Momen Idul Adha, Pariwisata Bantul Bukukan PAD Setengah Miliar

Wisatawan diperkirakan masih ramai hingga akhir pekan

Bantul, IDN Times - ‎Sektor pariwisata Bantul menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai setengah miliar selama momen libur dan cuti bersama Idul Adha 2023. PAD yang diterima mencapai Rp562 juta dalam periode yang terhitung mulai 28 Juni–2 Juli 2023 dengan jumlah wisatawan mencapai 58.126 orang.

1. Libur panjang sekolah belum berakhir, wisata di Bantul tetap ramai

Momen Idul Adha, Pariwisata Bantul Bukukan PAD Setengah MiliarTPR Induk Pantai Parangtritis.(IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan pemasukan PAD dari sektor pariwisata masih akan bertambah hingga 9 Juli 2023 seiring dengan berakhirnya libur sekolah.

"Dalam satu pekan ini kami masih optimis kunjungan wisata masih tinggi seiring masih adanya libur panjang sekolah," katanya, Selasa (4/7/2023).

2. Kunjungan wisatawan meningkat 29 persen

Momen Idul Adha, Pariwisata Bantul Bukukan PAD Setengah MiliarIlustrasi wisatawan di pantai.(IDN Times/Daruwaskita)

Pria yang akrab disapa Ipung ini menjelaskan, kunjungan wisata selama satu pekan terhitung pada 26 Juni–2 Juli 2023 mencapai 70.392 wisatawan. PAD-nya mencapai Rp681 juta. Kunjungan ini naik dari satu pekan sebelumnya (19–25/6/2023) dengan jumlah kunjungan wisata 54.526 dengan PAD sebesar Rp528 juta.

"Ada kenaikan sekitar 29 persen kunjungan wisatawan pada pekan kemarin dibandingkan pekan sebelumnya," ungkapnya.

Baca Juga: Okupansi Hotel di Bantul saat Momen Idul Adha Capai 75 Persen

3. Waspadai adanya ubur-ubur beracun di sepanjang pantai selatan Bantul‎

Momen Idul Adha, Pariwisata Bantul Bukukan PAD Setengah MiliarUbur ubur beracun muncul di sepanjang pantai selatan Bantul.(Dok.SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul)

Lebih jauh Ipung mengingatkan dengan mulai munculnya ubur-ubur beracun di sepanjang pantai selatan Bantul diharapkan wisatawan lebih berhati-hati saat bermain di pantai apalagi berenang. Diharapkan wisatawan tetap mematuhi himbauan dari petugas SAR yang sedang bertugas.

"Terutama bagi orang tua benar-benar memperhatikan anaknya yang bermain air, sebab ubur-ubur beracun ini bentuk unik dan terkadang menjadi mainan anak-anak," ungkapnya.‎

Baca Juga: 5 Fakta Ubur-ubur Physalia, Kerap Sengat Pengunjung Pantai Jogja

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya