Comscore Tracker

Salah Satu Guru Besar UGM Positif Tertular Covid-19

Pasien positif Corona di DIY menjadi 2 orang

Sleman, IDN Times - Guru besar UGM dengan inisial ID diketahui positif terjangkit Covid-19. Wakil Rektor UGM Bidang Kerja Sama dan Alumni, Prof Paripurna menjelaskan, saat ini, guru besar tersebut tengah menjalani perawatan dan isolasi di RSUP Dr Sardjito.

Baca Juga: Pasien Positif Covid-19 di DIY Bertambah Menjadi 2 Orang 

1. Mulai dirujuk ke Sardjito mulai 15 Maret 2020

Salah Satu Guru Besar UGM Positif Tertular Covid-19Ilustrasi ruang isolasi di RSUP dr Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Paripurna menjelaskan, ID mulai dirujuk ke RSUP Dr Sardjito pada tanggal 15 Maret 2020. Selanjutnya pihak rumah sakit melakukan perawatan isolasi serta pemeriksaan dengan standar Covid-19, salah satunya dengan mengirimkan sampel swab ke Balitbangkes pada Senin, 16 Maret 2020.

"Selama menjalani perawatan, pasien dikelola di ruang isolasi khusus. Sedangkan hasil swab oleh Litbangkes diinformasikan kepada Dinas Kesehatan DIY dan diumumkan pada tanggal 18 Maret 2020 kepada publik," terangnya.

2. Minta orang terdekat yang lakukan kontak dengan ID untuk skrining

Salah Satu Guru Besar UGM Positif Tertular Covid-19freepik.com/master1305

Lantaran ID telah dinyatakan positif terjangkit Covid-19,  Paripurna meminta agar para kolega dan kerabat yang dalam waktu tiga minggu terakhir bertemu dan melakukan kontak dekat dengan ID, untuk dapat melakukan screening di fasilitas kesehatan terdekat guna mendapatkan layanan diagnosis dan perawatan Covid 19.

3. UGM lakukan komunikasi intensif

Salah Satu Guru Besar UGM Positif Tertular Covid-19ugm.ac.id

Paripurna juga berpesan agar semua pihak dapat memberikan dukungan kepada ID dengan cara ikut serta menjaga privasi yang bersangkutan demi mempercepat proses penyembuhan.

“UGM memberikan dukungan sepenuhnya bagi perawatan beliau dan keluarganya. Kami selalu berkomunikasi dengan keluarga secara intensif dan keluarga sangat menghargai perhatian dan atensi yang diberikan oleh kolega, kerabat dan media atas kondisi beliau,” tuturnya.

Baca Juga: Minimalkan Penularan, Tempat Wisata di DIY Disemprot Disinfektan 

Topic:

  • Febriana Sintasari
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya