Comscore Tracker

Sri Sultan HB X Meminta Bukti Nyata Perdamaian Antar Suporter

Sejumlah elemen suporter di Yogyakarta dan Jateng membaur

Yogyakarta, IDN Times - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan HB X menyambut baik upaya perdamaian antar suporter sepak bola, yang dilakukan semalam di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Selasa (4/10/2022).

Tak hanya janji, Sri Sultan menginginkan adanya bukti nyata perdamaian tersebut. "Ya nanti dibuktiken faktanya aja itu," ujar Sultan, Rabu (5/10/2022).

 

 

1. Dibuktikan saat ada pertandingan

Sri Sultan HB X Meminta Bukti Nyata Perdamaian Antar SuporterSeorang suporter di Stadion Mandala Krida menyalakan lilin sebagai bentuk duka cita atas tragedi Kanjuruhan.IDN Times/Herlambang Jati

Pertemuan antar elemen suporter yang selama ini menjadi rival diharapkan sebagai perubahan yang baik. "Peristiwa itu bagus ya (pertemuan antar suporter di Mandala Krida), untuk mereka dan untuk publik, khususnya dalam olahraga. Tapi saya minta ada bukti waktu nanti pertandingan," ujar Sultan.

2. Sri Sultan berharap tak ada lagi kekerasan

Sri Sultan HB X Meminta Bukti Nyata Perdamaian Antar SuporterSuporter tim sepak bola berkumpul di Stadion Mandala Krida sebagai bentuk duka cita atas tragedi Kanjuruhan.IDN Times/Herlambang Jati

Pertemuan ribuan suporter di Mandala Krida diharapkan dapat mengakhiri kekerasan yang beberapa kali mewarnai sepak bola. Diharapkan suporter bisa menerima jika hasil pertandingan tidak sesuai harapan, dan yang menang tidak perlu sombong.

"Harapannya tidak ada kekerasan lagi, waktu nonton ya. Nonton baik ya, pulang siapa yang kalah siapa yang menang tidak perlu ada kesombongan maupun siapa yang kalah tidak merasa dilecehken. Itu pertandingan itu biasa seperti itu aja. Saya perlu bukti," tegas Sultan.

Baca Juga: [FOTO] Ribuan Suporter Serukan Perdamaian di Stadion Mandala Krida 

3. Suporter juga mendorong perdamaian dan berhubungan dengan baik

Sri Sultan HB X Meminta Bukti Nyata Perdamaian Antar SuporterSuporter tim sepak bola berkumpul di Stadion Mandala Krida sebagai bentuk duka cita atas tragedi Kanjuruhan.IDN Times/Herlambang Jati

Sebelumnya, Presiden Brajamusti, Muslich Burhanuddin atau akrab disapa Thole mengaku bersyukur acara doa bersama untuk para korban di Kanjuruhan Malang berlangsung lancar. "Alhamdulillah sesuatu luar biasa bagi kami, ada kegiatan di Mandala Krida, dalam rangka doa untuk saudara-saudara kita di Kanjuruhan," ucap Thole. 

Thole mengungkapkan momen tersebut sekaligus untuk mempertemukan para suporter untuk bisa membaur bersama. 

Sementara Presiden Pasoepati, Maryadi 'Gondrong' mengharapkan suporter dapat berhubungan dengan baik. "Harapan kita ke depan tetap selalu berhubungan dengan baik antar suporter Jawa Tengah dan Yogyakarta. Intinya kita sepakat ini suatu hal yang luar biasa bagi suporter Jateng dan Yogyakarta, luar biasa bagi suporter Indonesia," kata Maryadi.

Baca Juga: Ribuan Suporter DIY-Jateng Doakan Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya