Hari Pers Nasional, Bupati Sleman Ajak Wartawan Memerangi Hoaks 

Dorong insan pers tetap profesional dalam bertugas 

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman bersama Paguyuban Wartawan Pemkab Sleman (PWPS), menyelenggarakan bakti sosial untuk memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023, di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman, Rabu (22/2/2023).

Baktii sosial yang diisi dengan donor darah dan pembagian sembako ditujukan bagi masyarakat umum, sementara pembagian sembako diberikan kepada 100 warga prasejahtera di wilayah Tridadi, Sleman. Selain itu diserahkan tali asih kepada dua keluarga wartawan Sleman yang meninggal. 

1. Beri kontribusi nyata kepada masyarakat

Hari Pers Nasional, Bupati Sleman Ajak Wartawan Memerangi Hoaks Aksi Sosial Pemkab Sleman dan Paguyuban Wartawan Pemkab Sleman (PWPS) peringati HPN. (Istimewa/Pemkab Sleman).

Bakti sosial digelar untuk memberikan kontribusi positif dan manfaat nyata bagi masyarakat. Donor darah juga untuk membantu mencukupi kebutuhan darah PMI Sleman.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo bersama Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa dan sejumlah Pejabat OPD di lingkungan Pemkab Sleman. Di samping itu turut hadir sejumlah wartawan Sleman dari berbagai media. 

2. Dorong profesionalitas insan pers

Hari Pers Nasional, Bupati Sleman Ajak Wartawan Memerangi Hoaks Ilustrasi pers (IDN TImes/Arief Rahmat)

Kustini menyampaikan pers memiliki peran penting baik bagi masyarakat maupun bagi pemerintah, sebagai jembatan yang menghubungkan informasi dari pemerintah ke masyarakat maupun sebaliknya. 

"Pers menjadi mitra pemerintah untuk menginformasikan berbagai kebijakan dan langkah strategis yang ditetapkan pemerintah," jelas Kustini. 

Kustini juga mendorong profesionalitas insan pers dalam menjalankan tugas yang sesuai dengan tema besar HPN 2023 yaitu 'Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat'. "Jurnalis harus profesional, memenuhi kode etik jurnalistik dan memiliki independensi yang kuat dalam menjalankan profesinya. Terlebih tahun ini merupakan tahun politik. Jurnalis diuntut untuk netral," kata Kustini. 

Baca Juga: Sleman Siapkan Tempat Pemulihan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan

Baca Juga: 11 Destinasi Wisata Hits di Kaliurang, Puas Memandang Gunung Merapi 

3. Ajak memerangi hoaks

Hari Pers Nasional, Bupati Sleman Ajak Wartawan Memerangi Hoaks Aksi Sosial Pemkab Sleman dan Paguyuban Wartawan Pemkab Sleman (PWPS) peringati HPN. (Istimewa/Pemkab Sleman).

Senada dengan Kustini, Ketua Panitia HPN 2023 Kabupaten Sleman, Subardi mengatakan dalam peringatan HPN 2023, PWPS berkomitmen untuk memerangi hoaks sebagai bentuk profesionalisme jurnalis. Menurutnya, selain merugikan masyarakat, berita hoaks juga merugikan media massa. 

"Wartawan Sleman siap berkarya yang bermanfaat bagi masyarakat dengan merdeka menyajikan berbagai berita yang bersifat informatif, promotif dan edukatif, sehingga berita yang ditulis wartawan bisa memberi manfaat bagi masyarakat," ujarnya. 

Baca Juga: 7 Kafe Live Music di Jogja, Bisa Seru-seruan Bareng Teman

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya