Cegah Kemacetan saat Lebaran, 5 Pos Didirikan di Tempat Wisata Bantul 

Wisatawan dilarang lewat jalur Cinomati

Bantul, IDN Times - ‎jelang mudik Lebaran, Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul akan mendirikan lima pos pantauan di objek wisata dimulai pada H+1 hingga H+7 Lebaran. Sebanyak lima pos pemantauan di tempat wisata itu akan didirikan di Jembatan Kretek 2, Bukit Pengger, Becici, Pinus Asri dan Jalan Cinamati.

Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Singgih Riyadi mengatakan keberadaan pos pantau ini untuk memastikan arus lalu lintas menuju objek wisata berjalan dengan lancar. Pada hari Lebaran dipastikan pemudik maupun wisatawan akan memadati sejumlah objek wisata di Bumi Projotamansari.

1. Larangan melewati jalur Cinomati

Cegah Kemacetan saat Lebaran, 5 Pos Didirikan di Tempat Wisata Bantul Objek wisata Hutan Pinus Mangunan.(daruwaskita)

Khusus pos pemantauan di Jalan Cinomati, petugas memastikan wisatawan dilarang melewati jalur ini dari arah Dlingo menuju Pleret dan sebaliknya. Hal ini dilakukan karena kondisi jalan Cinomati menanjak tajam, yang mengakibatkan beberapa kali kendaraan terguling. 

"Wisatawan yang akan melalui jalur Cinomati akan dialihkan ke jalur lain yang lebih aman," ujar Singgih, Rabu (12/4/2023). 

 

 

Baca Juga: Ikuti Google Maps, Truk Terguling di Jalan Cinomati Bantul

2. Mengosongkan Jembatan Kretek 2 dari para pedagang

Cegah Kemacetan saat Lebaran, 5 Pos Didirikan di Tempat Wisata Bantul Suasana ngabuburit di Jembatan Kretek 2 Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara petugas yang berjaga di Jembatan Kretek 2 bakal memastikan arus balik wisatawan dari Pantai Parangtritis diarahkan melalui Jembatan Kretek 2. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kemacetan di Jalan Parangtritis.

"Kita akan pasang petunjuk jalan sehingga wisatawan yang akan pulang dari Pantai Parangtritis tidak akan bingung. Kami juga menempatkan personel dari dishub dan Polres Bantul," ucapnya.

Singgih memastikan mengosongkan Jembatan Kretek 2 dari pedagang yang marak saat bulan puasa. "Mulai H-7 pedagang di Jembatan Kretek 2 harus bersih. Ini demi kelancaran dan keselamatan pengguna jalan," pungkasnya.

3. Pos pengamanan Lebaran mulai tanggal 17 April 2023‎

Cegah Kemacetan saat Lebaran, 5 Pos Didirikan di Tempat Wisata Bantul TPR darurat di Pantai Baru.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara pos pengamanan arus mudik Lebaran bakal ditempatkan di lima titik yakni di Jalan Jogja-Wates tepatnya di Klango, Jalan Srandakan, Jalan Piyungan-Wonosari, Pasar Seni Gabusan dan TPR Induk Pantai Parangtritis. 

Pos mulai beroperasi tanggal 17 April 2023 dan dijaga selama 24 jam oleh petugas gabungan dari Dishub, Polres Bantul, TNI AD, pramuka dan relawan.

"Jadi ASN dari Dishub dipastikan tidak akan ada libur maupun cuti Lebaran. Mereka tetap bekerja untuk menjamin kelancaran selama arus mudik dan balik Lebaran," ucapnya.

Baca Juga: Mudik Makin Dekat, Ini Rute Jalan di Bantul yang Berpotensi Macet   

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya