Sudah 25 Persen Tiket KA Lebaran yang Terjual di Daop 6 Yogyakarta

Jangan sampai kehabisan, ya!

Yogyakarta, IDN Times - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta menyatakan penjualan tiket perjalanan untuk momen Lebaran 2022 mulai meningkat.

"Masa angkutan Lebaran ditetapkan pada 22 April sampai 13 Mei. Hingga saat ini tiket sudah terjual sekitar 25 persen atau 70.343 tiket," ungkap Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, di Yogyakarta, Rabu (6/4/2022) dilansir Antara.

Baca Juga: Tiket Lebaran Mulai Dijual, PT KAI Siapkan 23 Kereta dari Jogja   

1. Pemudik ramai mendekati momen Lebaran

Sudah 25 Persen Tiket KA Lebaran yang Terjual di Daop 6 YogyakartaIDN Times/Galih Persiana

Supriyanto mengatakan, dari tiket yang terjual, penumpang memilih melakukan perjalanan mudik saat mendekati momen Lebaran atau akhir April. Sedangkan arus balik terjadi pada 7-8 Mei.

"Jika tiket untuk tanggal-tanggal favorit tersebut sudah terjual, maka penumpang dapat mencari tanggal alternatif untuk mudik atau balik," katanya.

Tiket untuk masa angkutan Lebaran, kata Supriyanto, sudah dijual sejak H-45 keberangkatan. Masyarakat dapat melakukan pembelian lewat aplikasi KAI Access maupun kanal penjualan tiket resmi lainnya.

Ia juga menyarankan penumpang untuk memanfaatkan fitur Connecting Train pada aplikasi KAI Access. Di sana, calon penumpang akan diberikan alternatif perjalanan kereta api dengan mengombinasikan jadwal kereta yang tersedia.

Untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang, PT KAI juga menyiapkan kereta tambahan. Ini akan diinformasikan di kemudian hari, termasuk ketersediaan tiketnya.

2. Kebijakan baru terkait COVID-19

Sudah 25 Persen Tiket KA Lebaran yang Terjual di Daop 6 YogyakartaAngkutan kereta api di Stasiun Tugu Yogyakarta. (IDN Times/Holy Kartika)

Supriyanto menambahkan, terkait kebijakan perjalanan dalam negeri dengan kereta api, penumpang yang berangkat tanggal 5--7 April dan tidak membawa hasil negatif tes COVID-19 bisa membatalkan tiket dengan pengembalian 100 persen.

Pemberlakuan kebijakan ini sebagai transisi sekaligus sosialisasi kebijakan baru perjalanan dalam negeri sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022.

Untuk keberangkatan 8 April dan seterusnya, penumpang yang belum divaksinasi booster dan tidak membawa hasil negatif tes COVID-19 akan diarahkan untuk melakukan pembatalan tiket dengan biaya 25 persen. Pembatalan dapat dilakukan paling lambat 30 menit sebelum keberangkatan.

3. Layanan tes antigen tetap ada

Sudah 25 Persen Tiket KA Lebaran yang Terjual di Daop 6 YogyakartaStasiun Tugu Yogyakarta. IDN Times/Holy Kartika

Selain itu, layanan pemeriksaan rapid test antigen di tiga stasiun yaitu Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, dan Solo Balapan juga tetap tersedia untuk memenuhi kebutuhan penumpang terkait penerapan aturan perjalanan terbaru dengan kereta api.

“Penumpang dapat mengakses layanan rapid test antigen tersebut di tiga stasiun dengan biaya Rp35.000,” ungkap Supriyanto. 

PT KAI sendiri akan mengoperasikan 23 kereta yang berangkat dari Yogyakarta pada masa angkutan Lebaran 1443 Hijriah.

Baca Juga: Jangan Takut Kehabisan, KAI Bakal Tambah Tiket Tambahan Buat Mudik 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya