Comscore Tracker

Tahapan SNMPTN Dimulai, PTN di DIY Lakukan Sosialisasi Secara Daring 

Tahapan SNMPTN sudah dimulai sejak 4 Januari 2021  

Sleman, IDN Times - Tahapan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dimulai sejak 4 Januari 2021. Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menyiapkan kuota sekaligus sosialisasi kepada calon mahasiswa. Berbeda dengan tahun sebelumnya, beberapa PTN memilih untuk melakukan sosialisasi tahapan SNMPTN secara daring pada tahun ini.

1. UGM siapkan kuota 25 persen untuk jalur SNMPTN

Tahapan SNMPTN Dimulai, PTN di DIY Lakukan Sosialisasi Secara Daring Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM). (IDN Times/Siti Umaiyah)

Kabag Humas dan Protokol UGM Iva Ariani menjelaskan pihaknya mempersiapkan sejumlah kuota bagi calon mahasiswa jalur SNMPTN. Seperti tahun kemarin, kuota yang disiapkan sebanyak 25 persen dari total keseluruhan daya tampung di UGM.

"Untuk tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya sebnayak 25 persen dari total daya tampung," ungkapnya pada Senin (18/1/2021).

Iva menjelaskan agar calon mahasiswa bisa mendapatkan informasi terkait pelaksanaan seleksi lewat jalur SNMPTN di masa pandemik, UGM telah melakukan sosialisasi secara daring dan melalui media sosial. Menurutnya saat ini belum ada kendala yang berarti dalam melakukan sosialisasi.

"Sosialisasi kami lakukan melalui daring dan media sosial. Sampai sekarang masih berjalan lancar," katanya.

Baca Juga: Registrasi Akun LTMPT untuk SNMPTN 2021 Dibuka Hari Ini!

2. UPN siapkan kuota mahasiswa baru sebanyak 20 persen

Tahapan SNMPTN Dimulai, PTN di DIY Lakukan Sosialisasi Secara Daring upnyk.ac.id

Selain di UGM, Universitas Pembagunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) menyiapkan kursi 20 persen bagi calon mahasiswa dari jalur SNMPTN. Kasubag Kerjasama dan Humas UPNVY, Marcus Kusnardijanto menjelaskan 20 persen kuota yang disiapkan untuk jalur ini dari total keseluruhan daya tampung di UPN sebanyak 3.640 kursi.

Sama seperti UGM, untuk sosialisasi bagi calon mahasiswa di jalur ini, UPNVY juga melakukan sosialisasi dengan jalur yang sama. Agar sosialisasi bisa diterima dengan baik, pihaknya berusaha memberikan sosialisasi secara sederhana agar bisa langsung mengena ke calon mahasiswa.

"Sosialisasi dengan daring UPNVY memberikan sosialisasi yang simpel dan jelas kepada peserta calon mahasiswa. Sementara ini tidak ada kendala, hanya cukup berbeda suasana dalam menyampaikan sosialisasi antara tatap muka dan daring," paparnya.

3. UNY siapkan kuota sebanyak 30 persen

Tahapan SNMPTN Dimulai, PTN di DIY Lakukan Sosialisasi Secara Daring galeri.uny.ac.id

Sementara itu,  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah menyiapkan kuota sebanyak 30 persen dari total daya tampung yang disediakan. Plt Rektor UNY Margana mengungkapkan terdapat 60 prodi di UNY yang bisa dipilih bagi calon mahasiswa di jalur SNMPTN.

"Kuota SNMPTN itu ada 30 persen dari total kuota yang kami miliki sekitar 5.600 mahasiswa," paparnya.

Lantaran dilakukan di masa pandemik seluruh tahapan seleksi SNMPTN akan dilakukan secara daring untuk menghindari penularan COVID-19.

Baca Juga: PTKM Belum Seminggu, Satgas Sleman Temukan Ratusan Pelanggaran

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya