk. Kamu bisa duduk manis dan bertamasya sambil menggelar tikar, menyantap makanan, dan berfoto.

Selain itu, obyek wisata Sermo Glamour Camp juga menyediakan paket wisata dengan fasilitas peralatan memasak dan alat grill BBQ. Sehingga, pengunjung bisa memanggang ikan-ikan mereka sebagai hidangan yang siap disantap untuk menu makan.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Waduk Sermo lebih lama, pengelola menyediakan penginapan yang terletak di sekitar waduk. Di sini pengunjung akan bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar sambil belajar membuat berbagai kuliner khas Kulon Progo seperti membuat gula jawa, geblek, tape, apem, dan masih banyak lagi.

7. Berburu spot foto menarik

7 Aktivitas Seru di Waduk Sermo, Banyak Spot Menarik!Waduk Sermo (Instagram.com/eksotika_jogja)

Saat berwisata ke Waduk Sermo, aktivitas yang satu ini tentu tidak boleh dilewatkan. Bukankah kurang lengkap rasanya jika kamu mengunjungi Waduk Sermo tanpa berfoto dan mengabadikan momen. Kamu bisa menemukan banyak sekali spot menarik yang bisa kamu gunakan untuk hunting foto.

Di sini kamu bisa menemukan berbagai spot foto menarik yang sengaja di buat untuk para pengunjung. Selain itu, kamu juga bisa menemukan spot-spot dengan pemandangan alam menawan yang akan memperlihatkan keindahan dari Waduk Sermo. Salah satunya ketika kamu sedang naik perahu. 

Berwisata ke tempat yang panorama alam memukau menjadi salah satu cara untuk menenangkan pikiran dari penatnya rutinitas. Hal ini juga yang akan kamu rasakan saat kamu menghabiskan waktu di Waduk Sermo. Aktivitas mana yang ingin kamu lakukan?

Baca Juga: Pantai Bugel Kulon Progo: Info Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Alicianoo Photo Community Writer Alicianoo

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya