Comscore Tracker

AIESEC in UPNYV Ajak Pemuda Lebih Siap Berkarier di Kancah Global

Pemuda harus keluar dari zona nyaman

Yogyakarta, IDN Times - Association Internationale des Etuadiants Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC) in UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY) mengadakan sebuah webinar bertajuk YOUTHPEDIA pada 12 September 2020 lalu.

AIESEC sendiri merupakan organisasi kepemudaan internasional yang berfokus mengembangkan kepemimpinan anak muda demi masa depan yang lebih baik. AIESEC telah hadir di 114 negara, termasuk Indonesia.

Setidaknya ada 170 anak muda dari seluruh Indonesia yang berpartisipasi aktif dalam webinar yang mengangkat topik “One Step From Youth to The World” ini. 

Baca Juga: AIESEC Gelar Diskusi Daring, Siapkan Pemuda di Era Bonus Demografi

1. Pemuda diajak menjadi warga negara dunia yang baik

AIESEC in UPNYV Ajak Pemuda Lebih Siap Berkarier di Kancah GlobalWebinar YOUTHPEDIA "One Step From Youth to The World”. Dok. AIESEC in UPNVY

Narasumber pertama, Lucia Yuriko selaku National Head of Product Outgoing Global Talent AIESEC in Indonesia 2021 menyuguhkan gambaran singkat mengenai situasi dunia dan peran pemuda saat ini.

"Dari kebaikan kecil yang kita lakukan secara tidak sadar, kita telah memberikan dampak pada dunia," ujarnya saat berbagi materi mengenai "Nurturing the World from within: ways to be a better world citizen", Sabtu (12/9/2020).

Lucia juga turut menjelaskan mengenai hubungan peran pemuda dengan world citizenship, serta memberikan sejumlah tips kepada peserta tentang bagaimana pemuda dapat menjadi warga negara dunia yang baik.

2. Global experience penting bagi kesuksesan karier di masa depan

AIESEC in UPNYV Ajak Pemuda Lebih Siap Berkarier di Kancah Globala

Pemateri selanjutnya, Widayu Mutia sebagai National Head of Product Outgoing Global Volunteer AIESEC in Indonesia 1920 memaparkan gambaran singkat mengenai situasi dunia kerja saat ini.

Ia juga menjelaskan pentingnya global experience bagi kesuksesan karier seseorang di masa depan, serta menjabarkan sejumlah keuntungan yang diperoleh jika memiliki global experience. Selain itu, ia juga menyinggung tahap revolusi industri yang terjadi di dunia sampai saat ini.

Dari pembahasan tersebut, Widayu memaparkan berbagai tips untuk meningkatkan skill pada diri sendiri. Hal ini penting agar pemuda mampu menghadapi perubahan revolusi yang menuntut setiap orang mampu melakukan setiap hal.

Kemudian Widayu Mutiya juga menceritakan pengalamannya saat mengikuti Global Experience dan manfaat yang ia rasakan setelah mengikuti Global Experience.

3. Pentingnya keluar dari zona nyaman

AIESEC in UPNYV Ajak Pemuda Lebih Siap Berkarier di Kancah Globala

Pada sesi terakhir, Founder dan CEO Potensiap, Feri Agung, menyampaikan pentingnya keluar dari zona nyaman bagi pemuda.

"Keluar dari zona nyaman adalah hal yang perlu dan harus dilakukan bagi pemuda saat ini untuk meraih impiannya," ujar Feri.

Feri pun menceritakan perjalanan dari awal mendirikan platform Potensiap, yang merupakan platform konsultasi pendidikan. Dari sana, Feri memaparkan empat poin penting dalam mencapai kesuksesan, yang juga menjadi prinsip hidupnya, yaitu mendobrak batas (mindset), damai di titik terendah (Koentji), menyadari titik balik (Strategi), jurus melipat ganda (Berbagi).

Baca Juga: AIESEC Ajak Pemuda Maksimalkan Kemampuan dalam Menghadapi Industri 4.0

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya