Lantik Direksi Baru PT AMI, Sultan Berharap BUMD Tingkatkan PAD

Diversifikasi usaha perlu dilakukan

Yogyakarta, IDN Times - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendorong salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), PT Anindya Mitra Internasional (AMI) meningkatkan laba dengan jajaran direksi baru. Diharapkan PT AMI dapat melakukan diversifikasi usaha.

Diketahui total aset PT Anindya Mitra Internasional (AMI) pada tahun 2022, mencapai Rp55,26 M dengan laba bersih setelah pajak sebesar Rp1,57 M. Jumlah ini adalah tantangan Dewan Direksi baru PT AMI periode 2023-2028 yang baru saja dilantik oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, untuk meningkatkan laba bersih dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) DIY.

1. Jajaran direksi baru dan harapan Gubernur

Lantik Direksi Baru PT AMI, Sultan Berharap BUMD Tingkatkan PADPelantikan dewan direksi baru PT. AMI. (Dok. Istimewa)

Salah satu BUMD milik Pemda DIY ini, memiliki dewan direksi baru, sebagai bentuk Organizational Recharge. Berdasarkan SK Gubernur No. 369/KEP/2023, Priyatno Bambang Hernowo menduduki posisi Direktur Utama, TM Fuad Hassan sebagai Direktur Keuangan, dan Suryo Albar sebagai Direktur Operasional. Mereka dipilih berdasarkan fit and proper test, melalui pencermatan dari aspek-aspek profesionalisme dan kompetensi, serta penjabaran visi-misi ke dalam strategic planning dan langkah-langkah operasional.

Sri Sultan mengatakan, Dewan Direksi PT AMI yang menjabat melalui lelang terbuka tersebut diharapkan mampu meningkatkan nilai laba. Peningkatan laba tersebut, dapat diupayakan dengan optimalisasi berbagai aset yang dimiliki PT AMI, antara lain Hotel Jogja Loman (Ex Prime Plaza), sebagian Hotel Malyabhara, Kawasan Telogo Putri, Taman Bermain Kaliurang, Villa-Villa Di Kaliurang, Ex-Sagan Resto, Bangunan Mirota Batik, dan beberapa aset tanah atau bangunan gedung lainnya.

“Jajaran Direksi diharapkan dapat meningkatkan diversifikasi produk, meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan, meningkatkan kemampuan pemasaran, serta upaya lain yang sekiranya diperlukan untuk menjaga kesehatan ekonomi PT AMI,” kata Sri Sultan di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (9/11/2023).

2. Prinsip transparansi dan akuntabilitas harus dikedepankan

Lantik Direksi Baru PT AMI, Sultan Berharap BUMD Tingkatkan PADGubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Dok. Istimewa)

Untuk itu, pasca pelantikan ini, Sri Sultan mengharuskan jajaran direksi bergerak cepat untuk merumuskan tata hubungan kerja organ perseroan, menyusun rencana bisnis, menyusun rencana kerja perusahaan dan mempersiapkan kerja sama dengan mitra-mitra potensialnya. Semua itu, harus mengedepankan prinsip transparansi dan akuntabilitas.

Hal ini perlu dilakukan, mengingat, PT AMI yang merupakan BUMD Pemda DIY yang sejak tahun 1987 telah menjadi gabungan beberapa Perusahaan Daerah. Unit bisnis PT AMI meliputi realty, transportasi, pariwisata, percetakan, air minum dan pertambangan. Tentunya kesemuanya ini adalah ujung tombak pelayanan pada kebutuhan primer masyarakat.

Baca Juga: Tinggal Beberapa Bulan, Sultan Berharap Pemilu Berjalan Aman

3. Dukung peningkatan PAD

Lantik Direksi Baru PT AMI, Sultan Berharap BUMD Tingkatkan PADPelantikan dewan direksi baru PT. AMI. (Dok. Istimewa)

Usai dilantik, Priyatno menjabarkan, sesuai dengan arahan Sri Sultan, ia dan tim berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada warga DIY. Selain itu, alam sisi ekonomi, dapat pula meningkatkan PAD. Menurutnya, dengan masuknya Dewan Direksi baru ini, PT AMI memiliki capacity development internal, untuk meningkatkan performanya.

“Kami akan menjalankan pesan-pesan beliau (Sri Sultan) sehingga korporasi ini akan lebih baik lagi dalam hal kinerjanya. Kinerja yang utama yaitu pelayanan, kemudian aspek bisnisnya, sisi laba, sisi aset dan PAD,” ujar Priyatno.

Baca Juga: NextDev Kembali Digelar, Dorong Tumbuhnya Startup Lokal

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya