BNPB Keluhkan Pengiriman Bantuan Bencana ke Papua Diganggu KKB   

6 warga di Papua mati akibat kelaparan

Sleman, IDN Times - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal Suharyanto mengungkap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sempat mengganggu proses pengiriman bantuan ke dua distrik di Kabupaten Puncak, Papua Tengah yang tengah dilanda bencana kekeringan.

Distrik termaksud adalah Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi. Di wilayah tersebut, tak hanya terkena kekeringan akibat musim kemarau panjang, namun juga cuaca dingin ekstrem.

"Masih ada gangguan keamanan," kata Suharyanto di Royal Ambarrukmo, Sleman, Selasa (1/8/2023).

1. KKB ganggu pengiriman jalur udara

BNPB Keluhkan Pengiriman Bantuan Bencana ke Papua Diganggu KKB   Ilustrasi Papua (IDN Times/Mardya Shakti)

Suharyanto menyebut ada dua jalur yang bisa ditempuh untuk pengiriman logistik ke dua distrik itu. Pertama, jalur darat memakai sepeda motor. Hanya saja opsi ini bisa memakan waktu hingga berjam-jam. Pilihan kedua, yaitu jalur udara menggunakan pesawat terbang yang ternyata tak luput dari gangguan KKB.

"Kadang-kadang pada saat pendistribusian logistik lewat udara ini diganggu oleh kelompok kriminal bersenjata, KKB. Sehingga itu juga yang menghambat," ungkap Suharyanto.

2. Bencana tahunan, hujan es dan tanaman mati

BNPB Keluhkan Pengiriman Bantuan Bencana ke Papua Diganggu KKB   Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal Suharyanto dan Menko PMK, Muhadjir Effendy (IDNTimes/Tunggul Damarjati)

Dia memastikan bantuan dari BNPB dan Kementerian Sosial telah sampai dan terdistribusikan ke masyarakat berkat pengamanan dari TNI.

Hari ini Suharyanto dan Menko PMK, Muhadjir Effendy akan terbang ke lokasi guna mencari pemicu serta jalan keluar dari bencana tahunan ini.

"Tentu saja tujuan kita ke sana untuk jangka menengah dan jangka panjangnya agar masalah ini bisa segera teratasi. Memang hampir setiap tahun terjadi karena masyarakat kan tinggal di ketinggian. Saat terjadi fenomena El Nin, di sana malah turun hujan es sehingga tanaman jagung itu mati," jelasnya.

Keduanya juga akan memetakan kerawanan dari ancaman yang ditimbulkan oleh KKB. "Nanti kerja sama dengan TNI Polri di sana, apakah mereka akan ditempatkan dalam satu titik, sehingga keamanan terjamin makanya nanti jawabannya setelah kita meninjau lapangan secara rinci," tutupnya.

Baca Juga: Kecelakaan Mercedes Benz di Sleman, Pak Ogah Meninggal

3. Enam warga mati kelaparan

BNPB Keluhkan Pengiriman Bantuan Bencana ke Papua Diganggu KKB   ilustrasi meninggal (IDN Times/Mia Amalia)

Sebanyak enam warga Papua Tengah meninggal dunia karena bencana kelaparan. Bencana kelaparan terjadi di Distrik Agandugume dan Lambewu, Kabupaten Puncak. Lokasinya berada di pegunungan yang masih ada salju.

"Pesawat tidak berani turun, sehingga problem lagi. Sebab, itu saya minta TNI untuk membantu mengawal. Di sana memang problemnya selalu seperti itu, medannya yang sangat sulit, pesawat yang mau turun pilotnya gak berani, sehingga problem itu yang terjadi," kata dia.

Baca Juga: Polda DIY Pastikan Korban Mutilasi di Sleman adalah Redho

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya