Comscore Tracker

7 Daya Tarik Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  

Pantai dengan perbukitan karst dan perkebunan melon

Pantai Porok Gunungkidul menjadi salah satu pantai indah yang letaknya tersembunyi di balik perbukitan. Pantai ini berada di Desa Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Letak pantai ini berbatasan dengan Pantai Sepanjang dan Pantai Lolang di sebelah baratnya dan Pantai Kukup yang berada di sebelah timur

Lokasi ini menjadi tempat wisata yang mempunyai keindahan komplit dan layak dikunjungi karena memiliki daya tarik dan pesona yang mengagumkan. Beberapa pesona Pantai Porok yang bisa kamu jadikan sebagai referensi tempat liburanmu!

1. Pemandangan tebing dan bukit karst yang hijau 

7 Daya Tarik Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/inigunungkidul_id)

Seperti pantai yang berada di Gunungkidul lainnya, Pantai Porok dikelilingi oleh tebing dan perbukitan karst yang hijau dan masih alami. Saat berada di pantai ini, kamu akan disuguhi dengan pemandangan tebing menjulang. Hal inilah yang menambah pesona pantai terlihat sangat alami. 

2. Pemandangan pepohonan di sekitar pantai yang rindang

7 Daya Tarik Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/pantai_porok)

Pantai Porok memiliki suasana yang asri dan tenang karena dikelilingi dengan pepohonan hijau, salah satunya di jalan menuju pantai. Pohon-pohon yang terdapat di pantai ini menambah kesan alami dan memberi efek kesegaran serta kesejukan bagi pengunjung.

Wisatawan dapat bersantai, berfoto, serta bermain sembari berteduh di bawah pohon rindang. Di sepanjang bibir pantai juga terdapat batuan karang yang dapat digunakan untuk bermain. 

Baca Juga: Pantai Porok Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga, dan Tips Liburan

3. Memiliki garis pantai yang landai

7 Daya Tarik Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/dewi_rhmd)

Salah satu daya tarik dari Pantai Porok adalah memiliki garis bibir pantai yang landai sehingga relatif aman bagi pengunjung yang ingin melakukan aktivitas air seperti berenang atau sekedar bermain air di tepi pantai. Selain itu juga memiliki ombak yang cukup tenang dan membuat suasana lebih nyaman untuk bersantai.

Pantai ini juga memiliki pasir pantai putih halus yang memungkinkan pengunjung untuk bermain sepak bola, ataupun voli.

4. Memiliki kawasan rumput laut yang indah

7 Daya Tarik Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/ardillahrsydn)

Pantai Porok mempunyai kawasan khusus rumput laut hijau yang menjadi salah satu daya tarik utama. Di sini wisatawan bisa melihat dan memegang rumput laut secara langsung yang banyak menempel di batu karang di sekitar pantai. Kamu bisa memilhat tanaman rumput laut dengan lebih jelas saat kondisi air laut sedang surut.

Rumput laut dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai budi daya dan menjadikannya sebagai mata pencaharian. Selain itu kamu juga bisa menyaksikan secara langsung saat para warga yang sedang memanen rumput laut.

5. Terdapat area terbuka untuk berkemah

7 Daya Tarik Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/marselina_lika)

Jika kamu sedang mencari tempat berkemah yang sepi dan tenang, kamu bisa mencobanya di pantai ini, yang memiliki area terbuka dengan banyak pohon cemara udang di sekitarnya. Sayangnya pantai ini belum memiliki tempat penyewaan alat camping, untuk itu kamu harus membawa perlengkapan camping dari rumah. 

Baca Juga: Wajib Kamu Coba! Ini 5 Makanan Khas Gunungkidul 

6. Bisa dijadikan spot trekking 

7 Daya Tarik Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/berandajogja)

Pantai Porok yang letaknya berada di balik perbukitan membuat akses jalan menuju pantai cukup sulit. Wisatawan tidak dapat memarkir kendaraan secara langsung di Pantai Porok, melainkan harus dititipkan di kawasan Pantai Sepanjang ataupun Pantai Kukup. Untuk dapat sampai di Pantai Porok, kamu harus berjalan kaki menyusuri perbukitan karst yang cukup tinggi. Karena alasan inilah, Pantai Porok cocok untuk dijadikan lokasi trekking.

Selama perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang megah berupa deburan ombak, perbukitan karst hingga pertanian melon warga setempat. 

7. Pemandangan indah dari sunrise dan sunset 

7 Daya Tarik Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/pantai_porok)

Seperti halnya pantai pada umumnya, Pantai Porok juga menjadi salah satu incaran pemburu sunset dan sunrise di Gunungkidul. Tempat ini menyuguhkan pemandangan yang indah. Selain itu kamu bisa mengabadikan momen tersebut dengan lebih baik karena di Pantai Porok pemandangan matahari terbit dan tenggelam terlihat sangat jelas dan seolah sangat dekat.

Itulah beberapa daya tarik Pantai Porok yang tidak kalah menarik dengan pantai populer lainnya yang ada di Gunungkidul. Pantai Porok ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata untuk kamu yang menginginkan suasana tenang dan asri. Selamat berlibur!

 

Baca Juga: 5 Daya Tarik Pantai Peyuyon, Hidden Gem Eksotis di Gunungkidul

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya