Kirab Budaya Iringi Pendaftaran Bacaleg PDIP ke KPU Bantul

Hingga hari ini baru 3 parpol yang mendaftar

Bantul, IDN Times - ‎Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan, Kabupaten Bantul mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) pemilu legislatif (pilleg) 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul pada Kamis (11/5/2023). ‎

‎Pendaftaran 45 bacaleg PDI Perjuangan Bantul ke KPU Bantul diiringi dengan pawai budaya yang diikuti oleh ratusan pekerja seni. Para peserta pawai budaya ini berjalan kaki dari Kantor DPC PDI Perjuangan Bantul lama menuju ke Kantor KPU Kabupaten Bantul.

1. Kirab budaya melibatkan 250 seniman, satgas hingga anak sayap partai‎

Kirab Budaya Iringi Pendaftaran Bacaleg PDIP ke KPU BantulPDI Perjuanan Bantul daftarkan bacaleg ke KPU Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Ketua DPC PDI Perjuangan Bantul, Joko Purnomo mengatakan pendaftaran bacaleg dari partai berlambang banteng moncong putih ini berlangsung serentak seluruh Indonesia. Kirab budaya menurutnya merupakan bagian dari Yogyakarta yang istimewa. 

"Kirab budaya ini melibatkan 250 orang mulai dari kirab bregodo prajurit, kesenian tradisional Bantul hingga melibatkan satgas dan sayap partai," katanya.

2. Targetkan 20 kursi dalam pilleg 2024

Kirab Budaya Iringi Pendaftaran Bacaleg PDIP ke KPU BantulKirab Budaya, DPC PDI P Daftarkan Bacaleg ke KPU Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Joko menjelaskan DPC PDI Perjuangan mendaftarkan 45 bacaleg untuk pemilu legislatif 2024. Dari jumlah tersebut 11 bacaleg merupakan anggota DPRD Bantul periode 2019-2024 atau petahana dan tidak ada petahana yang ditugaskan untuk maju sebagai bacaleg untuk DPRD I atau DPRD DIY.

"Target kami untuk kursi DPRD Bantul sebanyak 20 kursi atau naik 9 kursi dari perolehan kursi pada pilleg 2019 yang lalu," terang Joko yang merupakan Wakil Bupati Bantul ini.

Baca Juga: Mantan Pelatih PSS dan PSIM, Seto Nurdiantoro Maju Caleg DPR RI

3. Tiga parpol telah mendaftarkan bacaleg ke KPU Bantul‎

Kirab Budaya Iringi Pendaftaran Bacaleg PDIP ke KPU BantulKetua KPU Bantul Didik Joko Nugroho.(IDN Times/Daruwaskita)

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho mengatakan hingga hari ini, Kamis (11/5/2023) baru ada tiga partai yang mendaftarkan bacalegnya ke PKU Bantul, di antaranya PKS, PDI Perjuangan dan Nasdem. Sedangkan pada Jumat (12/5/2023) akan mendaftar dari PKB dan PAN dan pada Sabtu (13/5/2023) direncanakan dari Partai Golkar.

"Jadi mekanisme sebelum partai mendaftar ke KPU Bantul kita minta mereka membuat surat pemberitahuan kepada KPU Bantul agar nantinya pendaftaran bacaleg bisa berjalan lebih lancar,"katanya.‎

Baca Juga: Generasi Muda di Bantul Makin Gandrungi Olahraga Sepatu Roda

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya