Cek Stasiun Pemberhentian 2 Kereta Api Baru di Daop 6 Jogja  

Tiket promo perjalanan Bulan Juni bisa dibeli mulai sekarang

Yogyakarta, IDN Times - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta menambah dua relasi baru KA Manahan dan KA Banyu Biru mulai 1 Juni 2023. Untuk tahap awal kedua KA tersebut hanya dioperasikan pada akhir pekan.

"Adanya KA baru ini dapat menambah pilihan masyarakat dalam bepergian ke Jakarta dan Semarang. Ada beberapa stasiun pemberhentian yang tentunya akan bisa digunakan masyarakat untuk naik turun kedua KA tersebut," ujar Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo, Selasa (16/5/2023).

1. Sekilas tentang rangkaian KA Manahan

Cek Stasiun Pemberhentian 2 Kereta Api Baru di Daop 6 Jogja  Ilustrasi kereta api. (Dok. PT KAI Daop 6)

Rangkaian KA Manahan terdiri dari 8 kereta eksekutif dengan kapasitas per kereta sebanyak 50 tempat duduk. Dalam satu harinya, KA Manahan akan berangkat sebanyak 2 kali, yaitu pukul 09.45 WIB - 18.03 WIB (waktu tempuh 8 jam lebih 18 menit) dan 22.35 WIB - 06.36 WIB (waktu tempuh 8 jam lebih 1 menit). 

KA Manahan dengan keberangkatan pagi akan berangkat dari Stasiun Solo Balapan dengan pemberhentian di Stasiun Klaten, Yogyakarta, Kutoarjo, Kroya, Purwokerto, Cirebon, Cikarang, dan Jatinegara dan berakhir di Stasiun Gambir.

KA Manahan dengan keberangkatan malam akan berangkat dari Stasiun Solo Balapan dan akan berhenti di Stasiun Klaten, Yogyakarta, Kutoarjo, Kebumen, Kroya, Purwokerto, Cirebon, dan Jatinegara dengan tujuan akhir di Stasiun Gambir. 

2. Rangkaian KA Banyu Biru

Cek Stasiun Pemberhentian 2 Kereta Api Baru di Daop 6 Jogja  Ilustrasi penumpang kereta api di Daop 6. (Dok. Humas KAI)

Untuk rangkaian KA Banyubiru terdiri dari 4 kereta eksekutif dan kereta ekonomi. Kereta  eksekutif mempunyai sebanyak 50 tempat duduk dan ekonomi sebanyak 80 tempat duduk.

Dalam satu hari, KA Banyu Biru akan berangkat sebanyak 2 kali, yaitu pukul 10.40 WIB - 12.42 WIB (waktu tempuh 2 jam lebih 2 menit) dan 17.15 WIB - 19.31 WIB (waktu tempuh 2 jam lebih 16 menit).

KA Banyu Biru dengan keberangkatan siang akan berangkat dari Stasiun Solobalapan dan akan berhenti di beberapa stasiun seperti Salem, Gundih, dan Brumbung dan berakhir di Stasiun Semarang Tawang.

Sementara keberangkatan sore hari berangkat dari Stasiun Solobalapan, melewati Stasiun Salem, Gundih, Padas, dan Brumbung, berakhir di Stasiun Semarang Tawang.

Baca Juga: Mulai 1 Juni Waktu Tempuh Perjalanan Kereta Api Lebih Cepat 1 Jam

3. Tiket promo perjalanan Bulan Juni bisa dibeli mulai sekarang

Cek Stasiun Pemberhentian 2 Kereta Api Baru di Daop 6 Jogja  Potret aplikasi KAI Access (kai.id)

PT KAI menawarkan tarif promo dengan jumlah terbatas pada KA Manahan seharga Rp200 ribu, serta KA Banyu Biru kelas eksekutif Rp30 ribu dan kelas ekonomi Rp20 ribu. Tarif promo ini berlangsung pada bulan Juni 2023.

"Karena pembelian tiket kereta api jarak jauh dapat dilakukan sejak H-30, masyarakat sudah bisa membeli tiket kereta api baru tersebut pada aplikasi KAI Access, web kai.id, atau chanel eksternal resmi yang bekerja sama dengan KAI," kata Franoto.

Baca Juga: 5 Stasiun Nonaktif di Jogja, Pencinta Kereta harus Tahu!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya