10 Hari Operasi Zebra di Bantul, 5.672 Pengendara Langgar Aturan 

Pelanggaran terbanyak disebabkan tak memakai helm

Bantul, IDN Times - Selama 10 hari pelaksanaan Operasi Zebra Progo 2022, Polres Bantul menindak sebanyak 5.672 pelanggar. “Sebanyak 5.672 dari pelanggaran ETLE (Elctronic Traffic Law Enforcement) dan teguran,” kata Iptu Maryono, Kanit Gakkum Satlantas Polres Bantul sekaligus Kaposko Ops Zebra, Selasa (12/10/2022). 

1. Knalpot blombongan tak luput dari razia

10 Hari Operasi Zebra di Bantul, 5.672 Pengendara Langgar Aturan Ilustrasi knalpot brong atau knalpot racing (Dok. Humas Polda Jabar)

Data Operasi Zebra Progo tahun 2022 di wilayah hukum Polres Bantul, pelanggaran didominasi pengendara motor yang tidak menggunakan helm. Disusul kelengkapan kendaraan yang tidak standar, khususnya menggunakan knalpot blombongan. 

Maryono menjelaskan, teguran diberikan saat petugas melakukan patroli humanis yang bertajuk Simanis atau Polisi Humanis. “Konsepnya anggota Satlantas berpatroli, di samping memberi rasa nyaman untuk kehadiran Polisi di tengah masyarakat dan mengimbau masyarakat yang melanggar aturan,” jelasnya.

2. Terjadi sebanyak 55 kasus kecelakaan

10 Hari Operasi Zebra di Bantul, 5.672 Pengendara Langgar Aturan Laka lantas di Jalan Jogja-Wonosari.(Dok.Polres Bantul)

Selama operasi, terjadi sebanyak 55 kecelakaan lalu lintas dengan korban sebanyak 65 yang mengalami luka ringan. “Untuk penyebab kecelakaan sering disebabkan dari human error atau dari pengguna pengendara itu sendiri. Mereka kurang konsentrasi dan bijak dalam berkendara, baik dari atur kecepatan, kelengkapan berkendara seperti helm ataupun standar kendaraan itu sendiri,” papar Maryono.

Maryono menambahkan jam rawan terjadinya kecelakaan adalah pagi dan sore hari, lantaran disebabkan jam padat saat berangkat serta pulang kerja. “Kalau di malam hari juga terjadi kecelakaan di tempat yang kurang penerangannya,” imbuhnya.



Baca Juga: Operasi Zebra Progo 2022, Sehari Ratusan Pengendara Terjaring Razia

3. Dihimbau selalu bijak saat berkendara

10 Hari Operasi Zebra di Bantul, 5.672 Pengendara Langgar Aturan Operasi Zebra Progo 2022 Polres Bantul.(Dok.Polres Bantul)
Maryono pun mengimbau agar masyarakat untuk selalu bijak dalam berkendara dengan membawa surat dan kelengkapan motor.

“Kami berharap masyarakat selalu tertib lalu lintas baik di saat ini maupun di luar Operasi Zebra. Dan tentunya bisa lebih bijak dengan menggunakan helm, kendaraan sesuai standar dan lengkapi surat-surat yang berlaku sesuai aturan,” pungkasnya.

Baca Juga: Siap Panen, Ratusan Hektare Tanaman Cabai di Bantul Mati

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya