Comscore Tracker

[UPDATE] Pasien COVID-19 yang Sembuh di DIY Bertambah 68 Orang 

Ada 44 kasus konfirm baru

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengumumkan adanya 68 pasien yang dinyatakan sembuh dari paparan virus corona pada Minggu (25/10/2020).

Pasien tersebut paling banyak berasal dari Kabupaten Sleman, yaitu 62 orang. Sedangkan sisanya berasal dari Kabupaten Bantul sebanyak dua orang, dan Kabupaten Kulon Progo  empat orang.

"Sehingga total kasus sembuh menjadi sebanyak 2.910 kasus," kata Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih melalui keterangan tertulis, Minggu.

Baca Juga: H-14 Pemilihan, KPU Sleman Akan Rapid Test Semua Petugas KPPS

1. Ada penambahan 44 kasus baru

[UPDATE] Pasien COVID-19 yang Sembuh di DIY Bertambah 68 Orang Ilustrasi. Ruang deteksi polymerase chain reaction (PCR)/ANTARA FOTO/Moch Asim

Sementara, jumlah kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 yang dicatat oleh Pemda DIY sama persis dengan hari sebelumnya, yaitu 44 kasus. 

"Terdapat tambahan 44 kasus positif, sehingga total kasus positif COVID-19 di DIY menjadi sebanyak 3.550 kasus," terang Berty.

2. Penambahan kasus didominasi Sleman

[UPDATE] Pasien COVID-19 yang Sembuh di DIY Bertambah 68 Orang Petugas medis melakukan uji usap (swab) dari seorang pria ditengah penyebaran virus corona (COVID019), di pusat uji, di New Delhi, India, Jumat (9/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Anushree Fadnavis)

Lebih lanjut, Berty memaparkan distribusi kasus baru tersebut berdasarkan domisili. Dari 44 kasus konfirm tersebut, 35 kasus di antaranya berasal dari Sleman. Sedangkan sembilan sisanya tersebar di kabupaten/kota lainnya di DIY.

"Dari Kota Yogyakarta tiga kasus, Kabupaten Bantul dua kasus, Kabupaten Kulon Progo dua kasus, dan Kabupaten Gunungkidul dua kasus," paparnya.

Sementara untuk distribusi kasus berdasarkan riwayat, 26 kasus di antaranya berasal dari tracing kontak atas kasus sebelumnya. Selebihnya, masing-masing empat kasus dari periksa mandiri dan perjalanan luar daerah. Sedangkan 10 kasus sisanya masih dalam penelusuran Dinas Kesehatan terkait.

3. Jumlah sampel yang diperiksa

[UPDATE] Pasien COVID-19 yang Sembuh di DIY Bertambah 68 Orang Ilustrasi pemeriksaan sampel COVID-19 dengan PCR (Dok.IDN Times/Istimewa)

Baik kasus baru maupun kasus sembuh pada hari ini diperoleh berdasarkan pemeriksaan tes polymerase chain reaction (PCR) terhadap 592 sampel dari 559 orang. Hingga hari ini, total sampel yang diperiksa di DIY mencapai 85.935 sampel. Sedangkan jumlah orang yang diperiksa adalah 70.762 orang.

Sementara, untuk ketersediaan tempat tidur di rumah sakit rujukan COVID-19 di DIY, untuk tempat tidur critical masih tersedia 28 dari 48 bed. Sedangkan tempat tidur non critical, masih tersisa 249 dari 404 bed.

Baca Juga: [UPDATE] Jumlah Konfirm COVID-19 di DIY Mencapai 3.506 Kasus

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya