Harga Bahan Pokok di Kulon Progo Naik, Daging Ayam Rp37 Ribu

Apa saja daftar kebutuhan pokok yang harganya naik?

Kulon Progo, IDN Times - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kulon Progo mencatat adanya kenaikan harga terhadap sembilan komoditas bahan pokok di wilayahnya pada awal Ramadan 2022. Hal ini terjadi akibat tingginya permintaan maupun distribusi yang kurang lancar.

Baca Juga: Kemiskinan Kulon Progo Tertinggi di Jogja, Bupati Beberkan Penyebabnya

1. Ada komoditas yang harganya turun

Harga Bahan Pokok di Kulon Progo Naik, Daging Ayam Rp37 RibuIlustrasi pasar tradisional. (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Kepala Disdagin Kulon Progo, Sudarna, menyebutkan sembilan bahan pokok yang harganya naik, yaitu bawang putih kating, daging ayam ras, telur ayam ras, kedelai impor, kedelai lokal, kol, minyak goreng curah, minyak goreng kemasan, dan tepung terigu.

Sementara, ada pula komoditas kebutuhan pokok yang harganya turun, antara lain bawang merah, cabai merah keriting, cabai rawit merah, ikan asin, jagung kering pipil, dan tomat sayur.

"Sembilan komoditas kebutuhan pokok mengalami peningkatan karena tingginya permintaan dari masyarakat. Berdasarkan koordinasi dengan Dinas Pertanian, dan Pangan (DPP) Kulon Progo, kondisi komoditas kebutuhan pokok surplus meski harga mengalami kenaikan," terangnya di Kulon Progo pada Sabtu (9/4/2022) dilansir Antara.

2. Bawang putih naik menjadi Rp37.500 per kg

Harga Bahan Pokok di Kulon Progo Naik, Daging Ayam Rp37 RibuBawang putih di pasar (IDN Times/Holy Kartika)

Sudarna merinci harga-harga kebutuhan pokok yang naik. Bawang putih kating naik dari Rp28.167 per kilogram pada awal Maret 2022, menjadi Rp37.500 per kg pada awal April.

Kemudian, daging ayam ras dari Rp33.883 naik menjadi Rp37.334 per kg, kedelai impor dari Rp12.080 naik menjadi Rp12.500 per kg, dan kedelai lokal Rp11.983 naik menjadi 12.667 per kg.

Lalu, kol dari Rp5.000 naik menjadi Rp5.917 per kg, minyak goreng curah dari Rp16.290 naik ke Rp18.450 per kg, minyak goreng kemasan premium dari Rp22.022 naik menjadi Rp25.834 per kg, telur ayam ras dari Rp23.783 naik ke Rp24.667 per kg, dan tepung terigu dari Rp11.067 naik menjadi Rp11.792 per kg.

"Tren kenaikan kebutuhan pokok saat Ramadan ini setiap tahunnya terjadi. Kenaikan minyak goreng disebabkan kondisi nasional. Kami mengimbau kepada masyarakat membeli kebutuhan pokok sesuai kebutuhan supaya tidak terjadi lonjakan harga," ujar dia.

3. Kenaikan di bawah 25 persen masih wajar

Harga Bahan Pokok di Kulon Progo Naik, Daging Ayam Rp37 RibuIlustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sementara, Bupati Kulon Progo, Sutedjo, meminta Disdaging dan Dinas Pertanian dan Pangan bersinergi untuk mengatasi kenaikan harga kebutuhan pokok di masyarakat pada Ramadan ini. Menurutnya, kenaikan harga di bawah 25 persen masih wajar. Namun yang terpenting, ketersediaannya aman.

"Kenaikan harga kebutuhan pokok sangat wajar karena berlaku hukum ekonomi. Semakin tinggi permintaan dan ketersediaan stabil, menyebabkan harga akan mengalami kenaikan. Kami hanya meminta ketersediaan kebutuhan pokok aman dan tersedia dengan cukup," ungkapnya.

Baca Juga: Polres Kulon Progo Tangkap 4 Pemuda dan Sita Belasan Sajam

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya