Dikukuhkan Bupati Sleman, Kader Pancasila Harus Jadi Contoh

Targetkan enam kalurahan di tahun 2023

Sleman, IDN Times - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengukuhkan kader Pancasila Kalurahan Trihanggo, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, pada Senin (8/5/2023). Kader Pancasila diharapkan menjadi contoh untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

Kegiatan pengukuhan kader Pancasila merupakan program dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman. Pengukuhan dilaksanakan di kantor Kalurahan Trihanggo.

1. Nilai Pancasila diharapkan bisa diamalkan

Dikukuhkan Bupati Sleman, Kader Pancasila Harus Jadi ContohPengukuhan kader Pancasila Kalurahan Trihanggo, Mlati, Sleman, pada Senin (8/5/2023). (Dok. Istimewa)

Kustini mengucapkan selamat kepada kader Pancasila Kalurahan Trihanggo yang telah dikukuhkan. Ia berharap para kader Pancasila dapat menjadi contoh di lingkungannya dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

"Ini adalah tugas yang mulia tapi tidak mudah. Pancasila tidak hanya dihafalkan sebagai slogan, tapi kader Pancasila harus bisa mentransformasikan nilai-nilai Pancasila di masyarakat," ucapnya.

2. Revitalisasi dan reaktualisasi nilai Pancasila

Dikukuhkan Bupati Sleman, Kader Pancasila Harus Jadi ContohPengukuhan kader Pancasila Kalurahan Trihanggo, Mlati, Sleman, pada Senin (8/5/2023). (Dok. Istimewa)

Sekretaris Badan Kesbangpol Sleman, Indra Darmawan menerangkan kader Pancasila Kalurahan Trihanggo yang dikukuhkan ada sebanyak 55 orang. Ia juga menjelaskan pengukuhan ini merupakan hasil dari workshop Pancasila yang lebih dulu diadakan.

Kegiatan ini merupakan upaya berkelanjutan dalam rangka revitalisasi dan reaktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pembentukan Kalurahan Berkarakter Pancasila sudah dimulai tahun 2018. Saat ini sudah terbentuk 22 Kalurahan.

Baca Juga: Bupati Sleman: Pelestarian Budaya Bisa Gerakkan Ekonomi

3. Enam kalurahan sebagai rintisan Kalurahan Berkarakter Pancasila

Dikukuhkan Bupati Sleman, Kader Pancasila Harus Jadi Contohilustrasi Garuda Pancasila (IDN Times/Abraham Herdyanto)

Pada tahun 2023 ini ada 6 kalurahan yang akan dijadikan rintisan Kalurahan Berkarakter Pancasila. "Enam kalurahan tersebut yaitu Kalurahan Trihanggo, Kalurahan Margomulyo, Kalurahan Caturtunggal, Kalurahan Minomartani, Kalurahan Sumbersari, dan Kalurahan Girikerto," jelasnya.

Lebih lanjut dalam workshop ini dihadirkan sejumlah narasumber, diantaranya Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman, Pusat Studi Pancasila UGM dan Kepala Bidang Bina Ideoligi, Wawasan Kebangsaan, dan Karakter Bangsa dan Praktisi.

Baca Juga: Ribuan Atlet Siap Berlaga di Porkab Sleman 2023

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya