Bupati Gunungkidul Lepas Ratusan Calhaj ke Tanah Suci

Calhaj tertua berusia 88 tahun dari Kapanewon Playen‎ 

Gunungkidul, IDN Times - ‎Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, melepas keberangkatan ratusan calon jemaah haji (calhaj) di Masjid Al Iklas, Wonosari, pada Rabu (7/6/2023). Para calhaj tersebut tergabung dengan kloter SOC 47 berjumlah 533 calhaj, kloter SOC 49 sebanyak 46 calhaj, dan kloter 56 sebanyak 6 calhaj, serta kloter tambahan sebanyak 2 calhaj.

1. Ibadah haji merupakan panggilan suci menunaikan rukun Islam kelima‎

Bupati Gunungkidul Lepas Ratusan Calhaj ke Tanah SuciBupati Gunungkidul, Sunaryanta melepas keberangkatan calhaj tahun 2023. (Dok. Diskominfo Gunungkidul))

Dalam acara pelepasan jemaah haji 2023 tersebut, Sunaryanta mengatakan ibadah haji merupakan panggilan suci untuk menunaikan rukun Islam yang kelima.

"Harapan saya seluruh jemaah haji dapat menenuaikan ibadah haji dengan baik," katanya.

2. Berharap seluruh calhaj pulang ke tanah air dan bertemu kembali dengan keluarga‎

Bupati Gunungkidul Lepas Ratusan Calhaj ke Tanah SuciBupati Gunungkidul, Sunaryanta. (Dok. Diskominfo Gunungkidul))

Sunaryanta berharap seluruh jemaah haji yang diberangkatkan tahun ini nanti bisa kembali bertemu dengan keluarga kembali dan kembali ke tanah air tanpa kurang suatu apapun.

"Setelah menunaikan ibadah haji nantinya bisa kembali ke tanah air, ke keluarga tanpa kurang suatu apapun," harapnya.

Baca Juga: Mentan: Gunungkidul Lokomotif Tanaman Kedelai di Pulau Jawa

3. Calhaj yang diberangkatkan tahun ini paling tua usia 88 tahun‎

Bupati Gunungkidul Lepas Ratusan Calhaj ke Tanah SuciBupati Gunungkidul, Sunaryanta melepas keberangkatan calhaj tahun 2023. (Dok. Diskominfo Gunungkidul))

Pada pemberangkatan haji tahun ini calhaj tertua berusia 88 tahun yakni Siem Ahmad Ngalim asal Kapanewon Playen dan calhaj termuda Anandari Mistakul usia 23 tahun asal Kapanewon Playen.

Jemaah haji yang diberangkatkan tahun 2023 ini akan melaksanakan ibadah haji selama 42 di Makkah dan Madinah serta mereka akan diberangkatkan sore nanti melalui Bandara Adi Soemarmo, Solo.

Baca Juga: 3.147 Calon Haji dari Jogja Mulai Berangkat 5 Juni 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya