Comscore Tracker

Ajukan Permohonan Paten Terbanyak, UGM Raih Penghargaan

Jadi indikator banyaknya peneliti yang mulai hilirisasi

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) memperoleh penghargaan sebagai Peringkat Pertama Permohonan Paten Tertinggi Tahun 2019 Kategori Universitas dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Sekretaris Direktorat Penelitian UGM, Mirwan Ushada mengatakan, penghargaan yang diperoleh ini menjadi indikator banyaknya peneliti di UGM yang mulai melakukan hilirisasi hasil risetnya.

"Di samping itu juga menunjukkan sosialisasi yang dilaksanakan UGM berjalan sesuai dengan target yang diharapkan," ungkapnya pada Jumat (13/11/2020).

Baca Juga: GeNose dari UGM Ditargetkan Diproduksi Akhir November

1. Terus lakukan riset

Ajukan Permohonan Paten Terbanyak, UGM Raih PenghargaanHumas UGM

Mirwan mengatakan, penghargaan yang diterima ini menunjukkan kerja keras dari para peneliti baik di fakultas, sekolah, maupun pusat studi dalam berinovasi mengembangkan penemuan baru sebagai solusi atas persoalan bangsa. Dia berharap, adanya penghargaan ini bisa memacu UGM untuk terus berinovasi dan menghasilkan berbagai riset yang dapat memberikan kemanfaatan secara luas.

"Impak yang diharapkan tidak hanya di dunia akademik, tetapi juga bagi masyarakat dan hilirisasi. Jadi ini merupakan kerja bersama UGM dalam upaya melindungi peneliti dan hasil luaran/ide penelitian agar terlindungi secara hukum,” katanya.

2. Pengajuan hak paten meningkat dalam waktu tiga tahun

Ajukan Permohonan Paten Terbanyak, UGM Raih Penghargaanugm.ac.id

Kepala Subdirektorat HKI dan Riset Industri Direktorat Penelitian UGM, Adhy Kurniawan, menjelaskan, dalam tiga tahun terakhir, pengajuan paten di UGM menunjukkan tren meningkat. Guna mempertahankan tren pengajuan paten ini, UGM berupaya memfasilitasi para penelitinya dalam sistem riset yang kondusif.

"Selain itu juga menggencarkan kegiatan penyiapan HKI seperti sosialiasi untuk meningkatkan antusiasme peneliti-peneliti UGM  mendaftarkan paten hasil risetnya," terangnya.

3. Raih Peringkat Dua Permohonan Pencatatan Hak Cipta

Ajukan Permohonan Paten Terbanyak, UGM Raih PenghargaanKetua Pokja Genetik FK-KMK UGM, Gunadi di Lab FK-KMK UGM, Rabu (2/9/2020). IDN Times/Tunggul Damarjati

Sementara itu Kepala Seksi Hak Kekayaan Intelektual Direktorat Penelitian UGM, Sri Mulyani mengungkapkan, tidak hanya mendapatkan raihan penghargaan sebagai permohonan paten tertinggi kategori universitas, UGM juga telah mencatatkan diri dengan meraih peringkat dua sebagai Permohonan Pencatatan Hak Cipta Tertinggi Kategori Perguruan Tinggi.

Baca Juga: Ini 4 Tips Atasi Jerawat Akibat Masker Menurut Ahli dari UGM

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya