Comscore Tracker

Nyaman Belanja Online, 4 Cara ini Bisa Hindarkan Kejahatan Siber

Online pakai wifi publik rentan diretas

Yogyakarta, IDN Times-Belanja online sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Berbelanja melalui aplikasi toko daring, tidak hanya hemat waktu dan praktis.

Akan tetapi, budaya belanja online ini, ternyata memicu maraknya kejahatan siber. Eset Indonesia penyedia produk software anti virus, belum lama ini melakukan serangkaian survei. IT Security Consultant PT Prosperita - Eset Indonesia, Yudhi Kukuh mengatakan risiko belanja online yang berpotensi memicu kejahatan siber seperti penipuan online yang berimbas pada akun finansial pengguna dan informasi pribadi yang disalahgunakan.

"Kasus ini makin sering terjadi di musim liburan seperti Idul fitri, Natal dan Tahun Baru. Apalagi untuk bisa berbelanja secara online, pengguna tak jarang menggunakan layanan wifi gratis yang diakses lewat ponsel pintar mereka," ujar Yudhi.

Lalu apa yang bisa kita lakukan supaya informasi pribadi tidak mudah bocor saat menggunakan layanan hotspot gratis di tempat umum. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk tetap bisa berselancar dan berbelanja online dengan aman.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Film Korea yang Bakal Dirilis pada Bulan Juli 2019

1. Lakukan transaksi pada jaringan aman

Nyaman Belanja Online, 4 Cara ini Bisa Hindarkan Kejahatan Sibertherichest.com

Saat berbelanja online, hindari penyimpanan informasi pembayaran di portal pengecer. Hal itu dilakukan untuk mencegah kemungkinan hilangnya data melalui pelanggaran data.

Pastikan juga saat bertransaksi, jaringan yang kamu gunakan bukan jaringan publik. Selain itu, tidak ada salahnya untuk memastikan situs web atau portal belanja online yang resmi.

2. Jangan asal klik tautan dari banner iklan di portal online shop

Nyaman Belanja Online, 4 Cara ini Bisa Hindarkan Kejahatan SiberTelegraph.co.uk

Tautan dari banner iklan dalam situs belanja daring bisa berpotensi mengarahkan user ke situs imitasi pengecer. Sehingga, potensi pencurian data pribadi bahkan keuangan dapat terjadi.

Jadi hati-hati, jangan sembarangan mengarahkan kursor mouse dan mengeklik tautan tersebut, ya. Selain itu, cobalah menghindari masuk ke layanan sensitif seperti aplikasi perbankan, email atau transaksi online.

Baca Juga: 4 Fakta X-Men: Dark Phoenix, Film Penutup yang Gagal Memberi Kesan

3. Pastikan terhubung dengan jaringan wifi yang resmi

Nyaman Belanja Online, 4 Cara ini Bisa Hindarkan Kejahatan Siberkomando.com

Jika kamu benar-benar harus terhubung ke jaringan WiFi publik, pastikan untuk terhubung ke jaringan yang sah, ya! Terkadang peretas akan membuat jaringan imitasi atau kembaran berbahaya atau spoof, untuk menipu user agar masuk ke jaringan dengan nama yang sama.

"Tidak ada salahnya untuk memverifikasi dengan fasilitas yang tepat untuk terhubung," imbuh Yudhi.

Memang wifi gratis bisa menghemat penggunaan paket data, tetapi enggak ada salahnya lebih mempertimbangkan untuk menggunakan layanan seluler ponsel cerdas. Karena pastinya, jaringan ini selalu lebih aman daripada WiFi umum.

4. Pastikan kamu punya layanan keamanan dasar di setiap perangkat

Nyaman Belanja Online, 4 Cara ini Bisa Hindarkan Kejahatan Siberbitdefender.com

Tak ada salahnya untuk selalu memastikan aktivasi layanan keamanan dasar di setiap gawai atau gadget kamu. Perangkat lunak keamanan bisa memberikan pencegahan terhadap pencurian data atau peretas yang kapan saja bisa mencuri data pribadi lewat jaringan internet umum.

"Gunakan layanan keamanan dasar seperti antivirus dan pertimbangkan VPN. Misalnya, ESET Smart Security Premium melindungi perangkat Windows dan Mac dari ancaman kejahatan dunia maya, dan meningkatkan peluang pemulihan jika perangkat hilang atau dicuri," imbuh Yudhi.

Baca Juga: 26 Tahun Usia Pernikahan Pasangan Gen Halilintar Tetap Mesra

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya