Tour De Kotabaru Digelar Akhir Pekan Ini, Simak Berbagai Kegiatannya

Padukan sport tourism hingga wisata heritage

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggelar Tour De Kotabaru 'Kotabaru Fair #3' 2024, di Halaman Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Sabtu (24/2/2024) - Minggu (25/2/2024). Tour De Kotabaru menyajikan perpaduan sport tourism hingga wisata heritage.

"Event Tour De Kotabaru telah menjadi agenda tahunan, menyuguhkan atraksi wisata yang berbeda dengan sport touristm, wisata heritage, wisata pendidikan, wisata estetik serta wisata belanja dan kuliner," kata Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo, Rabu (21/2/2024).

1. Berbagai kegiatan dihadirkan Tour De Kotabaru

Tour De Kotabaru Digelar Akhir Pekan Ini, Simak Berbagai KegiatannyaKepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Penyelenggaraan tahun ini beragam kegiatan dibuat dengan konsep memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya bagi partisipasi masyarakat. Tour De Kotabaru 'Kotabaru Fair #3' 2024 menyuguhkan beragam atraksi wisata yaitu Fun Run, Poundfit, Pesta Pelajar dan Mahasiswa.

"Ada juga Walking Tour, Beauty Class, Photography Contest dan Bazar Ekonomi Kreatif dapat diikuti oleh masyarakat umum," ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko.

2. Ratusan peserta antusias mendaftar

Tour De Kotabaru Digelar Akhir Pekan Ini, Simak Berbagai KegiatannyaKotabaru Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Wahyu mengungkapkan fun run akan diikuti 500 peserta dengan rute 5,22 km, poundfit untuk 60 peserta, pesta pelajar dan mahasiswa menjadi forum silaturahmi pelajar dan mahasiswa serta ajang menampilkan potensi masing-masing. Lalu, walking tour menyediakan 60 kuota peserta untuk SMP, SMA dan masyarakat umum, beauty class menyediakan 2 kelas yang akan dibimbing oleh gerai-gerai kecantikan ternama. Untuk photography contest melombakan 2 kategori maksimal 200 peserta, bazar ekonomi kreatif menyediakan 15 tenant kuliner yang telah dikurasi dan 5 tenant pernak-pernik suvenir.

"Semua kegiatan di Tour De Kotabaru Kotabaru Fair #3 2024 bersifat gratis, disediakan hadiah utama dan door prize yang menarik. Informasi pendaftaran dapat dipantau di IG Tour de kotabaru," ucap Wahyu.

Baca Juga: Sejarah Gereja Katolik Kotabaru Kokoh Berdiri selama 1 Abad

3. Promosikan Kotabaru sebagai kawasan premium dan heritage

Tour De Kotabaru Digelar Akhir Pekan Ini, Simak Berbagai KegiatannyaIlustrasi kawasan Kotabaru, Jogja zaman dulu (kebudayaan.jogjakota.go.id)

Kegiatan di Tour De Kotabaru Kotabaru Fair #3 2024 bertujuan untuk mempromosikan Kotabaru sebagai kawasan premium dan heritage yang diharapkan dapat menjadi penyangga kasawan wisata Malioboro yang saaat ini sudah over capacity. Kegiatan De Kotabaru Kotabaru Fair #3 2024, merupakan satu bentuk kerja sama pentahelix yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata, bekerja sama dengan universitas dan sekolah yang terletak di kawasan Kotabaru, kelompok sadar wisata, usaha jasa pariwisata, serta ,media yang berada di Kotabaru.

"Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta berharap, kegiatan ini dapat berdampak positif pada pengembangan destinasi pariwisata di Kota Yogyakarta. Tour de Kotabaru akan digelar secara rutin pada bulan Februari sebagai salah satu upaya untuk menarik wisatawan di awal tahun, dan akan dilanjutkan dengan berbagai event menarik pada bulan-bulan berikutnya," kata Wahyu.

Baca Juga: 7 Restoran Keluarga Dekat Gereja Katolik Kotabaru, Yuk Makan Bareng

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya