Comscore Tracker

Hilang 3 Hari, Pemuda Ditemukan Tewas di Embung UII

Afiq Rizky tak kembali setelah pamit membeli tepung

Sleman, IDN Times - Seorang pria bernama M Afiq Rizky (20), warga Lepo-lepo, Baruga, Kendari, Sulawesi Utara, ditemukan tak bernyawa melayang di perairan Embung Universitas Islam Indonesia (UII), Sleman, Selasa (24/5/2022). Korban sebelumnya sempat dilaporkan hilang usai pamit membeli tepung pada Minggu (22/5/2022) lalu.

Baca Juga: 2 Avanza Adu Banteng, Kedua Sopir Terjepit Bodi Mobil

1. Hilang 3 hari

Hilang 3 Hari, Pemuda Ditemukan Tewas di Embung UIIEvakuasi korban meninggal di embung UII, Sleman, Selasa (24/5/2022). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta, L Wahyu Efendi menjelaskan, korban sebelum ditemukan tewas hari ini sempat pamit kepada keluarganya untuk pergi membeli tepung di sekitar Jalan Kaliurang, Minggu (22/5/2022) pukul 22.11 WIB.

"Korban pamit membeli tepung di sekitar Jalan Kaliurang. Kemudian korban tidak kembali hingga keluarga melaksanakan pencairan awal dan ditemukan sandal milik korban di tepi embung UII pada hari selasa (hari ini)," kata Wahyu dalam keterangannya, Selasa.

Keluarga pun menduga korban yang tengah berada di Yogyakarta untuk keperluan berlibur itu tenggelam di perairan embung.

2. Kerahkan 3 tim SRU

Hilang 3 Hari, Pemuda Ditemukan Tewas di Embung UIIEvakuasi korban di embung UII, Sleman, Selasa (24/5/2022). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Pihak keluarga lantas melaporkan temuan sandal dan dugaan korban tenggelam itu ke petugas Polsek Ngemplak, Sleman. Laporan setelahnya diteruskan kepada Basarnas yang langsung melaksanakan operasi penyelamatan.

"Mendapat laporan tersebut kami memberangkatkan 1 Tim Rescue yang dilengkapi peralatan selam dan water rescue," kata Wahyu.

Sesampainya di lokasi, tim SAR gabungan mengerahkan 3 Search and Rescue Unit (SRU) untuk mencari korban. Pencarian dilakukan dengan penyisiran daratan sekitar embung, permukaan perairan menggunakan perlengkapan body rafting, hingga bawah perairan dengan tim penyelam.

3. Mengambang di perairan

Hilang 3 Hari, Pemuda Ditemukan Tewas di Embung UIIEvakuasi korban meninggal di embung UII, Sleman, Selasa (24/5/2022). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Upaya pencarian membuahkan hasil ketika tim penyisir daratan menemukan tubuh terduga korban mengambang di perairan embung.

"Tim melihat korban masih melayang di dalam embung, mengingat air embung sudah di kurangi debit airnya," kata Wahyu.

Tim yang dilengkapi perlengkapan body rafting lantas mengevakuasi tubuh korban ke tepian. Afiq dipastikan sudah dalam kondisi tak bernyawa saat itu.

"Korban dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara menggunakan ambulans BPBD Kabupaten Sleman untuk proses identifikasi," imbuh Wahyu.

Baca Juga: BBVet Wates Ambil 5 Sampel Domba dari Pedagang di Bantul

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya