3 Calon Lurah Petahana Kalah dalam Pilur Serentak di Bantul

Pilur di Kalurahan Seloharjo, Pundong‎ sempat ricuh

Bantul, IDN Times - ‎Pesta demokrasi enam tahunan, yaitu Pemilihan Lurah (pilur) Serentak 2022 di Kabupaten Bantul telah usai digelar. Proses penghitungan suara juga telah selesai. 

Sejumlah lurah petahana berhasil mempertahankan kursinya. Hanya tiga calon lurah petahana yang tergusur dan gagal melanjutkan kepemimpinannya.

1. Tiga calon lurah petahana kalah dalam pilur‎

3 Calon Lurah Petahana Kalah dalam Pilur Serentak di BantulCalur yang menang dalam pilur di Bantul.(Dok.Istimewa)

Kepala Bidang Pemerintahan Kalurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (DPMK), Nanang Nujiyanto, mengatakan dari hasil sementara pemungutan suara Pilur Serentak 2022 yang digelar pada Minggu (25/9/2022) hingga pukul 15.50 WIB, terdapat tiga calon lurah (calur) petahana yang gagal mempertahankan kursinya. Mereka adalah calur petahana Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Dlingo, calur petahanan Kalurahan Murtigading, Kapanewon Sanden, dan calur Kalurahan Argosari, Kapanewon Sedayu.

"Ada 13 calon lurah petahana yang kembali maju dalam pilur 2022 ini, tiga calon lurah petahana gagal mempertahankan kursinya," katanya, Minggu.

Baca Juga: Pilur Serentak, Wabup Bantul Minta Pilih Calur Sesuai Harapan

2. Panitia pilur akan segera menetapkan pemenang

3 Calon Lurah Petahana Kalah dalam Pilur Serentak di BantulPenghitungan suara pilur.(IDN Times/Daruwaskita)

Menurut Nanang, setelah proses penghitungan suara selesai di tingkat TPS maka akan dilakukan rekapitulasi ditingkat kalurahan dan oleh panitia pemilihan lurah segera digelar rapat penetapan calon lurah terpilih.

"Jadi hari ini sudah dipastikan ada calon lurah yang ditetapkan sebagai pemenang oleh panitia pilur di 21 kalurahan di Bantul," ungkapnya.

3. Sempat terjadi kericuhan usai perhitungan suara pilur di Kalurahan Seloharjo

3 Calon Lurah Petahana Kalah dalam Pilur Serentak di BantulKericuhan di pilur Seloharjo, Pundong.(Dok.Istimewa)

Lebih jauh, Nanang mengatakan meski pilur di 21 terbilang berjalan kondusif namun ada sedikit gejolak pada pilur di Kalurahan Seloharjo, Kapanewon Pundong yang diduga dilakukan oleh pendukung calon lurah yang kalah dan tidak menerima kekalahannya.

"Namun sejauh petugas kepolisian sudah sigap mengantisipasi adanya gesekan masa pendukung calur yang kecewa calur yang didukungnya tidak terpilih," tandasnya.

Baca Juga: Ribuan Personel Satlinmas Diterjunkan Amankan Pilur Bantul

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya