H-6 Lebaran, 38 Ribu Orang Masuk ke DIY, 47 Ribu Keluar

Selasa diperkirakan jadi puncak arus mudik

Sleman, IDN Times - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat sebanyak 47.699 orang meninggalkan wilayah DIY dalam beberapa hari terakhir jelang Idul Fitri 2023. Sementara terdapat pula 38.595 orang masuk ke wilayah dalam periode pencatatan yang sama.

1. Via angkutan umum

H-6 Lebaran, 38 Ribu Orang Masuk ke DIY, 47 Ribu KeluarStasiun Tugu Yogyakarta. (IDN Times/Holy Kartika)

Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Alfian Nurrizal, menyebut angka itu didapat informasi kedatangan atau keberangkatan penumpang transportasi umum saat periode mudik sebenarnya belum berlangsung.

"Kita sudah melihat bahwa yang lebih dominan dari hari kemarin dan sampai saat ini kita bandingkan yang banyak dilalui untuk pemudik adalah melewati dari bandara YIA maupun dari ADS (Adisutjipto) dan juga dari Stasiun Tugu," kata Alfian di Mapolda DIY, Senin (17/4/2023).

2. Ribuan kendaraan pribadi keluar-masuk

H-6 Lebaran, 38 Ribu Orang Masuk ke DIY, 47 Ribu KeluarJalan tol Solo-Yogyakarta (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Di momen yang sama, lanjut Alfian, pihaknya juga mencatat jumlah kendaraan pribadi yang masuk maupun keluar DIY memanfaatkan hasil pantauan CCTV di sejumlah pintu perbatasan dua hari terakhir.

"Yaitu ada di Tempel, Temon, Prambanan dan Piyungan," tambahnya.

Hasil pemantauan 24 jam diperoleh angka 15.162 kendaraan masuk dari pintu Prambanan, Sleman, Minggu (16/4/2023) kemarin dan sebanyak 10.762 kendaraan pada hari ini.

Pada Minggu kemarin terpantau 4.841 kendaraan masuk ke wilayah DIY melewati pintu perbatasan Temon di Kulon Progo. Adapun 4.040 kendaraan pribadi lainnya yang tiba hari ini. Di Simpang Tempel, Sleman, polisi mencatat kedatangan 10.778 kendaraan dan hari ini sebanyak 6.949 kendaraan.

Untuk arus keluar, di Prambanan termonitor 5.423 kendaraan kemarin dan hari ini 6.665 kendaraan. Di Temon, 8.990 kendaraan tercatat keluar Minggu kemarin dan 15.474 kendaraan pergi meninggalkan DIY pada hari ini.

Sementara di Piyungan, Bantul, ada 56 kendaraan keluar kemarin dan 77 kendaraan meninggalkan DIY pada hari ini. Kemudian di Simpang Tempel, ada 5.423 kendaraan keluar kemarin dan pada hari ini 4.588 kendaraan.

Baca Juga: Pembukaan Tol Jogja - Solo, Polda DIY Siapkan 2 Rekayasa Lalu Lintas  

3. Belum tentu mudik

H-6 Lebaran, 38 Ribu Orang Masuk ke DIY, 47 Ribu KeluarIlustrasi pemudik (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Hanya saja, Alfian menekankan bahwa metode pemantauan yang dipakai kepolisian sejauh ini belum bisa memastikan kendaraan yang pergi maupun keluar DIY tersebut bertujuan untuk mudik.

Pasalnya, aktivitas mudik angkutan darat berdasarkan prediksi kepolisian baru akan berlangsung pada 18 April besok dan akan meningkat intensitasnya di tanggal 20 April 2023 mendatang.

"Tapi yang jelas kita bisa menghitung mengantisipasi apabila sudah banyak yang masuk ke daerah DIY, kita wajib untuk melakukan rekayasa manajemen lalu lintas," tutup Alfian.

Baca Juga: Besok Selasa Diperkirakan Puncak Arus Mudik di Jogja  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya