Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan Kunjungi Parangtritis

Diprediksi wisatawan terus naik hingga satu minggu ke depan

Bantul, IDN Times - ‎Pantai Parangtritis masih menjadi daya tarik utama bagi wisatawan untuk menikmati keindahan pantai di Bantul. Sejak Jumat (21/4/2023) hingga hari ini, Senin (24/4/2023), puluhan ribu wisatawan telah berkunjung ke pantai yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Gunungkidul Ini.

1. Pantai Parangtritis penyumbang pendapatan terbanyak

Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan Kunjungi ParangtritisTPR Induk Pantai Parangtritis.(IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Promosi dan Informasi, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi menyebut selama tiga hari libur Lebaran mulai tanggal 21 hingga 23 April, sebanyak 40.489 wisatawan berkunjung ke berbagai objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Bantul.

"Pantai Parangtritis masih menjadi tujuan utama wisatawan dengan jumlah pengunjung mencapai 24.989 orang. Sisanya yakni 15.500 pengunjung tersebar di pantai yang berada di sisi barat Kabupaten Bantul," ujar Markus, Senin (24/4/2023). 

2. Diprediksi wisatawan terus naik hingga satu minggu ke depan

Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan Kunjungi ParangtritisIlustrasi wisatawan di pantai.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara Koordinator TPR Induk Pantai Parangtritis, Rohmad mengatakan kunjungan wisatawan hari ini hingga pukul 13.00 WIB mencapai 10.323 orang.

Jumlah kedatangan wisatawan menurutnya sesuai dengan target. Jumlah kunjungan wisatawan masih dalam kisaran tiga ribu orang dan bakal meningkat hingga satu pekan ke depan.

Baca Juga: Hari Lebaran Kunjungan Wisatawan ke Pantai Parangtritis Sepi 

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata Sekitar Pantai Parangtritis, Ada Taman dan Gua    

3. Tak ada antrean panjang di pintu masuk pantai

Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan Kunjungi ParangtritisObjek wisata Pantai Baru Bantul.(daruwaskita)

Meski terjadi lonjakan, tidak terjadi antrean panjang di tempat pembayaran retribusi Pantai Parangtritis. Petugas mampu melayani sehingga tak ada wisatawan yang lolos tidak membayar tiket retribusi.

"Saya memprediksi hari ini merupakan puncak kunjungan wisatawan meski dalam satu pekan ke depan masih ramai. Namun kunjungan wisatawan mengalami tren penurunan," ucapnya.

Baca Juga: 7 Hotel Dekat Pantai Parangtritis, Cocok untuk Tempat Bulan Madu 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya